Jenis Tanaman Hias Air yang Cocok untuk Ditanam

Anda mempunyai aquarium dengan ikan hias yang cantik? Sayang jika hanya dibiarkan kosong tanpa dekorasi. Anda dapat mempercantik aquarium dengan menambahkan berbagai jenis tanaman air sekaligus sebagai media ikan-ikan kesayangan bermain. Dikenal juga dengan tanaman hias aquarium (Aquascape), tanaman jenis ini adalah jenis tanaman air yang dapat tumbuh dalam air. Seperti tanaman yang hidup di darat, tanaman Aquascape juga membutuhkan CO2.

Syarat hidup tanaman air cukup mudah, yakni mengganti 30% air dalam aquarium secara rutin dalam seminggu sekali. Untuk pemula, dapat mencoba beberapa jenis tanaman hias aquarium yang mudah tumbuh dan tidak membutuhkan perawatan ekstra.

Baca juga: Pelajari Tentang Jenis Tanaman Aquascape

Berikut beberapa jenis tanaman hias untuk diletakkan di air yang cocok untuk pemula:

  1. Java Moss

Tanaman ini memiliki warna hijau terang yang dapat membuat tampilan aquarium Anda tampak segar. Tanaman ini dapat tumbuh di kayu apung dan bebatuan. Suhu yang tepat untuk tanaman hias aquarium ini adalah 21 – 24 derajat celcius.  Namun tanaman ini tidak rewel kok, ia juga dapat tumbuh pada suhu hingga 32 derajat celcius.

Java Moss

Java Moss juga dapat hidup di semua jenis pencahayaan, dan mudah menerima semua jenis air. Selain penghias, tanaman yang mempunyai tampilan seperti ganggang laut  ini juga berfungsi sebagai pelindung bagi bayi ikan.

  1. Africa Fern

Africa Fern merupakan tanaman yang umum digunakan sebagai latar belakang aquarium.  Africa Fern merupakan salah satu contoh tanaman hias air yang populer karena ia dapat tumbuh meski mendapat pencahayaan yang minim. Tidak sulit merawat tanaman yang dapat hidup di suhu 20 – 27 derajat celcius ini.

Africa Fern biasanya tumbuh melekat pada batu dan tumbuh dalam kondisi lembab. Warnanya yang hijau tua terlihat elegan dalam aquarium. Dengan daunnya yang dapat tumbuh lebat tanaman hias air ini sering digunakan sebagai tempat persembunyian ikan.

  1. Java Fern

Ada Africa Fern ada pula Java Fern. Tanaman ini dapat dugunakan di hampir seluruh area aquarium. Bentuknya cenderung lebih langsing dibandingkan Africa Fern. Fungsinya hampir sama dengan Africa Fern yaitu sebagai tempat persembunyian ikan dan backgorund aquarium. Hanya saja secara estetika,

Java Fern lebih populer untuk menghias aquarium. Pencahayaan rendah ke menengah cocok untuk tanaman ini. Java Fern biasa tumbuh di suhu 20 – 28 derajat celcius. Warnanya cenderung lebih cerah dibanding Africa Fern.

  1. Vallisneria

Vallisneria dikenal sebagai tanaman hias aquarium yang populer di kalangan pecinta ikan. Tanaman ini berasal dari Eropa Selatan dan telah menyebar ke berbagai daerah tropis. Bentuknya menyerupai padi namun lebih tipis dan lentur sehingga menimbulkan keindahan tersendiri saat bergoyang di dalam air.

Seringkali tanaman ini disebut dengan rumput belut (eel grass). Panjang daunnya berkisar antara 30 cm sampai 1 meter dengan lebar daun 1 – 2,5 cm.

Bentuknya yang unik membuat pemandangan dalam aquarium semakin indah, terutama saat ikan-ikan berkeliaran di antara tanaman ini. Tanaman ini dapat beradaptasi dalam berbagai suhu air antara 20 – 28 derajat celsius. Namun Vallisneria dapat tumbuh dengan baik di bawah cahaya terang dan air yang tenang. Jadi, letakkan Vallisneria jauh dari saringan pipa kembali.

Masih banyak jenis tanaman air lainnya yang dapat Anda coba untuk budidayakan. Merawat tanaman ini memang susah-susah gampang. Tapi tidak ada salahnya mencoba dengan tanaman yang mudah tumbuh dan beradaptasi dengan baik. Baiknya Anda memilih jenis tumbuhan hias air yang sesuai dengan suhu dan posisi aquarium berada agar dapat tumbuh dengan baik dan tidak ‘rewel’.

Lihat di sini berbagai varietas tanaman aquascape kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA