Mencari Bakalan Bonsai Serut untuk Tanaman Hias

Bagi para pecinta tanaman bonsai atau yang gemar mengoleksi tanaman ini pastilah sangat mengenal tanaman bakalan bonsai serut yang bagus. Pasalnya tanaman ini memiliki ukuran kecil, bahkan sejak masih bakalan bonsai serut ukuranya sudah minim dengan hiasan daunnya yang cantik. Tanaman ini memang menjadi salah satu tanaman bonsai terbaik karena dapat tumbuh dengan baik bila ditanam menggunakan pot.

Cara merawatnya tidak jauh berbeda dengan tanaman bonsai lainnya.

Bahkan tanaman serut ini secara otomatis cabangnya bisa tumbuh dan berkembang dengan bentuk yang menarik. Maka dari itu pemilihan pohon serut sebagai bakalan bonsai harus diperhatikan. Keindahan tidak hanya terletak pada bentuknya, akan tetapi juga pada bunga yang dihasilkan mempunyai nilai lebih dari bonsai serut.

Bila Anda ingin memahami bonsai serut, Anda dapat mengembangkan melalui tiga cara. Dengan menggunakan tunasnya sebagai bibit atau dilakukan pencangkokan dan stek. Perbedaan terletak pada cara dalam melakukannya. Stek pada dasarnya merupakan proses perkembangan yang memerlukan waktu dan ketelitian tersendiri. Sebab pengembangan dengan melalui stek umumnya rentan terhadap kegagalan. Namun sangat jarang orang yang berniat mengembangkannya, karena biasanya bonsai mania lebih menyukai bakalan serut yang berasal dari alam langsung. Proses pembentukan secara alami yang terjadi membuat bentuknya sangat indah dan menarik.

Untuk mendapatkannya membutuhkan kerja keras dan ketelitian. Kenapa demikian? Karena di alam liar tanaman serut sangat sulit untuk diambil. Sifat akar yang begitu dalam membuat harus punya teknik tersendiri dalam pengambilannya. Membutuhkan waktu 2 minggu untuk waktu mengambilnya karena harus melakukan pemotongan akar baru bisa dilakukan pemindahan. Bermula dari sinilah harga bakalan bonsai serut di pasaraan tergolong mahal. Tapi memang kualitas dan nilai keindahan sebanding dengan harga yang ditawarkannya.

Salah satu bentuk bonsai yang terbilang mahal secara harga adalah bonsai yang tumbuh di atas batu. Kesan alami inilah yang sebenarnya dicari pada tanaman bonsai. Sebab sesuatu yang terlihat alami akan menunjukan bahwa tanaman bonsai tidak dilakukan pemaksaan dalam hal bentuknya.

Tanaman yang tumbuh di atas batu, memberikan kesan tanaman khas dari pegunungan. Namun perlu menjadi perhatian tidak seluruh tanaman dapat ditumbuhkan di batu atau karang. Sebetulnya ada beberapa hal yang harus diperhatiin jika Anda ingin melakukan penanaman bakalan bonsai. Akar dan batang harus kuat dan tahan terhadap musim kekeringan, artinya meski kekurangan air tanaman masih bisa bertahan. Jika Anda ingin bertanya mengenai jenis tanaman apakah yang bisa dilakukan hal demikian ini. Maka Anda bisa memilih pohon satigi dan beringi,n keduanya bisa ditanam dalam media batu. Alternatif lain yang juga biasa dipilih adalah serut.

Lihat di sini daftar tanaman bonsai kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA