Jenis-Jenis Bonsai yang Banyak Diminati

Tanaman bonsai sangatlah unik dan butuh kesabaran untuk membuatnya. Tanaman yang dapat digunakan sebagai bonsai adalah tanaman yang memiliki umur hidup yang lama dan biasanya juga menggunakan tumbuhan yang berkayu, namun bisa juga menggunakan tumbuhan lainnya. Apalagi jika tanaman bonsai itu menggunakan tanaman buah-buahan, kayu-kayuan, pinus, pakis, serta tanaman yang berbunga maka akan ada nilai jual yang tinggi dan seni yang tinggi.

Jenis-Jenis Bonsai yang Banyak Diminati

Berikut jenis-jenis bonsai yang banyak digemari:

Bonsai minten, tanaman ini seringkali dijadikan tanaman pagar, tetapi sesungguhnya tanaman ini dapat dijadikan bakalan bonsai yang bagus. Dengan permukaan daun yang mengkilap, bunganya muncul secara tunggal, pada permukaan daunya bergerigi tajam, rantingnya tipis dan lurus.

Bonsai murbei, meski tanaman ini tumbuh banyak di Indonesia namun aslinya berasal dari Cina yang biasanya dibudidayakan untuk diambil daunnya sebagai pakan ulat sutra.

Bonsai nam-nam juga tak kalah unik. Keunikan itu terletak pada daunnya, pada saat muda berwarna putih atau merah tetapi setelah tua warnanya berubah menjadi hijau.

Bonsai wareng, tanaman ini dapat dijadikan bonsai meskipun biasanya digunakan untuk pagar hidup di kebun. Meski batangnya terlihat berduri dan susah untuk ditembus, tanaman ini menjadi salah satu bonsai Indonesia yang mendapatkan penghargaan internasional.

Terenggulun termasuk jenis bonsai langka karena unik dan susah untuk dibudidayakan. Melihat batangnya yang bengkok dan bercabang rendah, buahnya yang harum dan batangnya yang dapat tumbuh besar rasanya ingin menyimpannya di ruang tamu.

Bonsai sisir memiliki batang yang kokoh dan tahan terhadap pahatan walaupun batangnya berduri dan memiliki daun yang kecil tak berpengaruh terhadap batangnya yang terlihaat kokoh.

Bonsai pinus, tanaman ini cocok hidup di pegunungan. Daunnya yang berbentuk jarum menjadi daya tarik tersendiri. Jangan lupa untuk selalu memangkas pangkal daunnya agar tidak terlalu panjang.

Masih banyak lagi bonsai yang lain seperti santigi laut, serut, wahong, black pine, cemara udang, dan cemara duri. Bonsai yang paling diminati pasar internasional adalah bonsai cemara udang dan black pine bahkan banyak permintaan ekspor..

Baca juga ya: Mencari Bakalan Bonsai Serut untukTanaman Hias

Pohon bonsai dikatakan sempurna jika biasanya memiliki tinggi antara 50-60 cm, antara akar, batang, daun, dan rantingnya seimbang. Dengan keseimbangan itu maka bonsai patut untuk disebut sebagai miniature pohon besar di alam bebas. Bonsai akan mahal jika sudah memenangkan suatu lomba. Harganya berkisar 50.000.000 sampai 1 milyar bahkan bisa lebih mahal dari itu. Hal ini sangat wajar karena dilihat dari pembuatan dan perawatan hingga menghasilkan tanaman yang cantik, indah, dan terlihat seperti pohon besar yang berada di alam liar sangatlah tidak mudah. Bonsai yang berasal dari indonesia biasanya belum dapat di ekspor ke luar negri.

Bakalan bonsai biasanya hanya berharga Rp. 1.000.  namun jika sudah menjadi bonsai harganya bisa berlipat-lipat. Inilah kenapa orang-orang yang memiliki budget lebih menjadikannya sebagai usaha yang menggiurkan. Bakalan yang bagus biasanya diambil dari alam karena biasanya akan menjadi jenis bonsai termahal jika sudah mengikuti lomba. Di luar negeri juga  banyak yang telah mengembangkan usaha bonsai ini seperti di Belanda, Amerika, Singapura, Belgia, dan Prancis.

Lihat di sini daftar tanaman bonsai kami.

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA