Manfaat dan Khasiat Daun Binahong dan Bagian Lain Bagi Tubuh

Saat ini daun binahong banyak dibicarakan oleh masyarakat dikarenakan khasiat dan manfaat yang ditemukan oleh tanaman obat yang satu ini. Di Indonesia sendiri masih sedikit yang mengetahui tanaman ini termasuk manfaatnya. Padahal tanaman yang satu ini memiliki manfaat dan khasiat yang sangat banyak. Manfaat dan khasiat daun Binahong bisa digunakan sebagai salah satu alternatif bahkan metode utama untuk menyembuhkan penyakit dan menjaga kondisi tubuh agar kembali seperti semula. Tentunya lebih murah dan jauh lebih alami.

Biasanya tanaman ini dibuat sebagai seduhan teh untuk diminum, atau bisa juga digunakan sebagai obat luka luar. Tidak hanya daunnya yang bermanfaat dan berkhasiat, bagian lain dari tanaman ini juga memiliki khasiat contohnya adalah umbinya. Saat ini juga sudah ada beberapa produk yang menjual Binahong dalam bentuk kapsul atau dalam kemasan lainnya.

Silahkan klik disini untuk melihat aneka tanaman binahong yang kami jual.

Mengenal Tanaman Binahong

Mungkin Anda tidak mengetahui atau baru mendengar nama dari tanaman ini. Tanaman Binahong adalah tanaman yang berasal dari negara Korea dan juga beberapa daerah lain seperti daerah Afrika dan juga Madagaskar dan sering dijadikan sebagai tanaman hias dipekarangan atau halaman rumah. Kebanyakan tanaman ini ditemukan di hutan tropis basah atau didaerah rawa-rawa, pinggir sungai dan diantara bebatuan. Binahong juga sering ditemukan tumbuh menjalar ditanaman lain atau dipohon-pohon secara melingkar. Daun dari binahong hampir berwarna transparan saat baru tumbuh dan berwarna sedikit coklat, kemudian akan berubah menjadi hijau tua saat sudah tumbuh beberapa waktu lamanya.

Tanaman ini ternyata juga sudah lama digunakan sebagai tanaman herbal alami oleh para ahli obat tradisional Tiongkok untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti darah rendah, sesak nafas dan penyakit lainnya. Tanaman ini sangat mudah untuk tumbuh dan ditanam dipekarangan rumah dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit sehingga sangat dianjurkan untuk dimiliki dirumah Anda.

Zat yang Ada pada Binahong

Menurut penelitian yang dilakukan, daun binahong ternyata mengandung beberapa zat yang bermanfaat dan berguna untuk kesehatan, diantaranya adalah:

Saponin

Zat ini memang sudah umum sebagai zat yang berguna untuk kesehatan. Kandungan zat saponin juga ada di beberapa tanaman obat alami lainnya. Senyawa ini berguna untuk menurunkan kadar kolestrol dan juga dapat menyehatkan jantung.

Zat Antioksidan

Antioksidan merupakan zat-zat yang mampu menangkal dan juga menanggulangi radikal bebas didalam tubuh yang bisa memicu kanker. Biasanya zat ini juga ada di beberapa jenis tanaman dan buah lain seperti sissak dan manggis.

Alkaloid

Zat ini juga terdapat di daun binahong yang berguna dan umum digunakan oleh penderita diabetes. Zat ini bisa dan dapat menurunkan kadar gula darah yang berlebih didalam tubuh.

Manfaat Dan Khasiat Dari Daun Binahong

Kebanyakan daun binahong diolah menjadi air rebusan atau dihidangkan seperti teh. Manfaat dan khasiat daun binahong untuk pengobatan antara lain:

  • Kencing manis
  • Sesak nafas
  • Tekanan darah rendah
  • Menbantu memulihkan stamina
  • Penyakit paru-paru
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Mencegah dan mengurangi resiko stroke
  • Mengatasi pembekuan darah serta peradangan
  • Mencegah asam urat
  • Penyakit ambient (wasir)
  • Gangguan atau sakit kepala
  • Menjaga imunitas tubuh
  • Memulihkan kesehatan setelah operasi dan melahirkan
  • Mengurangi arthritis

Manfaat Dari Umbi Binahong

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tidak hanya daun Binahong saja yang memiliki manfaat dan khasiat sebagai obat herbal alami. Bagian lain seperti umbi Binahong juga bermanfaat dan memiliki khasiat obat. Manfaat dan khasiat umbi Binahong antara lain dapat mencegah stroke, sakit pinggang, penyakit tifus, menghilangkan bisul, dan juga penyakit asam urat.

Penyajian: Rimpang atau umbi dicuci setelah itu diperam dan kemudian direbus dengan air.  Diamkan hingga dingin dan disaring hasilnya. Lakukan selama 2 hingga 3 kali sehari.

Adakah Efek Samping Dari Daun Binahong?

Manfaat dan khasiat daun Binahong memang tergolong banyak dan bermanfaat, namun adakah efek samping dari daun atau tanaman ini terutama jika dikonsumsi dengan jangka waktu yang cukup lama.

Dalam daun binahong juga terdapat zat efedrin yang terkait dengan gangguan otot dan tekanan darah tinggi. Daun binahong juga memiliki efek samping yang bisa membuat pusing, kurang nafsu makan, mual dan jantung yang berdebar. Efek ini tidak terjadi secara umum namun tergantung dari kondisi fisik masing-masing pengguna.

Daun binahong sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui karena kurang baik bagi keduanya. Juga jangan campurkan daun binahong dengan zat kafein seperti kopi, kacang kola dan juga teh.

Jangan lupa klik disini untuk melihat aneka tanaman binahong yang kami jual. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Maaf mengganggu, apakah Anda ingin diinfokan setiap ada promo yang berlangsung? Jika YA, silahkan daftarkan email Anda sekarang.

Daftarkan Sekarang 
close-link