Cara Menanam Bonsai dengan Mudah dan Hasil Sempurna

Anda pertama kali menanam bonsai? Memang bonsai menjadi tanaman yang begitu diminati karena harganya yang lumayan bisa menjadi ladang bisnis dalam memperoleh keuntungan. Bila Anda pemula maka cara  menanam bonsai pemula tidaklah sulit. Keinginan untuk belajar, itu yang diperlukan untuk bisa menanam bonsai.

Dalam rangka mempermudah Anda dalam belajar, berikut ini adalah cara yang dapat dicoba. Sebut saja ini merupakan trik dalam menanam bonsai. Siapa sangka Anda bisa menjadi ahli dan membuka layanan jual beli bonsai.

Pertama, untuk memperoleh tanaman bonsai yang sehat dan tumbuh dengan baik maka diperlukan jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi lahan di tiap-tiap daerah. Tanamlah bonsai yang cocok tumbuh di iklim tropis,

Kedua pilihlah jenis tanaman yang akan dibonsai. Yakinkan diri Anda agar tanaman Anda sesuai dengan keinginan sehingga kelak akan dirawat dengan sepenuh hati. Kalau Anda sedang berada di toko tanaman atau berburu tanaman bonsai, disarankan Anda bisa keliling terlebih dahulu melihat banyak tanaman bonsai. Lalu carilah pot yang sesuai dengan tanaman Anda. Kemudian potong dan bentuk sesuai harapan Anda. Pikirkan matang-matang, jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Cara menanamnya: tanaman harus dalam kondisi sehat sebelum ditanam dalam pot. Buat drainase pada pot dengan memberikan pasir di lapisan paling bawah. Lalu tanaman yang akan ditanam dibersihkan dulu akarnya dari tanah dan jangan sampai ada akar yang rusak.

Terakhir, tanam dalam pot dan isi media tanah yang berkualitas serta tambahkan pupuk sebagai nutrisi pertumbuhan bonsai. Perlakuan tersebut berlaku untuk semua jenis bonsai lainnya.

Selain yang disebutkan di atas, ada bonsai yang bisa dikatakan unik. Bonsai Aquascape, mengapa dikatakan demikian? Sebab bonsai ini dibuat untuk memperindah Aquascape. Aquascape sendiri merupakan aquarium yang mengunakan konsep tumbuh tumbuhan di dalam aquarium.

Cara penanamanya tidak sembarangan. Prosesnya dilakukan secara sistematis. Langkah pertama adalah persiapan terlebih dahulu alat dan bahannya. Untuk bahannya gunakan kayu yang memiliki banyak cabang. Kemudian siapkan pula lem khusus Aquascape agar lebih terjamin keamanan terhadap hewan peliharaan Anda. Lalu sediakan busa dan Moss (bahan khusus untuk pembuatan Aquascape). Setelah segala kebutuhan sudah terkumpul, barulah kita menuju langkah pengerjaannya.

Pertama, tempelkan busa yang dipotong kecil-kecil di setiap cabangnya dengan menggunakan lem yang sudah dipersiapkan. Berikan setiap ranting atau batang tadi dengan busa secara merata. Selanjutnya moss yang sudah dipersiapkan tadi juga tempelkan pada busanya. Anda lakukan dengan teliti dan cermat. Agar terlihat indah, jangan berlebihan dalam menggunakan lem sebab mengganggu tampilan bila tidak rapi atau kebanyakan. Pohon bonsai Aquascape Anda sudah siap ditempatkan di dalam aquarium.

Mudah bukan cara membuat bonsai Aquascape? Hanya melakukan beberapa tahapan saja bisa menciptakan bonsai yang menarik dan cantik. Langsung saja praktekkan di rumah. Gunakan kreativitas agar lebih mantap hasilnya.

Baca juga artikel bonsai lainnya: Memberi Keindahan PadaTanaman Hias Bonsai Loa

Lihat di sini daftar tanaman bonsai kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA