Jenis Tanaman Sayur yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik

Menanam tanaman dengan metode hidroponik merupakan salah satu cara yang sering dilakukan banyak orang, terutama bagi yang memiliki lahan sempit. Tanaman yang ditanam menggunakan sistem hidroponik akan terlihat lebih segar dan bersih, hal ini dikarenakan sistem penanaman secara hidroponik tidak menggunakan tanah melainkan menggunakan media tanam inert dan air nutrisi.

Pada umumnya jenis tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik adalah tanaman yang berbatang lunak, tetapi tidak menutup kemungkinan, batang yang keras juga bisa ditanam dengan metode hidroponik. Walaupun nantinya akan ada tanaman yang bisa tumbuh secara maksimal dengan teknik hidroponik dan ada pula yang tidak tumbuh maksimal.

Macam-macam Tanaman Hidroponik

Nah, ada beberapa jenis tamanan sayur yang  dapat ditanam secara hidroponik yang nantinya bisa tumbuh cepat, besar dan sehat. Berikut kami rangkum jenis tanaman sayur- sayuran apa saja yang bisa ditanam secara hidroponik.

1. Selada

Tanaman sayur yang satu ini sering ditanam dengan teknik hidroponik. Karena, selada akan tumbuh dengan subur ketika ditanam secara hidroponik. Selain itu, selada tidak membutuhkan perawatan ekstra yang menyita waktu lama. Ketika bibit selada Anda semai, dalam waktu 1 minggu akan tumbuh dua lembar daun selada dengan cepat.

Selada akan semakin cepat tumbuh setelah dipindahkan ke media utama dan diberi air nutrisi. Nah, karena selada dapat tumbuh dengan cepat dengan teknik hidroponik, maka tak ada salahnya jika Anda menanam selada hidroponik.

2. Mentimun

Mentimun merupakan tanaman yang menjalar, kendati demikian Anda juga dapat menanam timun dengan cara hidroponik. Untuk menanam timun hidroponik dibutuhkan perhatian ekstra agar timun berhasil tumbuh dengan cepat dan subur. Selain itu, dibutuhkan juga asupan cahaya matahari yang baik. Jadi, ketika Anda menanam timun di dalam rumah kaca, maka yang Anda harus pastikan timun-timun tersebut memperoleh cahaya matahari yang cukup.

Setelah timun hidroponik tumbuh cukup membesar Anda perlu mempersiapkan tempat yang lebih luas. Hal ini dilakukan agar timun tidak rusak dan bentuknya tetap sempurna. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menggunakan botol plastik yang besar atau menggunakan media tanam hidroponik yang lainnya. Artikel terkait : 11 macam media tanam inert untuk tanaman hidroponik.

3. Bayam Hijau dan Bayam Merah.

Jika menanam bayam hijau sudah biasa dan sering dilakukan banyak orang, maka Anda juga dapat mencoba menanam bayam merah dengan cara hidroponik. Sekarang sudah banyak beredar bayam cabut yang memiliki batang dan daun berwarna merah, atau cenderung kecoklatan, Bayam merah ini dapat menjadi tambahan pilihan tanaman yang akan Anda tanam secara hidroponik.

Bayam hidroponik

4. Kangkung

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas cara menanam kangkung hidroponik tanaman kangkung sangat mudah untuk dibudidayakan dengan cara hidroponik karena tidak membutuhkan perlakuan khusus. Selain itu kangkung juga akan terlihat segar dan bersih tanpa adanya binatang pacet atau lintah yang berbahaya.

Kangkung hidroponik

5. Sawi atau Pakcoy

Sama halnya dengan bayam dan kangkung, tanaman berdaun hijau ini juga sangat mudah dibudidayakan dengan cara hidroponik. Selain itu, sawi juga cepat tumbuh dan lebih gurih rasanya jika ditanam menggunakan metode hidroponik.

Sawi hidroponik

6. Tomat

Budidaya tanaman tomat hidroponik relatif mudah tergantung bagaimana Anda merawatnya. Menanam tomat hidroponik memungkinkan untuk membesarkan buah tomat dalam lingkungan yang terkendali dengan sedikit resiko penyakit, pertumbuhan yang lebih cepat, dan hasil buah yang lebih besar.

Tomat hidroponik

7. Cabai

Tanaman cabe bisa Anda tanam dengan cara hidroponik, cabai memiliki sifat yang sangat toleran terhadap perubahan cuaca, iklim dan suhu. Tanaman cabe bisa ditanam pada dataran rendah, menengah sampai tinggi dan bisa tumbuh dengan baik pada musim hujan maupun kemarau.

Cabai hidroponik

8. Bawang Merah

Bawang merupakan bumbu dapur yang sering digunakan, tanaman ini bisa Anda tanam dengan cara hidroponik. Salah satu seorang penghobby hidroponik berhasil membudidayakan bawang merah hidroponik yakni Bu Petty Fathiyah, tanaman bawang hidroponik dapat tumbuh dengan sangat baik, subur, berumbi banyak dan besar.

Bawang merah hidroponik

9.  Wortel

Wortel adalah salah satu jenis tanaman sayur yang kaya akan vitamin A untuk kesehatan mata. Tanaman wortel dapat ditanam dengan cara hidroponik. Namun Anda harus mempersiapkan media khusus agar tanaman ini dapat tumbuh besar, selain itu tanaman sayur wortel ini juga membutuhkan suhu optimum sekitar 15 – 210 derajat celcius. Suhu tersebut dapat mempengaruhi tingkat pertumbuhan akar dan begitu juga pada bagian atas tanaman.

Wortel hidroponik

10. Kentang

Kentang adalah tanaman sayur yang berasal dari umbi-umbian, kaya akan serat yang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kini menanam kentang tidak hanya dapat dilakukan pada tanah luas saja. Tetapi budidaya tanaman kentang bisa dilakukan secara hidroponik dan menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang minim lahan.

Kentang hidroponik

Demikianlah informasi mengenai tanaman sayur yang dapat ditanam menggunakan cara hidroponik yang dapat Anda terapkan di rumah, semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Online, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung 😘