Jenis-Jenis Tanaman Air Terbaik untuk Taman dan Kolam

Jika kamu memiliki kolam ditaman dan merasa kurang terlihat cantik jika hanya diisi dengan ikan saja, Anda bisa menambahkan beberapa tanaman air dikolam atau taman Anda agar terlihat lebih cantik dan asri. Terdapat banyak sekali pilihan tanaman air yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik kolam Anda. Ada berbagai macam bentuk dan warna yang bisa Anda pilih. Tentunya harus disesuaikan dengan kondisi kolam, lingkungan dan juga jenis ikan yang Anda pelihara agar tanaman Anda tidak rusak. Perawatan yang dilakukan juga tidak terlampau sulit dan cukup murah bagi Anda.

Untuk mencari berbagai jenis tanaman air saat ini juga tidak sulit. Sudah banyak pengusaha tanaman hias yang juga membudidayakan tanaman air ditempatnya. Hal tersebut tentu saja karena semakin banyaknya permintaan akan tanaman air yang digunakan untuk mempercantik taman dan juga kolam dirumah. Tanaman-tanaman tersebut biasanya dijual dan ditaruh didalam ember plastik yang bisa dibawa kemana saja. Tanaman air juga tergolong tanaman yang kuat dan tahan lama sehingga bisa dibawa ketempat yang jauh.

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya walau saat ini terdapat banyak pilihan yang bisa digunakan untuk mempercantik kolam Anda, namun bukan berarti semua jenis tanaman hias air tersebut bisa digunakan untuk kolam yang Anda punya. Saat ini terdapat banyak jenis tanaman air yang digolongkan menjadi tanaman oksigen, tanaman pinggir, tanaman air dalam, tanaman air mengapung, dan juga tanaman lumpur. Anda sebaiknya mengenal terlebih dahulu tanaman air yang pas dan cocok dengan kolam Anda.

Sebelum kita membahas 5 jenis tanaman tersebut, silahkan klik disini untuk melihat aneka tanaman hias yang kami jual.

5 Jenis Tanaman Air Dan Contoh-Contohnya

Berikut ini pembahasan lebih mendalam dan contoh-contoh dari jenis tanaman air yang saat ini banyak digunakan dan ada di Indonesia.

Tanaman Oksigen

Hydrilla sp.

Tanaman ini biasanya digunakan untuk melengkapi ekosistem dari kolam agar lebih natural dan memberi oksigen ke ekosistem kolam. Tanaman jenis ini biasanya tenggelam kedalam air dan juga digunakan sebagai penghias akuarium. Tanaman jenis ini terlihat lebih cantik saat dilihat dari samping akuarium. Tanaman air jenis ini juga digunakan sebagai tempat bagi ikan untuk berlindung dan menaruh telur mereka.

Contoh tanaman: Hydrilla sp.

Tanaman Pinggir (Marginal Plant)

Tanaman ini adalah jenis tanaman air yang akarnya berada didalam air sedangkan bagian lain dari tanaman tersebut mengambang atau berada dipermukaan air. Tanaman jenis pinggir (marginal plant) lebih cocok dan lebih tepat digunakan untuk kolam yang ada ditaman. Tanaman ini juga biasanya memiliki ukuran lebih besar dari jenis tanaman sebelumnya sehingga kurang cocok untuk akuarium.

Contoh tanaman: tanaman pedang (Echinodorus palaefolius), ekor kuda (Equisetum hyemale) dan lotus ( nelumbo spp)

Tanaman Air Dalam

Hampir sama dengan tanaman pinggir, namun jenis tanaman air dalam akar dan batangnya berada didalam air dan hanya daun/bunganya saja yang ada di permukaan. Tanaman ini juga lebih cocok digunakan sebagai tanaman kolam karena tanaman jenis ini lebih enak dilihat dari atas dengan bunga/daunnya yang terlihat cantik dipermukaan air.

Contoh tanaman: Teratai (Nymphaea spp)

Tanaman Air Mengapung (Floating Plant)

Azolla

Jenis tanaman hias air untuk kolam dan akuarium selanjutnya adalah tanaman air mengapung. Jika biasanya akar dari tanaman tertanam kedalam tanah, maka akar dari tanaman air mengapung hanya melayang atau mengapung didalam air. Jenis tanaman ini bisa digunakan untuk kolam atau akuarium. Contonya adalah selada air.

Contoh tanaman: selada air (Pistia stratiotes), azolla

Tanaman Lumpur (Bog Plant)

Tanaman air yang terakhir adalah jenis tanaman lumpur atau disebut juga dengan bog plant. Tanaman jenis ini ditanam atau tumbuh ditempat-tempat yang ada lumpurnya namun tidak digenangi oleh air (sedikit air).

Contoh tanaman: Keladi-keladian (Colocasia spp)

Itulah jenis dan contoh tanaman air yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik kolam atau akuarium yang Anda miliki. Sekarang saatnya Anda menentukan tanaman air mana yang ingin Anda tanam. Sesuaikan juga dengan kondisi cuaca, dan perpaduan warna yang menurut Anda terlihat cantik dan asri.

Kami juga menyediakan berbagai macam tanaman indah lainnya, silahkan klik disini untuk melihatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA