Tanaman Hias Bonsai yang Unik dan Indah

Tanaman hias bonsai adalah tanaman hias yang dibuat kerdil atau mini dengan cara paksa dikarenakan keindahan bentuknya. Karena itu sangat cocok sekali untuk digunakan sebagai penghias rumah di teras ataupun di dalam ruang tamu Anda. Bonsai merupakan pengkerdilan dari jenis tanaman tertentu dan tidak semua tanaman dapat dibuat bonsai. Tak asing lagi jika tanaman bonsai cukup mahal karena tidak semua orang bisa membuat tanaman menjadi bonsai.

Bonsai di Jepang merupakan seni tanam membuat miniatur tanaman dari tanaman yang besar dan cantik untuk menghias ruangan. Beberapa syarat harus dimiliki oleh tanaman tersebut untuk bisa dibuat menjadi bonsai. Syarat tanaman menjadi bonsai adalah berumur panjang, termasuk tanaman dikotil berbonggol besar dan kuat, memiliki bentuk daun atau bunga yang indah dan lebat serta tidak mudah rontok, tahan panas, sedikit memerlukan air dan tahan terhadap perlakuan untuk dibentuk secara paksa. Hal yang terngiang pertama kali pada saat Anda mendengar bonsai seperti pohon beringin yang memiliki ukuran mini. Berikut beberapa contoh tanaman hias bonsai yang unik dan indah dan mudah didapatkan.

baca juga : tanaman hias indoor penyegar rumah

Contoh Tanaman Hias Bonsai yang Unik dan Indah

Tanaman Hias Bonsai Anting Putri

Anting putri merupakan tanaman yang berasal dari China. Tanaman ini sangat cocok dijadikan bonsai. Meski di daerah asalnya hanya dijadikan sebagai tanaman hias di pagar rumah, tetap saat dijadikan bonsai anting putri justru sering mengeluarkan bunga. Hal ini menambah daya tarik bagi para pecinta bonsai. Karena sedikitnya lahan tanaman anting putri lebih sering mengeluarkan bunga ketimbang ditanam seperti biasa.

Tanaman Hias Bonsai Asem Jawa

Tanaman asem kerap kali dijadikan tanaman peneduh di pekarangan karena jenis tanaman yang rindah. Namun bagaimana jika dibuat menjadi bonsai? Bonsai asem jawa sebenarnya sudah terkenal dan sudah banyak yang membudidayakannya. Caranya pun cukup mudah namun tidak kita bahas pada postingan kali ini. Pada saat menjadi bonsai, tanaman asem jawa memiliki daun yang lebat dan lebih rapat serta berwarna hijau tua.

Tanaman Hias bonsai Asem Londo

Sama seperti halnya asem jawa, bonsai asem londo juga unik dan indah. Namun perbedaanya adalah pada rantingnya yang lebih rapat ketimbang asem jawa. Kedua bonsai tanaman asem tersebut sangat cocok untuk menghias rumah Anda.

Tanaman Hias Bonsai Beringin

Pohon beringin merupakan tanaman yang mampu tumbuh besar dan berumur tua. Pohonnya yang rindang dan tahan panas serta terlihat indah dari kejauhan menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan bonsai. Bonsai beringin merupakan miniatur yang unik dan cantik saat diletakkan di dalam ruangan.

Tanaman Hias Bonsai Cemara

Tanaman cemara memiliki daun yang tipis dan juga batang yang besardan lekuk-lekuk membuat keuninkan dan keindah tersendiri ketimbang pada pohon beringin. Selain itu tumbuhan cemara juga memiliki sifat umur panjang, tahan hama, dan tahan panas. Hal ini sangat cocok sekali menjadikan cemara menjadi bonsai karena sudah memenuhi beberapa syarat pengkerdilan ( proses bonsai ).

baca juga : tanaman hias outdoor yang tahan panas 

Nah demikianlah beberapa contoh tanaman hias bonsai yang unik dan indah dipandang mata dan cocok sekali menghias rumah Anda. Jika Anda pecinta tanaman melakukan proses bonsai pastinya cukup mudah dilakukan sendiri. Namun jika Anda enggan untuk melakukannya sendiri sudah banyak yang menjual tanaman bonsai, sehingga Anda tinggal merawat saja tanaman tersebut.

Lihat di sini daftar tanaman bonsai kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA