Cara Menanam Bawang Merah di Rumah

bibit bawang merah

Cara menanam bawang merah di rumah atau di lahan perkebunan tidak lah berbeda, hanya saja media tanam yang digunakan berbeda. Menanam bawang merah dirumah sebaiknya menggunakan pot ataupun polybag agar lebih mudah perawatannya dan dapat dipindah-pindah sesuai dengan keinginan.

Bawang merah adalah kebutuhan pokok dapur, sebagai pelengkap masakan. Mengingat harganya yang semakin mahal, maka sebagai alternatif mengurangi pengeluaran dapur Anda, ada baiknya menanam sendiri bawang merah dirumah.

Cara Menanam Bawang Merah di Pot

Sama halnya menanam tanaman lain, ada beberapa tahapan yang harus dilalui dalam menanam bawang merah dalam pot. Keuntungan menaman bawang dalam pot adalah karena dapat lebih mudah merawatnya, sekaligus menghindarkan bawang dari serangan utamanya yaitu musim hujan dengan intensitas yang tinggi.

1. Pembelian Bibit

bibit bawang merahBibit bawang merah yang sangat baik adalah bibit yang telah sudah disimpan selam 2-3 bulan. Pada masa itu, bibit sudah mulai muncul masa tunasnya, sehingga sudah siap tanam dan lebih mudah pertumbuhannya serta hasilnya berkualitas.

Membedakan bibit bawang merah yang baik dan buruk dapat dilakukan dengan cara dipegang. Jika umbi terasa lunak atau tidak padat, itu berarti umbi berasal dari tanaman yang belum cukup tua ketika di panen. Sebaliknya, umbi yang dipanen ketika sudah masuk masa tua, maka akan terasa padat dan berisi.

Selain itu, umbi yang berasal dari tanaman sehat akan tampak cerah, segar dan lebih mengkilap dan tidak kisut, karena terhindar dari serangan jamur. Pemilihan bibit yang baik sangat penting, agar hasil tanam juga sempurna. Bibit yang sehat akan tampak seperti gambar disamping.

Kami menjual bibit bawang merah dengan kualitas sempurna, dengan harga yang cukup terjangkau. Silahkan lihat katalog bawang merah kami disini.

2. Menyiapkan Media Tanam

Media tanam harus terhindar dari tanah yang dapat mengimpun air berlebihan seperti tanah liat. Jadi, gunakan tanah berpasir yang memiliki drainase sangat baik. Tanah berpasir dicampurkan dengan arang sekam dan pupuk kandang, dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Masukan semua campuran tadi didalam pot berdiameter 20-30 cm, lalu aduk-aduk dan tekan dengan tangan, namun jangan terlalu padat, kemudian tutup dengan plastik yang tidak terlalu rapat dan diamkan hingga 2 hari agar media tercampur dengan sempurna.

3. Penanaman serta Pemupukan

Cara menanam bawang merah dalam pot yaitu menanam bibit bawang merah sejumlah 3 umbi per pot diatur jaraknya sekitar 10 cm antar umbi. Umbi ditanam ke dalam pot hingga hanya terlihat leher umbinya saja.

Pemupukan lanjutan diberikan setelah usia 3-4 minggu. Pupuk yang digunakan adalah pupuk kompos atau kandang sebanyak satu kepal tangan setiap pot, dengan cara ditaburkan disekeliling tanaman bawang merah. Jika ingin secara non organik, anda dapat menggunakan pupuk ZA sebanyak 5 gram setiap pot, ketika umut tanaman 3 minggu dan 6 minggu. Atau diberikan setiap 3 minggu sekali.

4. Pemeliharaan

Memelihara tanaman bawang merah cukup mudah, hanya perlu penyiraman 2 kali sehari setiap pagi dan sore. Hindarkan dari genangan air yang berlebihan karena dapat terjadi pembusukan pada umbi bawang. Pastikan drainase pot cukup baik untuk mengalirkan air agar terhindar dari genangan.

Ketika musim hujan tiba, anda bisa memindahkan pot ketempat yang teduh, karena bawang merah sangat lemah jika terus menerus tersiram air. Jika usia tanam sudah menginjak 2 bulan, maka kurangi intensitas penyiraman, bisa dilakukan setiap sore hari agar pertumbuhannya maksimal.

5. Pemanenan

cara menanam bawang merahKetika usia tanam 3 bulan, bawang merah siap dipanen. Dengan ciri-ciri 80 % daun rebah menguning serta leher batang kosong, umbi menyembul ke permukaan tanah serta berwarna merah.

Jika anda ingin menanam kembali, maka jangan semuanya dipanen. Agar dapat dijadikan sebagai bibit yang sehat, maka diamkan saja dulu hingga usia 100 hari agar lebih tua.

Baca Juga: Cara Menanam Bawang Putih dalam Pot

Demikian cara menanam bawang merah, mudah-mudahan dapat menambah wawasan anda dan dapat dipraktekan sendiri di rumah agar dapat menghasilkan dan mengurangi pengeluaran dapur anda. Kami sangat terbuka menerima konsultasi anda berkaitan dengan bibit-bibit tanaman. Silahkan hubungi kami melalui nomor yang tersedia atau melalui form kontak.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *