Cara Merawat Anggrek yang Tepat

Cara Menanam Anggrek

Selain bunga Mawar, Anggrek juga merupakan salah satu bunga simbol cinta. Begitu banyak jenis anggrek di dunia. Ada 750 genus anggrek dan lebih dari 30 ribu Anggrek hibrida yang dikembangkan di seluruh benua di dunia kecuali antartika. Tumbuh kembangnya bunga anggrek dipengaruhi oleh kondisi cuaca sekitar. Oleh karena itu, pilihlah anggrek dari hasil persilangan yang sudah cocok dengan kondisi cuaca di sekitar rumah anda.

Cara Merawat Anggrek agar tidak mudah Layu

Jika anda memutuskan untuk menanam bunga Anggrek, sebaiknya pilihlah Anggrek yang sudah tumbuh dan berbunga. Karena jika menanam dimulai dari bibit, hingga berbunga akan memakan waktu hingga 5 tahun lamanya, Tentusaja anda tidak akan mau dong menunggu selama itu untuk menikmati hasilnya.

Cara merawat Anggrek tidak lah sesulit yang anda bayangkan, hanya butuh pengetahuan dan ketekunan. Ada 5 tips merawat bunga anggrek, baca dan lakukan, niscaya bunga Anggrek tidak akan layu dan tumbuh berkembang sempurna

1. Gunakan media tanam yang baik

Cara Menanam Anggrek Jika anda masih menggunakan pot plastik untuk menanam bunga Anggrek, maka segera ganti dengan pot tanah karena daya serap lebih baik dan dapat menyimpan air lebih lama. Selain itu juga, pot tanah mampu menjaga kelembaban tanah lebih baik dari pot yang terbuat dari bahan plastik.

Media tanam terbaik untuk bunga anggrek adalah sabut kelapa, arang kayu, dan pakis. Jika bunga anggrek di tempelkan pada kayu sebagai hiasan dinding, maka lapisilah kayu dengan sabut kelapa agar akar anggrek semakin kuat.

2. Menjaga kelembaban

Meski anggrek merupakan jenis tanaman tropis yang suka dengan kelembaban, tetapi jangan melulu bunga anggrek disiram air karena akan mudah layu. Siramlah daerah disekitar pot saja secukupnya, jangan sampai terkena bunga atau batang anggrek dan jangan sampai ada genangan air pada pot karena dapat mengakibatkan pembusukan akar.

Jika bunga anggrek di tempatkan dalam ruangan, maka segera pilih tempat yang baik. Karena Anggrek butuh cahaya untuk berkembang, maka tempatkan bunga anggrek yang memungkinan terkena sinar matahari, didekat jendela misalnya. Tetapi jangan terlalu berlebihan terkena panas karena malah dapat mengganggu proses pertumbuhan. atau jika tidak memungkinkan maka anda dapat menggunakan lampu penerangan yang dapat memberikan suplai cahaya untuk bunga anggrek.

3. Pemberian Pupuk

cara merawat anggrek Seperti halnya tanaman lain, anggrek juga membutuhkan pupuk agar proses pertumbuhannya sempurna. Pupuk untuk Anggrek yang kami rekomendasikan adalah jenis NPK atau pupuk cair langsung pakai yang dapat langsung disemprotkan pada bunga atau batang anggrek.

Pemberian pupuk dimaksudkan untuk membantu proses pertumbuhan anggrek secara sempurna. Setiap tanaman membutuhkan nutrisi agar berkembang baik. Oleh karena itu diperlukan pupuk. Cara pemupukan tanaman menggunakan NPK ketika bunga anggrek masih kecil maka perbandingannya adalah 30:10:10. Namun ketika Anggrek mulai tumbuh sedang, maka perbadingan penggunaan pupuk NPK adalah 10:10:10. Dan pada fase perangsangan pertumbuhan bunga, maka perbandingan pupuk NPK adalah 10:30:30.

Cukup mudah bukan cara merawat anggrek agar cepat berbunga dan tidak mudah layu. Jika anda pecinta bunga Anggrek, maka diwajibkan untuk melihat koleksi bunga anggrek kami di bibitbunga.com.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *