Cara Menanam dan Merawat Bunga Cempaka dengan Mudah

Tanaman bunga cempaka mungkin sudah sering kita dengar dan pernah kita lihat sebelumnya. Apalagi nama bunga cempaka sering juga digunakan sebagai nama panggilan atau nama asli. Bunga cempaka merupakan salah satu tanaman hias bunga yang memiliki tampilan yang indah dan cantik serta memiliki cukup banyak penggemar karena hal-hal tersebut. Cara menanam dan merawat  bunga cempaka juga tidak sulit dan tidak jauh berbeda dengan menanam ataupun merawat tanaman bunga yang lain.

Bunga cempaka juga sering digunakan sebagai salah satu bahan untuk pengobatan ataupun untuk mencegah suatu penyakit. Di dalam tanaman bunga cempaka terdapat beberapa kandungan yang bermanfaat seperti minyak atsiri yang bisa digunakan sebagai bahan pembuat minyak wangi. Di daerah jawa sendiri, tanaman bunga cempaka juga sering digunakan sebagai salah satu bahan ritual tertentu. Namun tentunya banyak juga yang hanya ingin melihat kecantikan dan juga keindahan bunga cempaka atau juga sebagai koleksi bunga hias.

Buat kamu yang ingin memiliki tanaman bunga cempaka di rumah ataupun di kebun, berikut ini tips dan juga cara menanam bunga cempaka disertai dengan cara merawat bunga cempaka agar dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Cara Menanam Bunga Cempaka

Menanam bunga cempaka bisa dilakukan di wadah pot, polybag, ataupun di area lahan yang ada di sekitar rumah Anda. Pastikan Anda menaru tanaman cempakan di area yang terkena sinar matahari langsung agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Berikut ini langkah-langkah cara menanam bunga cempaka dengan mudah dan simpel yang bisa Anda lakukan di rumah menggunakan pot ataupun area lahan.

  • Siapkan benih atau bibit bunga cempaka yang bisa berasal dari cangkokan atau stek.
  • Siapkan juga media tanam yang berupa campuran dari tanah, pasir dan pupuk kompos secukupnya.
  • Jika menggunakan wadah tanam seperti pot atau polybag, pastikan wadah memiliki lubang di bagian bawah dengan ukuran tidak terlalu besar. Masukan media tanam kedalam wadah dengan menyisakan beberapa senti di bawah wadah.
  • Buat lubang dengan kedalaman yang disesuaikan dengan bibit. Selanjutnya masukan bibit tanaman bunga cempaka kedalam wadah lalu tutup kembali dengan tanah sambil dimampatkan perlahan-lahan. Tambahkan kayu penyangga agar tanaman cangkokan dapat berdiri tegak.
  • Siram bibit tanaman bunga cempaka setiap hari secara berkala.

Cara Merawat Bunga Cempaka

Tanaman hias bunga cempaka memiliki wangi yang sangat harum dan bunga yang indah, namun agar tanaman tersebut tetap sehat dan mengeluarkan bunga yang cantik tentunya kita harus rajin merawat bunga cempaka yang kita tanam.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat merawat tanaman bunga cempaka.

Pencahayaan

Tanaman bunga cempaka membutuhkan konsumsi cahaya matahari langsung yang cukup banyak. Jadi sebisa mungkin Anda menempatkan bunga cempaka di tempat yang terkena cahaya atau di tempat yang akan terkena sinar matahari di pagi hari atau sore hari. Tidak lupa juga untuk selalu menyiram bunga cempaka karena tanaman ini juga membutuhkan asupan air yang cukup.

Pemupukan

Bunga cempaka memiliki batang kayu yang cukup keras dan membutuhkan asupan nutrisi yang besar. Pemberian pupuk secara berkala perlu dilakukan agar tanaman tetap terjaga nutrisinya. Berikan pupuk untuk tanaman cempaka sekitar 1-2 bulan sekali atau bisa juga dengan mengganti 2/3 dari media tanam dengan media tanam baru.

Itulah tips dan cara menanam serta merawat tanaman bunga cempaka dari kami untuk Anda yang ingin menanam bunga cempaka di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Online, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung 😘