Hidroponik Sederhana dengan Botol Bekas Air Mineral

Di sini kita akan membahas tentang metode hidroponik dengan sistem sumbu dan hidroponik sederhana dengan botol bekas. Botol yang akan kita manfaatkan adalah botol bekas air mineral yang sangat mudah ditemukan. Mulai dari sekarang jika Anda mengkonsumsi air mineral botol, silakan kumpulkan botol tersebut agar lebih bermanfaat daripada menjadi sampah.

Hidroponik sederhana dengan botol bekas

Berikut ini cara membuat media tanam hidroponik dengan menggunakan botol bekas air mineral.

Langkah pertama siapkan botol bekas air mineral, untuk ukuran botol bisa disesuaikan sendiri, di sini kita gunakan contoh botol dengan ukuran sedang.

Botol mineral bekas

Jika botol mineral sudah ada siapkan juga gunting yang akan kita gunakan untuk memotong botol tersebut, lihat pada gambar di bawah ini, potong di bagian tengah botol.

Potong dengan hati-hati agar potongan tetap lurus memutar, agar mempermudah Anda, gunakan gunting yang kecil atau sedang. Setelah terpotong menjadi dua dan bagian bawah botol akan kita gunakan sebagai penampung air atau nutrisi hidroponik. Lihat gambar di bawah ini, bagian bawah botol yang kita maksud.

Pemotongan botol di bagian tengah

Untuk langkah selanjutnya pada bagian atas botol yang tadi sudah dipotong, silakan Anda potong di bagian atas seperti gambar di bawah ini. Kira-kira yang dipotong adalah seperempat bagian atas botol.

Potong di bagian atas untuk menopang net pot

Ini dilakukan nantinya untuk menopang net pot, potong dengan hati-hati agar hasilnya lebih rapih. setelah terpotong, tutupnya Anda pisahkan karena tutup botol tidak dipakai, lihat foto di bawah ini

Setelah terpotong bagian atas botol lalu Anda siapkan net pot untuk kita letakan di bagian atas botol yang sudah terpotong tadi. Namun sebelum Anda letakkan net potnya, ukur pada botol yang sudah di potong, karena nanti akan kita lubangi bagian atas botol sesuai dengan diameter net pot agar net pot bisa terpasang, perhatikan gambar di bawah untuk mengetahui diameter net pot.

Sesuaikan dengan ukuran net pot

Perkiraan ukuran yang dipotong, perhatikan gambar di bawah

Jika sudah jadi, net pot akan masuk ke dalam botol bagian atas seperti gambar di bawah

Setelah selesai, berikutnya siapkan sumbu yang akan dipasang di bawah net pot yang akan berfungsi sebagai aliran nutrisi/air agar bisa naik ke atas, sumbu terbuat dari kain atau flanel yang mudah menyerap air, silakan letakan kain seperti contoh gambar di bawah

Jika langkah di atas sudah selesai, tuangkan air nutrisi tanaman ke dalam potongan botol bagian bawah.

Letakan net pot ke dalam potongan botol bawah yang sudah terisi air nutrisi hidroponik.

Setelah langkah diatas sudah selesai semuanya itu artinya Anda sudah berhasil membuat pot hidroponik sederhana, selanjutnya tinggal letakkan tanaman yang berada di rockwool ke dalam pot yang sudah jadi tadi.

Demikian langkah-langkah dalam pembuatan hidroponik sederhana dengan memanfaatkan botol air mineral, semoga bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba..

Contoh ilustrasi lain hidroponik sistem wicks menggunakan botol bekas tanpa net pot, selamat mencoba ๐Ÿ™‚

Lihat di sini berbagai jenis perlengkapan hidroponik kami.

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA