Cara Membuat Media Tanam Hidroponik dari Arang Sekam

Bercocok tanam merupakan hal yang sangat menyenangkan. Selain menyenangkan, Anda juga melakukan hal yang baik untuk lingkungan. Dengan lebih banyak tanaman yang Anda miliki, dunia akan semakin hijau dan udara semakin bersih. Tetapi, banyak orang mengeluh dengan perawatan tanaman yang rumit terutama kebutuhan akan air yang banyak. Saat ini, ada cara mudah yang disebut media tanam hidroponik.

Hidroponik adalah sebuah media tanam yang mana dilakukan dengan memaksimalkan air, bukan tanah. Jadi, kebutuhan air akan lebih hemat. Bagaimana caranya? Perhatikan tips berikut ini dengan menggunakan arang sekam:

Pembuatan Arang Sekam

Pertama, Anda harus membuat arang sekam. Pembuatan arang sekam hidroponik ini bisa dilakukan dengan 2 cara. Yang pertama adalah dengan disangrai. Caranya adalah sekam digoreng tanpa minyak. Anda bisa menggorengnya di atas seng yang telah ditaruh di tungku. Kemudian aduklah sampai gosong semuanya. Lalu, angkat dan siram. Ini adalah step awal dari membuat media tanam hidroponik.

Arang sekam sangrai hidroponik

Masih langkah awal cara membuat media tanam hidroponik, Anda juga bisa membuat arang sekam dengan dibuat arang. Caranya sama seperti membuat arang pada umumnya yaitu dibakar dengan di tengahnya diberikan serobong. Di sini yang kita pakai untuk membuat arang adalah sekam. Setelah jadi, pisahkan abunya dengan cara diayak sehingga arang sekam tersebut bebas dari abu. Alat yang bisa Anda gunakan untuk serobong bisa menggunakan seng atau kaleng dengan cara dilubangi dengan menggunakan paku, lihat gambar di bawah

Setelah jadi lalu posisikan seng tersebut seperti gambar di bawah

Setelah jadi, Anda bisa mulai membuat media tanaman hidroponik sekarang.

Menanam Tanaman dengan Media Hidroponik Arang Sekam

Anda juga bisa membeli arang sekam di toko-toko atau pasar karena sekarang banyak sekali orang yang menjual arang sekam untuk mereka yang tertarik dengan media tanam hidroponik tetapi malas untuk membuat arang sekam sendiri. Untuk menanam tanaman menggunakan arang sekam, Anda bisa menggunakan media yang sudah Anda punya seperti ember, botol, dan lain-lain. Tuangkan arang sekam tersebut ke media yang Anda persiapkan kemudian tanam tanaman yang Anda inginkan. Lalu, tuang air secukupnya. Selain hemat air, metode ini juga membuat pertumbuhan tanaman lebih cepat. Semoga bermanfaat.

Anda bisa memperoleh arang sekam siap pakai di sini.

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA