Tanaman Bonsai: Bagaimana Cara Membuatnya?

Membuat tanaman bonsai nampaknya sederhana dan mudah untuk dilakukan. Namun sebenarnya, membuat bonsai yang baik cukup sulit untuk dilakukan terutama bagi orang awam atau para pemula. Dengan kata lain, untuk mendapatkan tanaman bonsai yang baik membutuhkan waktu yang cukup lama. Waktu yang paling cepat dibutuhkan adalah sekitar dua hingga empat tahun. Namun, lamanya waktu tersebut akan tergantung pada beberapa poin salah satunya adalah jenis tanaman yang akan di budidayakan dengan bonsai. Anda bisa memperhatikan beberapa poin penting sebagai cara buat bonsai yang akan diterangkan dalam artikel ini.

Tanaman Bonsai: Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Membuat Bonsai

Jika Anda ingin membudidayakan bonsai dengan membeli bakalan bonsai dari toko bunga dan tanaman hias, sebaiknya Anda mengetahui toko yang menawarkan harga tanaman bonsai murah. Hal ini karena tanaman bonsai yang baik bukanlah tanaman yang dibanderol dengan harga yang melambung mahal. Sehingga, Anda bisa mendapatkan bakalan bonsai yang Anda inginkan tanpa merogoh kocek yang bisa menguras isi kantong Anda.

Umumnya, terdapat empat jenis ukuran tinggi dari tanaman bonsai yang dapat dipilih. Keempat jenis tersebut yaitu sedang, rata-rata, kecil, dan miniatur. Untuk jenis miniatur, tinggi bonsai berkisar 5 cm dan sudah dipersiapkan sekitar lima tahun. Untuk bonsai kecil, biasanya mempunyai tinggi sekitar 5 hingga 15 cm dan membutuhkan waktu persiapan selama sekitar 5 hingga 10 tahun. Bonsai yang berukuran sedang mempunyai tinggi sekitar 15 hingga 30 cm dan telah dipersiapkan sekitar 3 tahun. Hal yang harus digaris bawahi jika Anda ingin membuat bonsai adalah membutuhkan kasih sayang, ketelitian, ketekunan, dan kreativitas yang mumpuni.

Tanaman Bonsai: Mengetahui Gaya atau Model Bonsai

Bagi para pemula, gaya atau model bonsai yang harus dikuasai adalah berdasarkan gaya tumbuh dari tanaman yang akan dibonsai yaitu menggantung dan formal. Untuk model formal, gaya bonsai dilakukan dengan mengikuti pertumbuhan yang normal dari tanaman bonsai. Model atau gaya formal adalah tegak berliku, miring, dan tegak lurus. Tanaman yang menggunakan model tegak lurus biasanya mempunyai batang yang tegak lurus mulai dari pangkal akar hingga ke puncak batang. Tanaman ini biasanya mempunyai diameter pangkal batang yang cukup besar dan semakin keatas, ukuran batang semakin mengecil dan demikian juga dengan ranting dan cabang.

Mengetahui ciri ciri tanaman bonsai sangatlah penting karena tidak semua jenis tanaman bisa dibudidayakan dengan cara bonsai. Beberapa ciri dari tanaman bonsai adalah diameter cabang bagian bawah berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan bagian atas. Selain itu, biasanya tanaman mempunyai akar yang kuat serta menjalar ke segala arah di permukaan media tanam. Untuk ciri-ciri tanaman ini sangat cocok menggunakan gaya tegak lurus yang biasanya mempunyai jarak antar cabang yang tidak merata.

Biasanya, tanaman yang dibudidayakan dengan bonsai mempunyai jarak antar cabang yang semakin ke atas semakin rapat. Saat membentuk tanaman bonsai, Anda juga harus memperhatikan arah percabangan. Untuk membentuk gaya tegak lurus, bisa diawali dengan menentukan cabang mana yang dijadikan sebagai puncak batang. Setelah itu, batang atau cabang yang terletak diatas puncak batang yang sudah ditentukan harus dipotong. Pemotongan tersebut sebaiknya dilakukan dengan menghadap kearah belakang atau ke samping. Hal ini bertujuan agar bekas pemotongan batang tidak terlihat dari depan yang tentunya akan mengurangi nilai keindahan dari tampilan bonsai.

Baca juga: Tanaman Bonsai Untuk Dekorasi Rumah

Lihat di sini daftar tanaman bonsai kami.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA