Budidaya Akar Wangi

budidaya akar wangi

Budidaya Akar Wangi mungkin masih jarang sekali dilakukan oleh masyarakat karena banyak orang yang belum tahu manfaat akar wangi, berapa harga akar wangi dan bagaimana cara membudidayakannya. Karena tanaman ini tergolong tanaman liar seperti alang-alang yang dapat ditemukan di hutan-hutan.

budidaya akar wangi

Manfaat Akar Wangi

Mungkin jika anda mengetahui manfaat akar wangi, anda akan tertarik melakukan budidaya akar wangi. Karena selain banyak manfaatnya, anda juga akan meraup keuntungan melimpah dari penjualan hasil panennya karena belum banyak pesaingnya. Beberapa manfaat akar wangi antara lain:

1. Menghilangkan bau mulut

Bau mulut tentu sangat menyebalkan, membuat kita hilang rasa percaya diri jika berhadapan dengan orang lain. Tenang saja, dengan akar wangi, bau mulut anda akan teratasi. Caranya adalah dengan mencampur beberapa potong akar wangi dengan 2 lembar daun sirih, segenggam pegagan dan 6 butir kapulaga. Kesemua bahan kemudian dicampur dengan 5 gelas air lalu direbus hingga mendidih. Dinginkan air hasil rebusan kemudian disaring. Gunakan air untuk berkumur 2 kali sehari. Niscaya bau mulut akan lenyap dan mulut akan selalu segar, terhindar dari bakteri yang menyebabkan sakit gigi dan sariawan.

2. Pengusir nyamuk

Dari bau wanginya saja, nyamuk langsung tunggang langgang tidak berani mendekati tanaman ini. Oleh karenanya, akar wangi digunakan sebagai bahan campuran untuk penyemprot nyamuk oleh pabrik-pabrik besar. Pada industri kecil, akar wangi juga digunakan sebagai minyak wangi yang dikemas dalam botol-botol kecil.

manfaat akar wangiSelain itu, akar wangi juga bermanfaat untuk menyembuhkan rematik dan mengobati luka luar, dengan cara menggosokannya saja. Di beberapa daerah, akar wangi malah justru dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan.

Industri kreatif UMKM yang memanfaatkan akar wangi ini dapat ditemukan di seputar wilayah Garut. Hasilnya pun sangat luar biasa dapat mencukupi kebutuhan karena  memiliki harga jual tinggi.

Cara Budidaya Akar Wangi

Sudah tertarik untuk memulai budidaya akar wangi? Untuk melakukan budidaya tanaman akar wangi sangat mudah sekali. Jika anda tidak dapat menemukan bibit akar wangi berkualitas, maka jangan khawatir, karena kami juga jual akar wangi dengan harga yang sangat terjangkau. Silahkan lihat katalog kami disini untuk detailnya. Harga akar wangi yang kami tawarkan adalah 36 ribu rupiah per tanaman, yang sudah tumbuh sekitar 20-40 cm. Jadi sudah siap untuk ditanam.

Kami anggap, anda sudah mendapatkan bibit akar wangi, jadi tinggal menyiapkan media tanamnya saja. Media tanam terdiri dari tanah, arang sekam, dan pupuk kandang atau kompos. Ketiga bahan tersebut dicampur dengan perbandingan 1:1:1. Jika anda ingin menanamnya di pot, maka siapkan pot yang berdiameter 20-30 cm. Masukan olahan tanah kedalam pot, dan tanam bibit akar wanginya.

Akar wangi tergolong sangat mudah untuk dibudidayakan, karena pada dasarnya adalah tanaman liar, sehingga perawatannya pun sangat mudah karena daya tahan tanaman ini sangat luar biasa, baik pada suhu panas maupun dingin. Dengan kata lain, akar wangi dapat ditanam dalam segala kondisi. Penyiraman hanya perlu dilakukan sehari sekali, dan pemupukan lanjutan setelah masa tanam memasuki usia 1 bulan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *