Jenis-jenis Tanaman Sayur dan Bagian yang Dapat Dimanfaatkan

Sayuran yang ditanam bertujuan untuk dimanfaatkan bagian-bagiannya sebagai kebutuhan bahan makanan. Untuk itu, tanaman sayur dapat dibedakan berdasarkan bagian yang dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Pembagian jenis tanaman sayuran berdasarkan morfologi yang dapat dimanfaatkan adalah sayuran akar atau umbi, sayuran batang dan tangkai, sayuran daun, sayuran buah, dan sayuran bunga. Berikut penjelasan jenis-jenis tanaman dan bagian yang dapat dimanfaatkan.

Jangan lupa klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman sayuran yang kami jual.

Jenis-jenis Tanaman Sayur dan Bagian yang Dapat Dimanfaatkan

1.Sayuran Akar dan Umbi

Bagian paling bawah dalam tanaman sayuran yang dapat dimanfaatkan adalah akar dan umbinya yang biasanya terdapat di dalam tanah, tidak beruas dan berbuku. Sayuran jenis ini biasanya ditanam untuk dikonsumsi pada bagian akar atau umbinya.

Beberapa contoh sayuran yang dimanfaatkan akar dan umbi nya adalah wortel, lobak, kentang, radish dan bawang.

2. Sayuran Batang

Batang merupakan sumbu tanaman sebagai tempat semua organ lain bertumpu dan tumbuh. Pada bagian ini akan tumbuh bagian buku dan ruas sebagai tempat menempelnya daun dan tangkai. Daun dianggap sebagai perkembangan lanjutan dari batang untuk menjalankan fungsi yang lebih khusus.

Beberapa contoh sayuran yang dimanfaatkan batangnya adalah tebu, rebung, asparagus, kailan dll

3. Sayuran Daun dan Tangkai

Daun dapat tumbuh dari ranting dan tangkai, biasanya daun berwarna hijau karena mengandung klorofil yang berfungsi sebagai penangkap energi dari cahaya matahari untuk fotosintesis. Tanaman sayur yang diambil pada bagian daun dan tangkai nya dapat dimakan langsung sebagai lalapan atau dimasak. Sayuran jenis ini biasanya ditanam di sekitar rumah selain sebagai hiasan juga dapat dikonsumsi.

Contoh sayuran yang dimanfaatkan daun atau tangkainya adalah kangkung, bayam, kemangi, selada, petsai, seledri, sawi, dll.

4. Sayuran Buah

Buah merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah atau ovarium. Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yaitu sebagai pemencar biji tumbuhan. Disebut sayuran buah karena tanaman ini ditanam untuk diambil buahnya.

Pada tanaman sayur buah biasanya sering dimanfaatkan untuk dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan nutrisi dan mineral tubuh manusia.Β Buah dari sayuran tersebut biasanya dapat langsung dimakan atau dimasak dan ditumis, sebagai lalapan, atau campuran lauk dan sambal.

Contoh sayuran yang dimanfaatkan buahnya adalah antara lain buncis, cabai,Β terung, tomat, labu siam, mentimun, pare.

5. Sayuran Bunga

Bunga atau disebut juga kembang merupakan alat reproduksi pada tumbuhan berbunga magnoliophyta dan angiospermae, (tumbuhan berbiji tertutup). Didalam bunga terdapat benang sari dan putik. Pada tanaman sayur berbunga yang sering dimanfaatkan untuk disayur dan dimakan adalah bunga nya.

Contoh sayuran yang dimanfaatkan bunganya adalah bunga turi, brokoli, kobis bunga, tebu telur dan bunga kol.

6. Sayuran Biji

Sayuran biji dan kacang-kacangan memiliki kandungan minyak yang tinggi sehingga sulit dicerna jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Biasanya sayuran biji dapat dikonsumsi dalam bentuk dimasak atau dibakar. Jenis tanaman sayur yang dapat dimanfaatkan dari biji yang dihasilkan untuk dikonsumsi adalah kacang tanah, pete, kenari dan bunga matahari.

Itulah penjelasan mengenai jenis tanaman sayur dan bagian yang dapat dimanfaatkan untuk kita konsumsi. Bagian tanaman sayur yang dimakan bukan dimakan untuk pencuci mulut saja, namun bisa dimasak dahulu, kecuali Anda memakannya untuk lalaban. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Silahkan klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman sayuran yang kami jual.

26 thoughts on “Jenis-jenis Tanaman Sayur dan Bagian yang Dapat Dimanfaatkan

  1. Lope says:

    Thanks y aku jadi mudah mengerjakan pr ku 😘😘😘😘😘😘😘😘😘😘😘😘😘😘😘

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA