Contoh Tanaman Hias Hidroponik untuk Mempercantik Rumah

Rumah merupakan tempat manusia untuk hidup dan selama hidupnya manusia membutuhkan nilai estetika atau keindahan. Nilai estetika atau keindahan dari suatu rumah bisa berasal dari bentuk, ornamen, interior atau eksterior bangunan termasuk tanaman hias yang menghias rumah.

Tanaman hias umumnya ditanam dengan cara konvensional dengan media tanah. Namun, di zaman modern seperti sekarang ini tanaman hias bisa ditanam dengan teknik hidroponik. Hidroponik biasanya digunakan untuk membudidayakan tanaman sayuran. Namun, hidroponik tidak hanya bisa digunakan untuk menanam sayuran, tetapi tanaman hias pun bisa ditanam dengan cara hidroponik. Berikut beberapa contoh tanaman hias hidroponik yang bisa digunakan untuk mempercantik rumah Anda:

  1. Suplir

Suplir merupakan salah satu contoh tanaman hias hidroponik dari jenis paku-pakuan. Sebagai salah satu tanaman yang termasuk dalam keluarga paku-pakuan, suplir merupakan jenis tanaman yang membutuhkan lingkungan yang lembap untuk tumbuh dan tidak membutuhkan penyinaran matahari penuh. Suplir biasanya tumbuh di dekat aliran air sehingga teknik hidroponik sangat cocok untuk menanam tanaman hias yang satu ini. Daya tarik utama dari suplir sebagai tanaman hias adalah bentuk daun, bentuk tajuk dan kontras antara warna daun dengan warna batangnya. Tanaman hias yang bernama ilmiah Adiatum sp. ini merupakan salah satu contoh tanaman hias hidroponik yang cukup mudah untuk diperlihara sehingga tidak sedikit orang yang memilikinya sebagai penghias halaman rumah.

  1. Keladi Red Star

Keladi red star adalah contoh tanaman hias hidroponik yang berasal dari keluarga keladi-keladian atau Araceae. Nilai estetika dari keladi red star ini adalah warna dan bentuk daunnya yang sangat menarik dan menccolok yaitu merah.  Keladi red star seperti tanaman hias jenis keladi-keladian yang lain merupakan tanaman yang mudah dalam perawatannya sehingga sangat mudah untuk ditanam dengan teknik hidroponik. Namun, hal yang harus diingat adalah tanaman hias yang satu ini tetap membutuhkan penyinaran matahari penuh agar bisa tumbuh subur dan tetap terlihat cantik sebagai penghias halaman rumah atau penghias ruangan di dalam rumah.

  1. Aglaonema

Aglaonema atau sri rejeki adalah contoh tanaman hias hidroponik yang sudah tidak asing. Pasalnya, tanaman hias aglaonema ini bisa ditemui dihampir setiap rumah dan sangat mudah untuk dijumpai. Aglaonema termasuk dalam kelompok tanaman hias daun yang dinikmati keindahan daunnya. Daya tarik dan nilai estetika dari tanaman hias aglaonema adalah corak dan warna daunnya yang bermacam-macam mulai dari warna netral seperti putih sampai warna yang cerah dan mencolok seperti warna merah. Perawatan yang dibutuhkan oleh tanaman hias aglaonema ini sangat mudah. Aglaonema biasanya membutuhkan penyinaran matahari penuh, namun tetap bisa tumbuh dengan baik sebagai tanaman indoor. Selain dapat dinikmati keindahan daunnya, tanaman hias aglaonema juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias pembersih udara atau antipolutan yang bisa menyerap racun atau zat berbahaya dari udara di sekitar rumah.

  1. Dracaena

Dracaena merupakan tanaman hias yang mudah dijumpai dan bisa dikembangkan dengan mudah. Dracaena bisa dikembangkan dengan stek mahkota atau stek batang dan dapat tumbuh dengan mudah tanpa membutuhkan banyak perawatan yang rumit. Sebagai tanaman hias, dracaena merupakan tanaman hias daun yang dinikmati keindahan daunnya baik dari segi bentuk maupun warna dan corak daunnya.  Sebagai tanaman hias, dracaena termasuk contoh tanaman hias hidroponik yang tidak asing. Pasalnya, tidak sedikit orang yang menempatkan tanaman hias dracaena ini dalam suatu wadah berisi air untuk membuat tanaman hias yang satu ini tetap hidup. Dengan perawatan yang mudah tersebut, dracaena cocok digunakan sebagai tanaman indoor maupun outdoor atau bisa juga dijadikan sebagai tanaman penghias meja di ruang tamu.

  1. Anggrek

Anggrek adalah tanaman hias epifit yang banyak digemari karena keindahan bunganya. Anggrek sebagai tanaman hias memiliki banyak sekali jenis dengan nilai estetika yang bervariasi. Daya tarik utama dari anggrek adalah bentuk dan warna bunganya. Anggrek bisa tumbuh menempel pada suatu media tanam seperti sabut kelapa, pakis atau media lain bahkan bisa juga menempel pada tanaman lain. Karakteristik anggrek tersebut yang bisa tumbuh dengan mudah menyebabkan anggrek termasuk dalam contoh tanaman hias hidroponik. Namun, anggrek cukup peka terhadap hama dan penyakit sehingga membutuhkan perawatan yang sedikit ekstra. Dengan menanam anggrek secara hidroponik, anggrek bisa terhindar dari hama atau penyakit yang berasosiasi dengan tanah sehingga tanaman anggrek bisa lebih sehat. Dalam menanam anggrek secara hidroponik, dibutuhkan media tanam sebagai tempat berjangkarnya akar anggrek seperti pakis atau sabut kelapa serta larutan nutrisi yang diberikan pada tanaman saat tanaman membutuhkan.

  1. Bunga bambu jepang

Bunga bambu jepang merupakan salah satu contoh tanaman hias hidroponik yang juga tidak asing. Bunga bambu jepang masih termasuk dalam Marga Dracaena namun bentuk batangnya lebih kecil dan ramping dengan ukuran daun lebih lebar dan lebih bulat. Bunga bambu jepang memiliki perawakan yang kecil sehingga cocok untuk ditanam dengan teknik hidroponik. Perawakannya yang kecil tersebut menyebakan bunga bambu jepang cocok dijadikan tanaman indoor untuk menghias ruangan. Sama seperti jenis dracaena yang lain, bunga mambu jepang tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan mudah tumbuh sehingga bisa ditanam dengan teknik hidroponik.

  1. Palem kuning
Tanaman Palem Kuning

Palem kuning merupakan tanaman hias dari keluarga pinang-pinangan atau Arecaceae yang berasal dari Kepulauan Madagaskar di Afrika. Di habitat aslinya, palem kuning mampu tumbuh hingga 6 meter, tetapi jika di tanam di pekarangan rumah biasanya hanya dibiarkan tumbuh hingga ketinggian 3 meter. Palem kuning termasuk tanaman hias yang mudah perawatannya sehingga cocok sebagai tanaman indoor yang ditanam dengan hidroponik. Palem kuning sebagai contoh tanaman hias hidroponik tidak membutuhkan banyak perawatan yang rumit dan khusus di samping nilai estetikanya yang unik karena keseluruhan bagian tanamannya bisa dinikmati mulai dari bentuk hingga warna tanamannya.

  1. Sirih gading

Sirih gading adalah salah satu tanaman yang termasuk dalam suku talas-talasan atau Araceae. Sirih gading sangat mudah untuk dikenali dari corak daunnya yang berwarna belang-belang kuning dan hijau. Sirih gading merupakan tanaman hias semi epifit yang dinikmati keindahan corak dan warna daunnya. Sirih gading ini termasuk tanaman hias yang bandel karena mampu tumbuh dengan subur pada berbagai media, bahkan hanya air sekalipun. Karena itulah sirih gading termasuk dalam contoh tanaman hias hidroponik. Sirih gading bisa digunakan untuk menghiasi halaman rumah sebagai tanaman hias outdoor atau tanaman hias indoor yang ditempatkan dalam pot berisi air sebagai penghias meja. Selain bandel dan mampu tumbuh dengan mudah, sirih gading juga mampu membersihkan udara dari berbagai zat polutan yang berbahaya bagi kesehatan sehingga sangat direkomendasikan untuk ditanam di rumah.

Lihat di sini berbagai jenis perlengkapan hidroponik kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA