5 Manfaat Buah Dewandaru yang Tidak Terduga

Anda pernah melihat buah sebesar ceremai namun berwarna-warni cerah dari mulai merah, orange, kuning, dan hijau? Itulah buah dewandaru. Di beberapa daerah, buah dewandaru juga dikenal dengan nama ceremai belanda, asam selong, atau belimbing londo.

Nama ilmiahnya Eugenia uniflora L., buahnya berdiameter 1,5-2 cm dengan tinggi tanaman dapat mencapai 5 meter. Daunnya lonjong dengan ujung meruncing. Banyak ditemukan di  pulau Jawa dan Sumatera.

Silahakan klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman buah dewandaru yang kami jual.

5 Manfaat Buah Dewandaru yang Tidak Terduga

Selain indah dipandang buahnya jika ditanam di taman depan rumah, ternyata khasiatnya pun tidak kalah banyak. Anda tentu ingin tahu kan apa saja manfaat buah dewandaru yang cantik ini? Mari lanjutkan membaca.

  1. Mengobati Diare

Buah dewandaru memiliki biji yang aman digunakan sebagai obat diare, walaupun kecil bentuknya dan sedikit keras.

Diare disebabkan oleh bakteri yang menyerang usus sehingga menjadi infeksi. Biji buah dewandaru memiliki manfaat anti kuman yang dapat memerangi bakteri-bakteri penyebab diare tersebut sehingga usus dapat bekerja dengan normal kembali.

Jika ada anggota keluarga yang diare, Anda dapat mencoba memberikan buah dewandaru sambil dimakan bijinya. Hal ini cukup aman asalkan sebelumnya buah dicuci terlebih dahulu sehingga tidak ada bakteri jahat tambahan yang menyerang usus.

  1. Kaya Akan Antioksidan

Buah dewandaru yang berwarna menyala ini juga mengandung berbagai antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas dalam tubuh. Anda tentu sudah sering mendengar bukan bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan tanda penuaan hingga memicu kanker?

Beberapa antioksidan yang dikandung buah dewandaru antara lain karotenoid, vitamin A, likopen, serta beberapa senyawa fenolik lainnya. Zat antioksidan ini sangat baik untuk mencegah kerusakan sel yang bisa terjadi di dalam tubuh.

Apalagi jika Anda tinggal di tempat yang padat dengan asap rokok, serta berbagai jenis makanan yang mengandung zat aditif yang dapat memicu peningkatan kadar radikal bebas dalam tubuh, tentunya buah dewandaru akan dapat membantu sekali.

  1. Mengatasi Nyeri

Bagian daun dewandaru ternyata memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat berfungsi untuk mengatasi nyeri pada otot dan tulang seperti rematik misalnya. Minyak astiri di dalam daun dewandaru ini dapat dikatakan berperan sebagai analgesik (penghilang rasa sakit).

Pengolahan daunnya pun sangat mudah. Anda tinggal memetik 10-15 lembar dan merebusnya dengan 3 gelas air. Biarkan hingga air mendidih dan berkurang menjadi hanya kira-kira 1 gelas air, kemudian minumkan air tersebut kepada keluarga yang menderita rematik.

  1. Kaya Akan Astringent

Astingent merupakan zat yang memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi pembengkakan dalam tubuh dengan cara memperkecil selaput lendir, menghilangkan iritasi kulit akibat jamur dan serangga, serta sebagai bahan baku produk kecantikan untuk mengencangkan kulit.

Buah dewandaru dapat dimanfaatkan untuk berbagai manfaat tersebut,  apalagi astringent alami dari buah dewandaru tidak mengandung alkohol seperti pada kosmetik sehingga aman untuk digunakan.

  1. Sebagai Pencegah Kanker

Walaupun hingga saat ini masih terus diteliti, buah dewandaru sangat potensial menjadi pencegah kanker, apalagi dengan kandungan antioksidannya yang tinggi.

Kanker merupakan penyakit akibat pertumbuhan sel secara cepat dan tidak terkontrol yang diakibatkan oleh radikal bebas. Antioksidan pada buah dewandaru dapat menstabilkan pertumbuhan kanker dengan melawan radikal bebas yang ingin menyerang tubuh.

Nah, sekarang Anda sudah tahu lebih banyak bukan, mengenai berbagai macam manfaat buah dewandaru? Cara menanamnya juga sangat mudah lho, apalagi di negeri tropis seperti negara kita ini. Yuk,mulai menanam buah dewandaru di kebun depan rumah.

Jangan lupa cek disini untuk melihat bibit tanaman buah dewandaru yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA