Cara Menanam Tanaman Rosella dengan Mudah dan Simpel

Banyak sekali tanaman hias bunga yang popular di Indonesia, dan salah satunya yang saat ini sedang digandrungi dan juga cukup popular sebagai tanaman bunga hias adalah tanaman Rosella. Tanaman yang satu ini dikenal akan buahnya yang memiliki bentuk seperti kelopak bunga yang terlihat menarik dan cantik. Tanaman ini juga memiliki sebutan lain yaitu tanaman Frambozen. Buah yang menyerupai bunga tersebut selain cantik, juga memiliki manfaat yang banyak dan sering digunakan oleh masyarakat ataupun perusahaan sebagai bahan baku pembuat sirup karena rasanya yang unik dan manis serta menyegarkan. Karena cara menanam tanaman rosella tidak terlampau sulit, banyak juga yang menanam dan membudidayakannya.

Tanaman rosella juga sering digunakan sebagai salah satu bahan obat herbal yang bisa memberikan khasiat dan manfaat yang baik bagi tubuh. Khasiat-khasiat dari tanaman rosella antara lain dapat membasmi cacing di dalam sistem pencernaan, memperlancar keluarnya air seni, menurunkan panas tubuh, mengencerkan darah, mampu menurunkan tekanan darah, dan juga bisa digunakan sebagai bahan antibakteri dan antiseptik.

Berikutnya kami akan memberikan informasi mengenai cara menanam rosella yang bisa Anda lakukan di area lahan ataupun di suatu wadah seperti pot dan polybag.

Cara Menanam Tanaman Rosella

Sebelum kita mulai menanam bunga rosella, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu karakteristik dari tanaman bunga rosella tersebut. Pohon rosella sendiri biasanya dapat tumbuh dengan subur dan baik di segala cuaca, suhu dan di kondisi lahan yang berbeda-beda. Akan tetapi perbedaan dari segi suhu dan karaker lahan serta cuaca bisa mempengaruhi warna dari buah tanaman rosella yang nantinya akan dihasilkan oleh tanaman tersebut.

Tanaman rosella bisa tumbuh dengan baik dan subur di ketinggian 10 hingga 600 meter dari atas permukaan laut. Untuk suhu yang optimal adalah di rentan suhu 20 hingga 34 derajat celcius, Tanaman rosella adalah tanaman yang hanya berbuah di satu waktu dalam semusim. Tanaman ini bisa tumbuh mencapai ketinggian 1 hingga 3 meter.

Persiapan Lahan dan Bibit

Cara menanam tanaman rosella yang pertama adalah mempersiapkan lahan yang akan kita Tanami tanaman rosella nantinya. Persiapan lahan dimulai dengan cara membersihkan semua area lahan yang akan digunakan dari tanaman liar atau gulma, melakukan penggemburan tanah dan juga memberikan pupuk baik itu pupuk kandang atau kompos secukupnya. Setelah itu kita buat bedengan ukuran yang disesuaikan dengan area lahan.

Selanjutnya adalah pemilihan benih atau bibit tanaman rosella yang baik agar nantinya bibit tersebut bisa tumbuh dengan baik dan sempurna serta memberikan hasil yang maksimal. Benih dari tanaman rosella berasal dari biji, Anda bisa mendapatkannya di sini. Berikut ini cara mempersiapkan biji tanaman rosella.

  • Pertama-tama biji tanaman rosella dikeringkan kurang lebih 4 hari lamanya.
  • Setelah kering kemudian ditempatkan atau disemai dl ahan tanah khusus yang sudah digemburkan.
  • Setelah dua minggu atau jika sudah tumbuh setinggi 7 cm, kemudian benih dimasukan kedalam polybag.
  • Biarkan tanaman rosella tumbuh hingga ukuran kurang lebih 20 cm sebelum dimasukan kearea lahan.
  • Penanam rosella juga bisa dilakukan langsung di area lahan, namun sebaiknya ditutupi agar tidak mudah rubuh dan rusak oleh hujan dan angin.

Anda juga bisa mendapatkan benih tanaman rosella di toko tanaman  hias atau toko pertanian baik offline maupun online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Online, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung 😘