Jenis Tanaman Buah yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik

Sebelumnya kita telah membahas jenis tanaman sayur yang bisa ditanam secara hidroponik, kini saatnya Anda untuk mengetahui jenis tanaman buah apa saja yang bisa dibudidayakan secara hidroponik. Secara umum contoh tanaman buah yang bisa diterapkan dengan teknik hidroponik adalah yang memiliki batang lunak dan kecil.

Macam-macam Tanaman Buah Hidroponik

Seperti kita ketahui, ada tanaman yang bisa tumbuh secara maksimal dengan teknik hidroponik dan ada pula yang tidak. Nah, beberapa jenis tamanan buah yang akan dibahas berikut ini bisa tumbuh dengan maksimal ketika ditanam menggunakan teknik hidroponik. Berikut jenis buah yang bisa ditanam secara hidroponik. Namun sebelum itu, silahkan klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman hidroponik yang kami jual secara lengkap.

1.Tanaman Pepaya Hidroponik

Menanam pepaya kini bisa Anda lakukan pada media pot berukuran 90 dan berdiameter 60cm, jenis buah pepaya yang bisa Anda tanaman menggunakan metode hidroponik adalah varietas pepaya california karena memiliki batang yang tidak terlalu tinggi, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin menanam pepaya dalam pot.

Budidaya pepaya secara hidroponik harus memperhatikan kebutuhan nutrisi tanaman dalam pot agar selalu terpenuhi, selain itu Anda juga perlu perlakuan khusus pada tumbuhnya pepaya itu sendiri yaitu dengan teknik pemangkasan pucuk daun.

Baca juga: Cara Menanam Pepaya California dalam Pot

2. Tanaman Strawberry Hidroponik

 

Tanaman buah selanjutnya yang bisa ditanam secara hidroponik adalah Strawberry. Ada tiga cara yang bisa Anda terapkan dalam menanam buah Strawberry Hidroponik yaitu, menanam melalui tanaman eksiting, menanam dari sulur atau stolon dan menanam strawberry dari benih yang disemai. Untuk lebih jelas nya Anda dapat membaca panduan budidaya strawberry hidroponik di sini.

3. Tanaman Melon Hidroponik

Selain beberapa sayuran dan buah-buahan seperti Tomat, Pepaya dan Strawberry, kini teknik budidaya buah Melon secara Hidroponik juga mulai dikembangkan. Buah Melon merupakan jenis tanaman semusim dengan ciri khas batang merambat. Jadi sebelum buah melon yang Anda tanam membesar maka harus disediakan tempat rambatannya.

Yang perlu Anda perhatikan dalam perawatan melon hidroponik adalah memangkas tunas-tunas yang tidak perlu agar tidak menggangu pertumbuhan dan pembesaran buah. Selain itu, untuk perkembangannya buah Melon butuh sinar matahari yang cukup, jadi supaya menghasilkan buah dengan kualitas terbaik dibutuhkan paparan sinar matahari secara langsung.

4. Tanaman Semangka Hidroponik

Tanaman semangka merupakan jenis tanaman yang dikembangkan menggunakan media tanah. Kini setelah cara tanam Hidroponik semakin populer Anda dapat membudidayakan Semangka menggunakan media tanam dan air nutrisi. Teknik budidaya menyemai Semangka Hidroponik juga sangat mudah dipelajari dan dipraktekkan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Untuk memelihara Semangka Hidroponik yang harus Anda pastikan adalah media air benar-benar terbebas dari hama dan penyakit. Lakukan pembersihan gulma dan berikan pupuk susulan agar pertumbuhan tanaman berjalan optimal. Selain itu Anda juga dapat menggunakan beberapa jenis pupuk cair seperti urea cair atau kompos cair sesuai takaran yang dianjurkan.

5. Tanaman Cabe Hidroponik

Cabe atau cabai adalah sejenis tanaman buah dan tumbuhan genus Capsicum, Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana Anda menggunakan nya. Menanam cabe secara hidroponik mungkin sudah sangat familiar dan sudah banyak dilakukan petani. Walaupun kekurangan menanam cabai hidroponik ada di sisi perawatan dimana Anda harus rutin mengontrol kadar air dan memberi larutan nutrisi secara teratur.

Cabai hidroponik

Lebih lengkap bisa dibaca di artikel sebelumnya Cara Menanam Cabe Hidroponik

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis buah apa saja yang dapat Anda tanam menggunakan teknik hidroponik, semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada pertanyaan, Anda dapat memberikan nya melalui komentar di bawah. Selamat mencoba.

Silahkan klik disini untuk melihat berbagai macam tanaman hidroponik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Maaf mengganggu, apakah Anda ingin diinfokan setiap ada promo yang berlangsung? Jika YA, silahkan daftarkan email Anda sekarang.

Daftarkan Sekarang 
close-link