Cara Menanam Kentang di Dalam Polybag dengan Benar

Kentang merupakan salah satu dari jenis sayuran segar yang banyak dikonsumsi dan juga dibudidayakan di Indonesia. Biasanya tanaman kentang ditanam di area lahan ataupun di pekarangan yang luas. Namun jika Anda tidak memiliki lahan yang luas atau pekarangan yang besar, hal tersebut tidaklah menjadi halangan karena Anda juga bisa menanam kentang di wadah lain seperti di polybag ataupun karung. Walau menggunakan wadah seperti polybag, Anda tetap bisa mendapatkan kentang dengan jumlah yang banyak dan juga hasil yang baik dan berkualitas. Cara menanam kentang pun juga cukup mudah seperti tanaman sayuran yang lainnya.

Tanaman kentang sangat baik tumbuh di daerah dataran tinggi atau di atas 700 meter dari permukaan laut. Untuk menanam kentang dalam skala besar memang biasanya dilakukan di area lahan yang luas, namun Anda juga bisa menanam kentang dengan skala yang lebih kecil untuk konsumsi pribadi ataupun untuk budidaya skala kecil dan menengah menggunakan wadah polybag dan wadah lain. Terutama buat Anda yang tidak memiliki lahan yang luas. Kelebihan lain dari cara ini adalah jauh lebih praktis dan bisa dipindah-pindah serta tidak terlalu tergantung dengan musim ataupun kondisi tanah dari lahan, karena kita bisa membuat sendiri media tanam atau memodifikasinya sendiri.

Buat Anda yang ingin mengetahui tips dan cara menanam kentang di wadah polybag, kami akan memberikan informasinya khusus untuk Anda di bawah ini.

Namun sebeleum itu, silahkan klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman sayur (umbi-umbian).

Cara Menanam Kentang

1. Persiapan Wadah Tanam, Media Tanam dan Bibit

Tips atau langkah pertama dari cara menanam kentang yang baik di dalam polybag adalah memilih wadah tanam yang tepat dan cocok untuk ditanami tanaman kentang nantinya. Untuk tanaman kentang sebaiknya menggunakan polybag dengan ukuran 50 x 80 cm atau lebih, karena jika ukurannya terlalu kecil akan membuat pertumbuhan dari tanaman tersebut menjadi kurang baik. Banyaknya tentu tergantung dari jumlah bibit yang Anda punya atau Anda ingin tanam. Pada bagian bawah sekeliling kantong kemudian dibuat beberapa lubang sebanyak 3 sampai 4 buah pada masing-masing sisi polybag.

Untuk bibit pilihlah yang sudah bertunas dan juga sehat serta bebas dari penyakit ataupun potensi hama. Sedangkan untuk media tanam menggunakan tanah yang subur dan gembur yang telah dicampur dengan pupuk kandang ataupun dengan kompos menggunakan perbandingan 2:1.

2. Penanaman dan Perawatan Kentang

Cara menanam kentang biasanya bisa dilakukan langsung di polybag ataupun bisa disemai terlebih dahulu. Jika Anda langsung menanam di dalam polybag, media tanam yang dimasukan ke dalam wadah cukup 2/3 dari wadah tanam. Bibit bisa dimasukan kedalam wadah dengan bagian yang memiliki banyak ‘mata’ ditaruh di bagian atas. Dalam satu wadah bisa Anda taruh bibit kentang sebanyak 3 sampai 4 buah. Bibit ditanam dengan kedalaman kurang lebih 7 cm dari permukaan tanah. Siram secara rutin setiap harinya namun jangan sampai media tanam becek karena bibit bisa rusak.

Setelah sepuluh hari biasanya bibit sudah mulai tumbuh tinggi dengan baik. Penyiraman tetap dilakukan secara rutin minimal sekali sehari. Setelah sebulan tanaman sudah mulai tinggi dan Anda bisa menambahkan media tanam kedalam wadah mengikuti tinggi dari tanaman. Hal tersebut dilakukan agar umbi tidak terpapar sinar matahari langsung. Jika umbi terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama, akan membuat warna menjadi kehijauan dan juga menjadi beracun.

Masa Panen

Tips dan langkah terakhir dalam cara menanam kentang yaitu periode atau masa panen dari tanaman kentang. Masa panen dari tanaman kentang biasanya pada umur 3 hingga 4 bulan lamanya. Pada masa tersebut. Umbi kentang sudah dapat kita ambil atau kita panen secara serentak. Untuk pengambilan umbi sebaiknya kita lakukan setelah satu minggu sesudah tanaman kentang kering dan mati. Bila tanaman baik daun dan batangnya belum kering, nantinya umbi yang dihasilkan akan kurang baik dan bermutu rendah serta kulit kentang akan mudah lecet.

Demikian informasi mengenai cara menanam kentang dari kami untuk Anda yang ingin menanam kentang di dalam polybag di rumah ataupun di pekarangan.

Kami juga menyediakan aneka bibit tanaman sayuran lainnya klik disini.

Untuk melihat aneka produk polybag silahkan klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Maaf mengganggu, apakah Anda ingin diinfokan setiap ada promo yang berlangsung? Jika YA, silahkan daftarkan email Anda sekarang.

Daftarkan Sekarang 
close-link