Cara Menanam Bonsai dalam Pot dengan Mudah

Bonsai termasuk salah satu tanaman hias yang memikat hati karena bentuknya yang memiliki nilai estetik tersendiri. Karena keunikannya banyak yang akhirnya menjadikan bonsai sebagai hobi yang menyenangkan. Sebagai tanaman indah, bonsai memang banyak digemari, namun ketika memburu bonsai pilihan, seringkali kita tidak puas dengan jenis pot yang digunakan. Pot nampak tidak serasi dengan bonsai yang tumbuh. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat mencoba untuk menanam tanaman bonsai di dalam sebuah pot sesuai dengan keinginan.

Baca juga: Tanaman Hias Daun yang Bisa Dibudidayakan

Tanaman bonsai dalam pot.

Berikut cara menanam bonsai dalam pot dalam 5 langkah mudah.

  1. Siapkan Bibit Pohon Bonsai

Pastikan pohon bonsai yang Anda pilih tidak hanya indah namun juga cocok dengan lingkungan tempat pohon akan tinggal. Sebelumnya ketahuilah jenis dan karakter pohon yang akan Anda tanam. Sebelum memindahkan sebaiknya kurangi frekuensi penyiraman air. Hal ini akan memudahkan proses pemindahan karena tanah yang gembur dan kering akan lebih mudah dipindahkan dibandingkan tanah yang basah.

  1. Cabut Pohon dan Prunning

Cabut pohon dari potnya secara perlahan dan pastikan tidak mematahkan batang utamanya. Bersihkan akar dengan cara membersihkan kotoran yang menempel pada akar dengan penggaruk akar, sumpit, pinset dan alat serupa. Setelah akar pohon bersih, lakukan prunning atau pemangkasan  pada akar hingga berkurang  2/3 bagian. Hal ini berguna untuk memastikan pertumbuhan bonsai dapat terkendali dengan baik. Akar yang tidak terkendali akan membuat pohon bonsai menguasai potnya. Potonglah akar yang tebal, besar, dan menghadap ke atas. Anda dapat mempertahankan akar yang panjang, ramping, dan berada di permukaan. Hal ini dianjurkan sebab air lebih mudah diserap melalui ujung helaian akar-akar tersebut.

  1. Siapkan Pot dan Media Tanam

Selanjutnya, dalam menanam bonsai dalam pot, selalu pastikan dasar pot masih baik. Pada dasar pot, masukan tanah kasar sebagai dasar. Kemudian,  masukan media tanam yang baik di atasnya. Media tanam yang baik bagi bonsai adalah tanah yang dapat menampung banyak air. Tanah kebun dianjurkan sebagai salah satu media tanam yang baik. Tambahkan tanah hingga ketinggian yang diinginkan. Sisakan sedikit tempat untuk meletakan akar bonsai.

  1. Pindahkan Pohon ke dalam Pot

Pindahkan pohon bonsai ke dalam pot yang telah diberi media tanam kemudian tutup kembali bonsai dengan tanah kebun. Tips langkah mudah memindahkan bonsai adalah dengan mencelupkan akar pada seember air agar tanah kering mudah terlepas sehingga tidak ada tanah kering yang tersisa di akar. Letakkan pohon sesuai orientasi yang diinginkan. Pastikan semua kara tanaman tertutupi. Anda dapat menambahkan kerikil untuk mempertahankan pohon di tempatnya. Pilihlah kerikil yang baik atau kerikil hias aquarium agar menambah nilai estetika dari bonsai.

  1. Rawat Pohon Bonsai

Dalam merawat bonsai dianjurkan meletakan pohon bonsai yang baru saja  dipindahkan di dalam naungan yang terlindung dari angin dan cahaya matahari langsung. Sirami bonsai secara rutin namun jangan memberi pohon pupuk sampai akar pulih. Hal ini bertujuan untuk membiarkan pohon bonsai yang baru berpindah pot ‘bernafas’ karena pohon tersebut baru saja melalui proses traumatis. Biarkan pohon beradaptasi dengan ‘rumah barunya’. Setelah cukup kuat, letakkan di luar ruangan yang memiliki banyak sinar matahari agar mempercepat pertumbuhan pohon bonsai. Apabila sudah tumbuh, Anda dapat memotong daun sesuai keinginan. Namun ingat Anda harus berhati-hati, sekali Anda memotong bonsai, bagian tersebut tidak akan tumbuh lagi.

Cara merawat bonsai dalam pot memang membutuhkan kesabaran dan kehati-hatian. Namun merawat bonsai dapat menjadi hobi baru yang patut Anda coba. Jangan takut bereksperimen. Banyak-banyaklah mencari informasi mengenai karakteristik jenis pohon bonsai yang Anda tanam, karena setiap pohon bonsai memiliki karakteristik yang unik. Anda dapat pula bergabung dan sharing bersama pecinta bonsai lain.

Lihat di sini berbagai tanaman bonsai kami.

Save

2 thoughts on “Cara Menanam Bonsai dalam Pot dengan Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA