Akar Bonsai yang Unik

Tanaman bonsai sangatlah digemari sekarang ini, selain bentuknya yang unik dan minimalis juga dapat digunakan sebagai pajangan di dalam ruangan. Bonsai termasuk tumbuhan yang cukup susah untuk dibuat. Membutuhkan waktu lama untuk membuat satu bonsai menjadi sehat dan menarik. Yang harus diperhatikan di sini adalah kesehatan dari akar bonsai tersebut. Maka dibutuhkan perangsang akar bonsai untuk membuat bonsai makin sehat. Karena akar merupakan sumber dari kehidupan tanaman, jika akar dibiarkan begitu saja maka tanaman tidak mampu hidup normal kembali. Sekarang sudah ada cara baru untuk pengobatan akar bonsai agar tetap sehat. Cara ini akan lebih menghemat biaya dan tenaga dan hasilnya jauh lebih baik.

Di Indonesia banyak sekali tanaman yang dapat dijadikan bonsai. Tanaman yang berasal dari iklim tropis memiliki keunikan dan ke-eksotisan tersendiri. Beberapa jenis tanaman yang dapat kita pilih menjadi bonsai adalah asam, cemara, beringin, jeruk, kelapa, sawo, pinus, shianto, dan masih banyak yang lainnya.

Tumbuhan yang sering dijumpai adalah bonsai beringin. Karena akarnya yang dapat menjuntai ke bawah yang menjadi daya tarik tersendiri. Di sini kami akan memberi trik khusus untuk membuat akar bonsai beringin menjadi sehat dan ditumbuhi sulur yang cantik. Pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan pohon beringin yang akan dijadikan bonsai lalu tanam dalam pot dengan posisi yang Anda inginkan, jangan lupa untuk menggunakan tanah yang bagus karena akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan bonsai tersebut.

Biarkan tanaman tumbuh secara alami sampai akar penuh di dalam pot. Pada saat akar semakin banyak, otomatis tanah akan berkurang dan bahan makanan berkurang. Itulah yang merangsang akar sulur tumbuh dari bawah dan ada pula yang tumbuh dari cabang. Jangan pernah memangkas cabang dan ranting karena daun adalah tempat melakukan pemasakan bahan makanan yang didapat oleh akar.ย  Hal itu akan menyebabkan pohon menjadi kering bahkan terhambat pertumbuhannya. Jika hal demikian terjadi maka jangan panik, itu bisa diatasi dengan menggunakan sedotan yang disayat dan dimasukkan tanah basah. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pelepasan akar yang sudah mulai tumbuh ke bawah. Setelah akar sudah sampai ke tanah Anda tinggal lepas semua sedotan dan dapat melakukan pembentukan cabang dan penataan.

Menanam bonsai biasanya akar di bawah dan batang terletak di atas. Namun sekarang banyak orang yang menginginkan pangkalnya besar sedangkan batangnya semakin tumbuh ke atas semakin kecil. Tetapi beberapa pohon seperti sisir, serut, dan yang lainnya semakin tumbuh batang akan lebih besar daripada akarnya. Maka hal ini harus disiasati dengan menanamnya terbalik, batang menjadi akar dan akar menjadi batang. Biasanya orang menyebutnya sebagai bonsai akar terbalik.

Lihat di sini daftar tanaman bonsai kami.

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA