Harga Tanaman Zaitun dan Cara Menanamnya

harga tanaman zaitun

Harga Tanaman Zaitun – Pohon Zaitun banyak tumbuh di daerah beriklim panas dan sedang. Pertama kali ditemukan di Mediteranian sekitar 6000 tahun yang lalu. Buah zaitun berbentuk oval seperti Belinjo dan ukurannya kecil. Rasa buah zaitun sedikit pahit namun  segar karena memang biasanya tidak dimakan secara langsung tetapi dibuat olahan dan juga diambil minyaknya.

Manfaat Tanaman Zaitun

Buah Zaitun disebut 7 kali dalam Al-Qur’an, 5 kali bersama dengan buah lain seperti Tiin, anggur, delima Tamar, dan 2 kali berdiri sendiri. Begitu banyak manfaat tanaman zaitun dalam dunia pengobatan dan kecantikan.

Pada buah Zaitun terdapat 80% air, 15% minyak 1% protein 1% karbohidrat 1% serat dan 2% zat aktif lainnya. Namun, jika sudah diolah menjadi minyak zaitun, berdasarkan penelitian komposisinya sebagai berikut:

  • Omega 9 sekitar 55-83 %
  • Zat besi dan kalsium yang terkandung sekitar 11%
  • Asam linoleat atau omega 6 sebanyak 7%
  • Polifenol dan potasium sekitar 2%
  • Terdapat vitamin E dan K

Karena banyak kandungan senyawa aktif yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, maka tidak heran jika banyak orang memanfaatkan dan mengolahnya menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi seperti misalnya lipstik dan perlengkapan kosmetik lain yang aman dan menyehatkan.

Dalam dunia pengobatan, zaitun dapat mengobati stroke, mencegah penyakit jantung, mengobati kanker, mencegah diabetes, dan menghilangkan nyeri sendi, dengan cara meminum 2 sendok minyak zaitun setiap hari. Selain itu, Zaitun juga bermanfaat untuk kecantikan kulit dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit yang berfungsi sebagai pelembab dan menghaluskan kulit wajah. Dan juga dapat sebagai tonic untuk menyuburkan rambut.

Harga Tanaman Zaitun

harga tanaman zaitunKami jual pohon Zaitun dengan harga 225 ribu per tanaman. Pohon zaitun dapat tumbuh tinggi hingga 15 meter, akan sangat baik di tanam di pelataran rumah Anda, tentunya selain manfaat dari buahnya juga karena dapat menjadi peneduh halaman rumah dengan kerindahan dahan pohonnya.

Bibit tanaman Zaitun yang kami jual berasal dari metode perbanyakan cangkok dan okulasi dari pohon Zaitun yang sudah menghasilkan buah Zaitun berkualitas secara 3 tahun berturut-turut. Tanaman Zaitun yang akan kami kirim sudah tumbuh antara 20-30 cm dan sudah siap untuk di tanam baik di pot maupun di tanam langsung di halaman rumah anda. Untuk lebih detailnya, silahkan lihat katalog kami disini.

Cara Menanam Zaitun

Sebelum menanam Zaitun, Anda harus menyiapkan media tanam terlebih dahulu, seperti tanah, arang sekam dan pupuk kandang. Ketiga bahan tersebut diolah dan dicampur secara merata dengan perbandingan 1:1:1.

Jika sudah mendapatkan bibit pohon Zaitun, maka siapkan pot atau bisa juga ditanam langsung di halaman. Jika ingin menanam langsung, maka gali tanah yang untuk menanam, ganti tanah dengan olahan media tanam tadi, agar supaya unsur hara dalam tanah tercukupi, sehingga tanaman mendapatkan nutrisi dengan baik, sehingga dapat cepat tumbuh dan berbuah.

Perawatan pohon Zaitun sangat mudah, karena hanya memerlukan penyiraman 1 kali sehari, setiap sore hari. Pohon Zaitun sangat tahan terhadap panas dan mampu beradaptasi pada cuaca yang tidak menentu.

Setelah memasuki usia tanam 30 hari, diperlukan juga pemupukan lanjutan untuk mengganti unsur hara dalam tanah yang hilang. Gunakan pupuk NPK daun dan atau pupuk kandang sebanyak satu kepal tangan. Untuk selanjutnya pemupukan setiap 3-6 bulan sekali.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *