Budidaya Bunga Melati dalam Pot

Budidaya bunga melati dalam pot sangat cocok sebagai penghias ruangan sekaligus sebagai pengharum ruangan. Karena dengan menggunakan pot mudah dipindahkan di berbagai tempat yang diinginkan. Seringkali bunga melati tumbuh di pekarangan depan atau dipagar depan rumah sebagai penghias taman. Namun kali ini kita akan mencoba membudidayakan bunga melati menggunakan pot kecil untuk penghias dan penyegar udara didalam ruangan.

Budidaya tanaman hias dapat dilakukan dengan beragam cara selain dengan media tanam tanah. Media tanam lain seperti pecahan genting, pakis, gabut dan sekarang yang sedang populer adalah budidaya tanaman hidroponik. Sedikit ulasan budidaya bunga melati menggunakan teknik hidroponik juga cukup mudah. Hidroponik pada intinya adalah dengan menggunakan air sebagai pengganti media tanam sekaligus sebagai nutrien. Air yang digunakan sudah dicampur denga mineral dan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman tersebut. Namun kali ini kita akan menanam bunga melati dengan media biasa.

Cara Budidaya Bunga Melati dalam Pot yang Mudah

  1. Siapkan pot berukuran sedang untuk wadahnya.
  2. Siapkan batu bata atau genting untuk lapisan bawahnya dan beri media tanam pasir, tanah, dan pupuk ke dalam pot dengan perbandingan yang sama sampai 1/2 bagian pot.
  3. Masukkan bibit bunga melati yang sudah dipersiapkan dan penuhi lagi dengan media tanam sampai pot penuh.
  4. Siram dengan air secukupnya karena masih bibit jangan terlalu banyak agar air tidak merusak tanah.
  5. Letakkan pot di tempat yang teduh dan cukup saja.
  6. Pada awal bulan pertama biasanya akan tumbuh rumput liat, bersihkan rumput liarnya agar tidak mengganggu pertumbuhan melati.
  7. Lakukan penyiraman cukup 2 kali sehari, pagi dan sore hari dan jangan lupa diberi pupuk juga.
  8. Jika melati sudah tumbuh cukup beri kayu untuk pegangan agar pertumbuhannya yang menjalar dapat terkontrol.
  9. Jika daunnya sudah mulai lebat lakukan pemangkasan dan pemupukan agar cepat berbunga. Rajin melakukan pemangkasan dan pemupukan akan mempercepat pertumbuhan bunga.

baca juga : budidaya tanaman hias bonsai

Nah, itulah cara singkat budidaya bunga melati dalam pot yang mudah dan sederhana. Jika sudah mulai tumbuh letakkan di tempat yang memiliki intensitas cahaya matahari yang cukup agar cepat berbunga. Setelah bunga tumbuh banyak Anda bisa menikmatinya selama beberapa hari di dalam ruangan agar ruangan Anda tetap segar. Banyak sekali manfaat yang akan didapat dari budidaya bunga Puspa Bangsa ini. Demikian ulasan singkat yang bisa kami sampaikan untuk Anda pembaca setia kamitentang budidaya tanaman hias bunga melati dalam pot yang mudah. Semoga informasi ini bermanfaat dan simak info seputar budidaya tanaman selanjutnya.

Lihat di sini berbagai jenis tanaman bunga melati kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA