Cara Menanam Bunga Sedap Malam dengan Mudah dan Simpel

Cara Menanam Bunga Sedap malam – Nama bunga sedap malam cukup banyak dikenal dan disukai dikarenakan tanaman bunga ini cukup unik, karena tanaman ini termasuk jenis tanaman hias bunga yang mekar saat malam tiba. Tumbuhan ini juga disebut bunga sedap malam karena mempunyai bau yang wangi dan harum serta khas yang berbeda dengan tanaman bunga lainnya.  Warna dari bunga sedap malam juga terlihat indah dan cantik, serta terdapat beberapa jenis varian warna yang tersedia yaitu warna merah, putih dan kuning. Namun pada umunya bunga sedap malam mempunyai warna putih pada bunganya.

Selain mempunyai wangi dan cara berbunga yang unik, tanaman bunga sedap malam juga memiliki beberapa khasiat yang sangat baik bagi kesehatan dan manjur untuk mengobati beberapa penyakit yang menyerang tubuh kita. Cara menanam bunga sedap malam juga tidak terlalu sulit dan bisa Anda lakukan di berbagai media seperti di dalam pot ataupun di area lahan seperti pekarangan rumah atau kebun. Berikut ini beberapa khasiat dari tanaman bunga sedap malam yang bisa Anda manfaatkan.

  • Menyembuhkan rematik
  • Mengobati radang tenggotokan
  • Meredakan Influenza
  • Dapat meningkatkan stamina tubuh
  • Obat susah tidur
  • Mengurangi mata katarak
  • Mengurangi dan menghilangkan bisul dan bengkak

Dengan memiliki tanaman bunga sedap malam sendiri di rumah, selain bisa menikmati keindahan bunga sedap malam dan keunikannya, kita juga bisa mendapatkan manfaat lain dari tanaman tersebut sebagai salah satu obat alternatif untuk menyembuhkan atau mencegah penyakit bagi kita ataupun keluarga.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Jika Anda ingin memiliki dan menanam bunga sedap malam di sekitar rumah, pekarangan, dan kebun, atau bahkan Anda juga ingin membudidayakannya, maka di sini kami akan memberikan tips dan langkah-langkah mengenai cara menanam bunga sedap malam dengan mudah dan simpel. Anda dapat menanam bunga ini di berbagai wadah atau tempat seperti pot, polybag, atau langsung ditanam di tanah. Selain itu media tanam yang digunakan juga tidak terlalu rumit. Bunga sedap malam dapat mengeluarkan bunga yang mekar hingga 6 sampai 9 jam lamanya.

Pembibitan Bunga Sedap Malam

Cara menanam bunga sedap malam yang pertama kita lakukan adalah memilih bibit bunga yang baik. Bibit bunga sedap malam biasanya berupa umbi yang kemudian kita pilihkan dari tanaman induk yang sudah cukup tua yang berusia sekitar 2 tahun, atau umbi yang memiliki ukuran sekitar 2 sampai 3 cm. Selanjutnya keringkan umbi selama kurang lebih 3 hingga 4 minggu lamanya, dan simpan bibit tersebut selama sekitar 1,5 bulan agar nantinya bibit tersebut bisa dengan mudah untuk bertunas dan bertumbuh.

Persiapan Media Tanam

Sekarang kita berlanjut ke persiapan media tanam yang nantinya akan kita gunakan untuk menanam bunga sedap malam. Media tanam yang akan digunakan merupakan campuran dari beberapa bahan diantaranya adalah arang sekam, tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos halus dengan perbandingan 1 : 1 : 1, yang kemudian dicampur hingga rata dengan sempurna. Setelah itu masukan kedalam wadah berupa pot atau polybag yang telah dilubangi sebanyak 2/3 dari ukuran wadah. Jika Anda akan menanam diarea lahan, gemburkan tanah terlebih dahulu kemudian tambahkan arang sekam dan juga pupuk kandang/kompos dengan komposisi yang sama atau seimbang.

Penanam Bunga Sedap Malam

Selanjutnya kita akan memasuki proses penanaman dari tanaman bunga sedap malam. Setelah kita mempersiapkan bibit dan juga wadah tanam telah diisi dengan media tanam, selanjutnya buatlah lubang tanam yang disesuaikan dengan ukuran dari bibit bunga sedap malam yang akan kita tanam. Untuk kedalaman lubang tanam berkisar di antara 5 hingga 6 cm. Setelah itu masukkan bibit bunga sedap malam kedalam lubang, dan kemudian ditutup dengan tanah sambil dipadatkan di sekitar areanya. Siram bibit secara teratur setiap harinya antara pagi hari atau di waktu sore hari.

Perawatan Bunga Sedap malam

bunga sedap malam

Cara merawat bunga sedap malam cukup sederhana yaitu dengan melakuka penyiraman secara teratur dan berkala pada waktu pagi dan juga sore hari. Setelah masuk masa tanam atau setelah 5-6 bulan lamanya, tambahkan kembali pupuk yang berupa campuran TSP dan Urea dengan perbandingan komposisi 1:1. Bunga sedap malam akan mengeluarkan bunga setelah usia 4 sampai 5 bulan dari masa tanam. Dan Anda akan bisa menikmati keindahan bunga dan wangi bunga sedap malam tentunya di waktu malam hari.

Demikian informasi mengenai cara menanam bunga sedap malam yang dapat kami sampaikan untuk Anda, terutama bagi Anda yang memang ingin dan serius untuk menanam bunga tersebut dihalaman atau pekarangan rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Online, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung 😘