Penyebab, Cara Mengatasi Hama dan Penyakit pada Tanaman Hidroponik

Hama dan penyakit menjadi momok yang menakutkan. Maka dari itu Anda perlu tahu penyebab serta cara mengatasi hama dan penyakit pada tanaman hidroponik, sehingga ketika  mengalami masalah serupa pada tanaman hidroponik yang Anda budidayakan, Anda bisa segera untuk mengambil tindakan pengobatan tanaman hidroponik.

Penyebab, Cara Mengatasi Hama dan Penyakit pada Tanaman Hidroponik

Ada banyak sekali penyebab timbulnya hama dan penyakit pada tanaman hidroponik, namun setidaknya ada beberapa hal yang bisa dikelompokkan menjadi beberapa kasus yang di antaranya :

1. Tanaman tumbuh kerdil dan cacat, serta daun-dun menggulung atu keriting serta batangnya lemah.

Penyebabnya adalah kutu

Cara mengatasinya ialah dengan memusnahkan atau membuang semua tanaman yang tumbuh tidak normal karena kutu ini. Namun bagi tanaman yang belum kena penyakit bisa dengan membersihkan daunnya dengan air hangat sekali seminggu. Semprot dan dan batang tanaman dengan malathion.

2. Daun berlubang-lubang

Penyebabnya adalah ulat

Cara mengatasinya bisa dilakukan penyemprotan obat serta mengamati semua tanaman dan membunuh semua ulat  yang ditemukan pada tanaman dengan obat-obatan.

 

3. Mahkota dan tangkai berubah busuk

Biasanya penyebabnya ialah jamur

Cara Mengatasi Hama dan Penyakit pada Tanaman Hidroponik dengan masalah seperti ini ialah dengan memotong atau membuang jaringan yang telah rusak / terserang. lalu periksa dengan teratur apakah medianya tidak penuh air dan apakah larutan tidak terkumpul/tergenang di tempat yang tersumbat.

4. Daun tiba-tiba berubah kuning dan layu

Penyebabnya ialah lalat putih

Pencegahan : Jauhkan tanaman dari serangan lalat putih dan tanaman bisa dibersihkan dengan air hangat dan sabun. Dapat pula disemprot dua kali dalam seminggu dengan Malathion atau Rotenone.

5. Tanaman tiba-tiba layu dan daunnya berguguran

Penyebabnya ialah tunggau putih

Cara memberantasnya dengan membersihkan semua kumpulan-kumpulan tunggau putih yang menyerupai tepung ini, semprotlah dengan Malathion, misal jika tanggaunya tidak terlihat mungkin Anda perlu loop (kaca pembesar) untuk mengetahui tanggaunya ada atau tidak.

6. Batang, daun, bunga dan buah penuh dengan lubang-lubang kecil yang merusak jaringan

Penyebanya biasanya ialah ulat penggerek

Cara Mengatasi Hama dan Penyakit pada Tanaman Hidroponik dengan kasus seperti ini ialah dengan memeriksanya di malam hari, mengingat ulat penggerek ini biasanya beraksi pada malam hari jadi Anda bisa mencarinya di malam hari dengan senter, dan jika ditemukan ambillah dengan pingset atau penjepit lalu musnahkan.

7. Ujung setiap daun rusak dan berlubang

Penyebabnya bisa jadi kecoa, atau serangga lainnya. Cara mengatasinya dengan membuang semua daun yang sudah terkena serta menyemprot pada bagian bagian yang terserang dengan Malathion atau lainnya.

Itu tadi informasi mengenai penyebab serta cara mengatasi hama dan penyakit pada tanaman hidroponik, dan semoga info di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semua.

Lihat di sini berbagai jenis perlengkapan hidroponik kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA