Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik

Metode penanam tanaman hidroponik adalah salah satu media penanam yang banyak disarankan. Mengapa? Karena metode penanaman hidroponik ini tidak menggunakan media tanam unsur hara, melainkan menggunakan unsur air sebagai media utamanya.

Namun hal utama yang menjadikan metode tanaman hidroponik ini sangat disarankan yaitu karena media penanam tidak membutuhkan ruangan yang luas, mengingat lahan pertanian Indonesia yang semakin menipis saja.

Jenis tanaman yang dapat dibudidayakan menggunakan metode ini sangatlah beragam. Salah satunya yaitu bawang merah. Tanaman dengan aroma menyengat ini memerlukan pemeliharaan yang mudah dan simpel.

Bawang Merah Hidroponik

Untuk lebih jelasnya, berikut cara menanam bawang merah hidroponik :

  1. Persiapan awal

Agar proses penanaman bawang merah hidroponik berjalan lancar semua alat dan media harus dipersiapkan dengan lengkap. Beberapa alat dan media penanaman bawang merah hidroponik adalah botol plastik bekas, arang sekam, media tanam, bening bawang merah, kain flanel, gunting, air dan nutrisi hidroponik.

  1. Pembuatan media tanam

Setelah semua alat dan media yang dibutuhkan siap, cara menanam bawang merah hidroponik berikutnya adalah dengan membuat media hidroponik. Langkah pembuatan media tanam dimulai dengan memotong botol menjadi 2 bagian dimana bagian bawah memiliki panjang 4 cm.

Kemudian tutup botol diberi beberapa lubang dengan diameter kira-kira 1 cm. Pada lubang-lubang tersebut diberi kain flanel yang telah dililit bulat (untuk menyumbat), atau Anda juga bisa menggunakan sumbu kompor.

Masukkan nutrisi hidroponik pada botol bagian bawah dan pasangkan potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik (tutup botol di bawah).

  1. Persiapan menanam

Media tanam yang akan digunakan yaitu tanah dan arang sekam. Campurkan kedua media ini dengan perbandingan 1:1. Setelah tercampur rata lalu masukkan media tanam tersebut pada botol bagian atas.

Agar media lebih basah sebaiknya siram terlebih dahulu sebelum ditanami  bawang merah.

  1. Penanaman

Cara menanam bawang merah hidroponik telah sampai pada tahap penanaman bawang merah. Pertama-tama pilihlah bawang merah yang berkualitas baik, ciri-cirinya yaitu bawang merah yang sudah tua, mengkilap dan sudah memiliki akar. Untuk hasil terbaik Anda bisa membeli bibit tunggal di toko pertanian.

Setelah bibit bawang merah siap, lalu bersihkan bawang merah dan potong ujungnya menggunakan gunting. Kemudian siapkan lubang kecil pada media tanam, masukkan bawang merah hingga separuh badan bawang merah tertutup.

Biarkan bawang merah berada pada tempat yang tertutup namun tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup.

  1. Perawatan

Agar mendapatkan buah yang baik dan berkualitas, perawatan tanaman bawnag merah tidak boleh diabaikan. Anda harus benar-benar memberantas gulma atau rumput yang tumbuh di sekitar tanaman.

Selain itu, hal lain yang lebih penting adalah pemberian nutrisi. Nutrisi yang dibutuhkan tanaman bawang merah hidroponik adalah nutrisi A dan nutrisi B. Kedua nutrisi ini atau nutrisi AB mix dilarutkan dalam air kemudian diberikan pada tanaman bawang merah.

Selamat mencoba cara menanam bawang merah hidroponik tersebut.

Lihat di sini berbagai jenis perlengkapan hidroponik kami.

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA