Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Benar Agar Tumbuh Subur

Bunga Mawar adalah salah satu jenis dari tanaman hias bunga yang sangat diminati oleh banyak orang. Sehingga tidaklah mengherankan kalau banyak orang yang menanam dan juga membudidayakan tanaman mawar. Untuk menanam ataupun membudidayakan tanaman bunga mawar tidaklah terlalu sulit. Namun ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan dan dilakukan agar proses selama penanam ataupun pertumbuhan dari bunga tersebut bisa berjalan dengan baik dan juga maksimal. Di artikel ini kami akan memberikan tips dan langkah-langkah cara menanam bunga mawar yang benar dan tepat. Dengan mengikuti teknik dan cara di sini, semoga saja bisa memaksimalkan hasil bunga mawar yang sesuai dengan harapan.

Dalam menanam ataupun melakukan budidaya tanaman bunga mawar, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terutama dalam proses penanam. Dalam proses tersebut sangat penting untuk dperhatikan agar tanaman mawar dapat tumbuh dengan subur dan sehat. Berikut ini adalah teknik dan cara menanam bunga mawar yang baik dan tepat terutama bagi Anda yang menanam di lahan atau kebun.

Teknik Dan Cara Menanam Bunga Mawar

Untuk penanaman, buatlah lubang tanam dengan jarak 60-60 cm atau dengan jarak masing-masing 70 cm. Jarak tersebut tergantung dari kondisi dan kesuburan tanah serta jenis bunga mawar yang akan ditanam.

Pembuatan Lubang Tanam

Pembuatan lubang untuk menanam tanaman bunga mawar sebaiknya menggunakan sekop melengkung agar lubang yang dihasilkan berbentuk silindris dengan ukuran panjang-lebar-tinggi sebesar 45 cm. Akar dari tanaman mawar tidak bisa menembus terlalu dalam kedalam tanah. Makanya cukup membuat lubang dengan kedalaman kurang lebih 45 cm. Ukuran kedalaman yang baik untuk lubang jika tanaman dimasukan kedalam lubang, bagian percabangan utama dari tanaman mawar letaknya harus sejajar dengan permukaan tanah.

Waktu dan Cara Penanaman Bunga Mawar

Untuk waktu penanaman bunga mawar yang paling tepat adalah pada waktu awal musim hujan, kecuali bila ada air dengan jumlah yang cukup maka bisa dilakukan juga di musim panas. Untuk bibit bunga mawar yang digunakan adalah bibit dari polybag dan juga bibit cabutan tanpa adanya tanah di tanaman.

Langkah dan Cara Menanam Bunga Mawar dari Polybag

  1. Langkah pertama dari cara menanam bunga mawar dengan bibit polybag adalah dengan menyirami bibit bunga mawar yang ada di dalam polybag hingga cukup basah tanahbagian atasnya.
  2. Setelah itu, keluarkan bibit bunga mawar bersama-sama dengan akar dan tanahnya. Jika ukuran dari polybag cukup besar, maka bisa dikeluarkan dengan cara menyayat plastik polybag tersebut.
  3. Jika bibit sudah dikeluarkan, sekarang tanamkan bibit bunga mawar tersebut kedalam lubang yang telah dibuat sebelumnya. Letakkan tepat dibagian tengah dari lubang, kemudian tutup dengan tanah dari lubang yang sebelumnya dikeluarkan dan ratakan secara perlahan.
  4. Langkah terakhir dari cara menanam buat bunga mawar dari polybag adalah dengan menyiram tanah yang ada di sekitar tanaman bunga mawar sampai basah.

Selanjutnya adalah langkah atau cara untuk menanam bunga mawar dengan menggunakan bibit cabutan. Berbeda dengan bibit bunga mawar dari polybag yang dipindah bersama tanah dan juga akarnya, bibit cabutan tidak dipindah bersama dengan tanahnya.

Langkah dan Cara Menanam Bunga Mawar dengan Bibit Cabutan

  1. Ambil bibit tanaman bunga mawar dari tempat pembibitan atau dari kebun dengan cara cabutan. Kemudian sebagian dari batang bunga mawar dan juga cabang-cabangnya. Sisakan kira-kira 20 hingga 25 cm.
  2. Potong juga sebagian akar tanaman mawar dengan gunting yang steril dan tajam hingga membentuk seperti kerucut.
  3. Setelah itu rendam bibit bunga mawar kedalam air atau bisa juga dimasukan kedalam larutan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) dengan ukuran 1-2 cc/liter. Bibit tanaman tersebut direndam selama kurang lebih 15 hingga 30 menit.
  4. Setelah direndam, kemudian tanam bibit mawar kedalam lubang yang telah dipersiapkan tepat di tengah-tengah lubang. Selanjutnya tutup kembali dengan tanah sampai batas leher batang bunga mawar. Padatkan tanah disekelilingnya secara perlahan-lahan.
  5. Jika dirasa sudah kuat, siram tanaman tersebut dengan air terutama di bagian tanah yang ada di sekeliling bibit mawar.

Demikianlah tips dan juga langkah-langkah atau cara menanam bunga mawar dengan benar untuk beberapa teknik dan dengan menggunakan bibit dari polybag ataupun bibit cabutan. Semoga informasi dari kami bermanfaat bagi Anda yang ingin menanam bunga mawar di rumah ataupun ingin membudidayakannya.

Kami juga memiliki beberapa produk tanaman bunga mawar yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, klik disini untuk melihat aneka produknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Maaf mengganggu, apakah Anda ingin diinfokan setiap ada promo yang berlangsung? Jika YA, silahkan daftarkan email Anda sekarang.

Daftarkan Sekarang 
close-link