Daya Tarik Tanaman Hias Bonsai Serut

Salah satu tanaman yang digunakan sebagai bahan untuk membuat tanaman hias bonsai adalah tanaman serut. Tanaman in secara ilmiah dikenal dengan istilah streblus asperdengan. Daun dan batangnya yang unik. Bonsai serut menjadi tanaman hias yang harganya sangat mahal.

Bonsai serut juara dalam menambah tampilan indah taman Anda. Bayangkan saja bila ingin mendapatkan tanaman ini Anda harus merogoh kocek kisaran 2 – 6 juta rupiah untuk satu saja. Pasalnya tidak ada yang tahu harga pasnya. Di pasaran biasanya harga disesuaikan dengan bentuk dan umur dari bonsai serut tersebut. Semakin bagus dan tua biasanya malah semakin mahal harganya. Jikalau Anda termasuk penyuka tanaman hias bonsai, maka untuk menyakinkan Anda dalam berburu bonsai serut ini ada fakta menarik tentang bonsai serut yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Fakta unik pertama, bonsai serut ini mempunyai batang berwarna putih dan teksturnya keras. Secara lebih detail ukuran dari daun bonsai serut ini kecil sehingga bila berbuah ataupun berbunga sangat menawan untuk dipandang. Selain itu bonsai serut punya tunas yang dapat digunakan sebagai bakalan dalam bonsai. Meskipun minimal tuntasnya sangat mudah tumbuh. Ketika tumbuh bisa dibuat bonsai sesuai selera bentuk yang Anda inginkan.

Keunikan bonsai serut yang kedua bisa dilihat ketika musim kemarau datang. Mirip dengan pohon-pohon musim kering serut bisa menghabiskan daunnya sendiri, daunnya rontok ketika musim kemarau datang. Hal ini dilakukan seperti halnya pohon jati yang berusaha menghemat air yang dimilikinya. Hanya selang seminggu bonsai serut akan kembali tumbuh daunnya.

Ketiga, tanaman yang disebut juga sebagai bonsai serut pagar (ehrieta micriphyl) ini terkenal sebagai pohon yang hidup dalam waktu lama seperti beringin. Inilah tadi yang bisa mempengaruhi harga daripada bonsai serut.

Keempat, media tanam dari bonsai ini sebetulnya bagus menggunakan tanah gunung dengan campuran pupuk yang sepadan sehingga menghasilkan tanah yang subur untuk. Pot ataupun tempat yang digunakan untuk menanam sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Artinya bahwa ketika bonsai masih bakalan maka gunakan pot kecil, dan bila dirasa sudah cukup besar silakan dipindahkan ke pot yang lebih besar ukurannya.

Kelima, tidak usah khawatir bila bonsai Anda akan layu terkena sinar matahari. Seperti tanaman musim kemarau lainnya, bonsai ini tahan akan terik panas yang menyengat. Jadi janganlah khawatir seperti tanaman bonsai kamboja Anda, serut tidak akan mati meskipun Anda jemur seharian. Tetapi jangan seperti itu juga ya. Rawat dengan baik bonsai serut Anda agar mendapatkan tampilan tanaman hias yang maksimal.

Demikian tadi beberapa hal yang membuat serut menjadi tanaman hias yang menarik. Dengan cara perawatan yang mudah dan tidak memberatkan pemilik maka sudah sewajarnya kalau tanaman bonsai serut ini begitu diminati meski harga yang ditawarkan cukup mahal.

Setelah membuka dan membaca tadi pasti Anda akan berfikir untuk memiliki bonsai yang berasal dari jenis tanaman serut. Tidak usah berfikir panjang lagi untuk segera membeli pohon serut untuk hiasan tanam Anda.

Lihat di sini daftar tanaman bonsai kami.

Save

Save

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA