Spon Sebagai Media Tanam Bibit Tanaman Hidroponik

Anda dapat menggunakan spon untuk media tanam menanam bibit tanaman hidroponik, Dalam metode hidroponik ini yang pertama sebelum tanaman di tempatkan kedalam media inti seperti gelas, paralon dll.. kita bisa manfaatkan spon untuk menumbuhkan benih yang akan kita gunakan untuk tanam tanaman hidroponik.

Silakan simak caranya di bawah ini.

Siapkan spon atau busa yang akan kita gunakan untuk media semai benih, lalu potong – potong spon menjadi ukuran kurang lebih 2x2x2cm, lihat gambar di bawah.

Untuk berapa banyak spon yang dipotong silakan Anda sesuaikan saja dengan berapa banyak benih yang akan Anda tanam.

Setelah spon terpotong silakan Anda siapkan air di dalam bak lalu Anda masukan spon yang sudah terpotong-potong lalu Anda remas hinga spon basah meresap hingga kedalam.

Setelah itu siapkan media yang akan di gunakan untuk penyemaian dan setelah spon basah semua angkat spon tersebut dan letakan satu persatu ke media penyemaian tersebut.

Setelah semua spon tertata dengan rapi lalu siapkan benih yang akan di semai setelah semua bibit siap letakan bibit tersebut diatas spon, bibit bisa di letakan per satu spon dua bibit/benih tanaman.

letakan-bibit-diatas-spon
Bibit di letakan di atas media spon

 

 

Setelah semua spon sudah terisi bibit atau benih lakukan penyemprotan dengan air secara merata ke atas bibit atau benih yang berada di atas spon tersebut.

Diamkan benih tersebut selama kurang lebih 24jam. Anda bisa kontrol dan semprot dengan air untuk mencegah kering pada benih (jangan terlalu sering), setelah 24 jam bibit akan mulai tumbuh tunas.

Saat tunas tanaman mulai tumbuh

Tetap lakukan pengontrolan secara rutin agar bibit terjaga, setelah dua hari daun mulai tumbuh

Tunas sudah tumbuh daun

Untuk menjaga kelembaban pada benih atau bibit lakukan penyemprotan secara teratur pagi dan sore selama proses penyemaian masih berlangsung.

Lama penyemaian kurang lebih 7-10 hari sebelum ahirnya di pindahkan ke media hidroponik selanjutnya, Anda dapat memperkirakan saat tanaman sudah bisa untuk di pindahkan.

Berikut saat usia tanaman sudah masuk ke usia 3 minggu

Demikian sedikit informasi tentang penyemaian bibit atau benih dengan menggunakan spon atau busa, jika Anda merasa artikel ini bermanfaat bantu kami untuk share kepada semua orang melalui fb atau media sosial yang Anda gunakan, terimakasih telah mengunjungi blog kami.

Lihat di sini berbagai jenis perlengkapan hidroponik kami.

Save

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA