Cara Menanam dan Budidaya Anggur yang Kaya Manfaat

Anggur sendiri merupakan buah yang di masyarakat tergolong cukup elite. Tidak banyak orang yang mengonsumsi anggur sebagai buah secara rutin, karena faktor harganya yang cukup mahal dibandingkan buah lain. Bentuk pohon anggur sendiri menawarkan keindahan yang tidak sama dengan pohon buah pada umumnya. Pohon anggur pun dapat menjadi salah satu pilihan pohon yang menghiasi pekarangan rumah Anda, sekaligus menghasilkan buah anggur yang bisa Anda konsumsi. Untuk tanaman buah Anggur silahkan klik disini.

Anggur memiliki beberapa jenis (varietas) yang berbeda. Terdapat anggur yang hijau dan tentunya anggur merah. Anggur merah merupakan buah yang sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

  • Mencegah penyakit jantung karna membantu menjaga arteri sehingga tidak ada penyumbatan aliran darah
  • Mencegah kanker karna kaya akan antioksidan
  • Mencegah serangan jantung, karena osida nitrat dapat mencegah pembekuan darah
  • Menanggulangi tekanan darah tinggi
  • Menanggulangi migraine
  • Memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, sehingga banyak penyakit dapat dicegah
  • Mencegah penuaan dini
  • Membantu diet sehat
  • Membersihkan darah dari racun-racun yang lolos penyaringan
  • Menanggulangi sembelit
  • Meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh (imun) manusia

Berikut ini akan kita pelajari bersama bagaimana cara menanam anggur merah sendiri. Perhatikan setiap langkah dan lakukan sesuai dengan standar yang benar.

  • Persiapan Pembibitan

Bibit anggur merah untuk dibudidayakan dapat Anda dapatkan dengan cara membeli di toko atau melalui biji buah anggur merah yang Anda miliki. Pilihlah bibit dari anggur merah yang berumur sekitar dua bulan dan bertunas 2. Bibit anggur merah yang akan dibudidayakan haruslah bibit yang unggul dan berkualitas tinggi. Bibit terbebas dari hama dan kemampuan produktivitasnya tinggi. Dalam melakukan penanaman buah anggur merah, akan lebih baik jika bibit mulai di tanam di bulan-bulan April, Mei, atau Juni.

  • Persiapan Media Tanam

Lahan atau media tanam yang digunakan untuk membudidayakan anggur merah, terlebih dahulu harus disiapkan dan diolah dengan benar. Pengolahan lahan dilakukan dengan penggemburan dan pencampuran media tanam dengan pupuk. Campurkan tanah, pasir, dan pupuk kandang lalu ratakan. Jika sudah, buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 50 cm x 50 cm x 50 xm. Setiap lubang harus memiliki jarak agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu.  Jika media tanam telah siap, maka bibit anggur sudah dapat segera ditanam.

  • Penanaman

Lahan dan bibit telah disiapkan, sehingga penanaman bibit anggur merah dapat segera dilaksanakan. Penanaman dilakukan dengan memasukkan bibit ke dalam lubang tanam, tutup kembali lubang tanam dengan media tanam yang sama. Setelah melakukan penanaman lanjutkan dengan perawatan yang rutin.

  • Perawatan

Perawatan yang dapat dilakukan untuk tanaman anggur merah adalah pengairan, pemupukan, dan pemangkasan. Pengairan dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari. Jika semakin bertambah umurnya, berikan pengairan sebanyak tiga kali dalam sehari. Namun, hentikan pengairan ketika akan panen.

Untuk pemupukan diberikan secara teratur dalam 10 hari sekali hingga umur 3 bulan. Jika sudah melewati umur 4 tahun, berikan pemupukan satu tahun sekali saja. Pupuk yang diberikan adalah pupuk urea dengan dosis yang bertambah seiring pertumbuhan tanaman.

Pemangkasan merupakan upaya yang dilakukan setelah pohon anggur merah berusia kurang lebih 1 tahun. Pemangkasan dilakukan batang-batang tunas yang keluar dari batang pokok. Pemangkasan ini dilakukan untuk memunculkan batang-batang hingga batang tersier dapat menghasilkan bunga. Bunga tersebut nantinya juga menjadi pertanda akan terbentuknya buah. Tanda batang yang siap dipangkas adalah batang yang sudah meneteskan air

  • Pemanenan

Setelah buah mulai bermunculan, segera bungkus calon buah dengan kantong plastik agar terhindar dari hama. Panen pertama dari pohon anggur merah dapat dilakukan saat pohon berusia 1 tahun. Pemanenan dilakukan dengan memotong buah dari tangkainya. Jika ada buah-buah yang tidak normal, segeralah gunting dan  buang dari batang pohon. Sisakan sekitar 3 bungan per batang tunas untuk memungkinan pemanenan selanjutnya. Panen selanjutnya dapat dilakukan setiap dua kali setahun sekitar bulan Maret atau April dan bulan Juli atau Agustus.

Silahkan klik disini untuk melihat produk tanaman buah Anggur kami.

Demikianlah langkah-langkah dalam cara menanam anggur merah. Semoga bermanfaat dan dapat digunakan oleh para pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA