Cara Menanam Bunga Matahari dengan Benar dan Tepat

Tanaman bunga matahari adalah salah satu tanaman yang memiliki bunga dengan tampilan yang cantik dan warna yang terang serta cerah.  Bunganya tergolong besar jika dibandingkan dengan tanaman bunga lain dengan batang yang panjang menjulang ke atas. Tumbuhan ini dapat hidup dengan sangat baik di banyak kondisi dan juga di wilayah dataran tinggi maupun rendah. Kondisi paling cocok bagi tanaman bunga matahari adalah di tempat dengan kondisi cahaya matahari penuh dan sedikit berangin.

Cara menanam bunga matahari cukup mudah dan tanaman ini juga bisa memgeluarkan bunga dengan cepat. Dalam waktu 2 sampai 3 bulan lamanya, kita sudah bisa menikmati bunga matahari yang tumbuh dengan baik yang terlihat cerah dan ceria. Tentunya juga amat bergantung pada cara kita menanam bunga matahari dan juga tipe tanaman kondisi tanah, iklim dan juga jumlah curah hujan di tempat yang kita gunakan untuk menanam tanaman bunga matahari tersebut.

Anda bisa melihat aneka bibit bunga matahari yang kami punya silahkan klik disini.

Manfaat Tanaman Bunga Matahari

Tanaman bunga matahari memiliki beberapa manfaat yang berguna bagi kita. Yang paling sering kita dengar atau tahu adalah biji bunga matahari yang bisa dikonsumsi dan sering dijadikan sebagai makanan kecil atau jajanan yang dikenal dengan nama kuaci. Di dalam biji bunga tersebut sendiri mengandung kadar vitamin C serta E yang berguna sebagai antioksidan dan juga sebagai anti kanker bagi tubuh kita.

Hal tersebut yang membuat banyak orang menanam tanaman bunga matahari atau membudidayakannya. Karena selain bisa digunakan sebagai penghias ruangan ataupun taman-taman, kita juga bisa mendapatkan manfaat lain dari tanaman tersebut.

Cara Menanam Bunga Matahari

Berikut ini kami akan mengulas dan memberi tips tentang cara menanam bunga matahari dengan tepat dan benar agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik dan bisa mengeluarkan bunga yang segar dan indah dipandang mata.

Pemilihan Biji Bunga Matahari

Hal pertama yang sangat penting dan fundamental dalam cara menanam bunga matahari adalah memilih benih atau bibit bunga matahari yang baik agar kita bisa mendapatkan hasil maksimal yang sesuai dengan yang kita harapkan. Biji atau benih bunga matahari untuk ditanam tidak jauh berbeda dengan biji yang sudah dijadikan sebagai penganan atau makanan ringan, benih yang baik berbentuk besar dan tidak rusaj ataupun cacat.

Persiapan Media Tanam

Jika kebanyakan bibit tanaman membutuhkan kondisi khusus saat disemai, bunga matahari pada umunya bisa tumbuh berbagai kondisi tanah asalkan ada sinar matahari yang penuh dan cukup air. Dalam penyemaian, Anda bisa menggunakan tanah yang subur serta gembur yang mampu mengikat air dengan baik dan tanpa perlu ditambahkan pupuk. Anda juga bisa langsung menanam bibit bunga matahari di media apapun atau langsung ke wadah tanam tanpa prose penyemaian terlebih dahulu.

Proses Penanaman Bunga Matahari

Cara menanam bunga matahari yang selanjutnya adalah prose penanaman. Penanaman dari bibit bunga dilakukan dengan cara menekan benih dengan bagian yang lebih runcing menghadap kebawah dan bagian yang tidak runcing di bagian atas. Tekan ke media tanam yang sebelumya telah dibasahi dengan air. Sisakan sedikit bagian dari bibit yang terlihat bagian yang tidak runcing.

JIka Anda menaruh di pot, tempatkan di tempat yang hangat dan tidak terlampau terang. Siram bibit bunga matahari selama 2 kali pada pagi dan sore setiap harinya. Setelah 3 atau 4 hari, mulai muncul tunas di media tanam.

Perawatan Bunga Matahari

Setelah tanaman berumur sekitar 1 bulan, Anda sudah bisa menambahkan pupuk baik itu pupuk kandang maupun pupuk NKP. Jika tidak ada pupuk jenis NPK, Anda juga bisa menggunakan atau memberikan sekitar 25 gram pupuk ZA setiap batang tanaman bunga matahari di saat umur sebulan dan juga pupuk TSP setelah tanaman berumur 1,5 bulan.

Setelah tanaman hias bunga matahari berumur sekitar 3 bulan, sudah akan ada tunar bunga yang mucul di ujung tanaman dan di ketiak daun. Anda bisa memangkas tunas yang diperkirakan kurang bagus atau kurang sempurna. Pada setiap tanaman bunga matahari bisa menghasilkan sekitar 10 sampai 12 tangkai bunga. Jika tanaman sudah tinggi atau lebih dari 1 meter, Anda bisa menggunakan batang bambu untuk membantu menopang batang tanaman tersebut.

Silahkan klik disini untuk melihat aneka bibit bunga matahari yang kami jual.

Untuk bibit tanaman bunga lainnya Anda bisa klik disini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Maaf mengganggu, apakah Anda ingin diinfokan setiap ada promo yang berlangsung? Jika YA, silahkan daftarkan email Anda sekarang.

Daftarkan Sekarang 
close-link