Cara Menanam Pepaya California dalam Pot

Cara Menanam Pepaya California dalam Pot – Pepaya California adalah salah satu varietas pepaya hasil pemuliaan oleh tim Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT) di Institut Pertanian Bogor (ITB). Namun, buah pepaya ini lebih dikenal dengan sebutan “pepaya california” sehingga tidak heran jika banyak orang yang terkecoh dan mengira jikalau buah pepaya ini termasuk buah impor.
Menanam pepaya sebenarnya sangat mudah dilakukan bagi siapa saja karena pepaya merupakan tanaman yang sangat mudah tumbuh. Secara umum, menanam buah pepaya cukup sederhana, dengan menabur benih pepaya di tanah yang gembur maka dalam beberapa hari akan muncul anakan pepaya. Saat ini banyak petani dan pekebun yang membudidayakan varietas pepaya california karena daging buahnya yang tebal dan rasanya yang manis dan dapat disimpan lebih lama.
Silahkan klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman buah pepaya yang kami jual.

Manfaat Buah dan Biji Pepaya

Buah pepaya memiliki banyak manfaat karena mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, pepaya juga dapat memperlancar pencernaan bagi yang susah buang air besar. Selain itu, biji buah pepaya juga berkhasiat sebagai antioksidan dalam darah dan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Biji pepaya memiliki efek hipolipidemia untuk terapi hiperlipidemia yang disebabkan oleh kadar lemak nabati atau kolesterol dalam jumlah terlalu tinggi karena ekstrak biji tersebut berisi kandungan alkaloid, antrakuinon, flavonoid, tanin, saponin dan antosianin.
Cara menkonsumsi biji pepaya adalah dengan cara diblender dan disajikan seperti minuman jus pada umumnya, atau dengan cara diseduh seperti menyeduh kopi setelah terlebih dahulu dikeringkan dan diblender.

Pemilihan Benih Pepaya

Menanam pepaya menggunakan metode hidroponik harus memperhatikan kebutuhan nutrisi tanaman dalam pot agar selalu tercukupi, selain itu perlu perlakuan khusus pada tumbuhnya pepaya itu sendiri yaitu dengan teknik pemangkasan pucuk daun. Pepaya california akan tumbuh tidak terlalu besar dan tinggi, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin menanam pepaya dalam pot. Sebelum menanam pepaya dimulai lakukan dulu penyemaian terhadap benih biji pepaya, berikut cara penyemaian biji pepaya.

Cara pertama : Penyemaian menggunakan kertas tisu atau kain lembab

  1. Biji pepaya harus direndam semalam menggunakan air hangat kuku.
  2. Ambil biji yang tenggelam dalam air saja, lalu tiriskan menggunakan saringan.
  3. Siapkan kertas tisu atau kain yang lembab, kemudian biji di bungkus menggunakan tisu tersebut dan basahi dengan air agar terjaga kelembaban biji.
  4. Masukan biji yang sudah dibungkus tadi ke dalam plastik klip dan tutup rapat.
  5. Letakkan di tempat yang terkena cahaya matahari, namun jangan terlalu terik, suhu yang diperlukan untuk perkecambahan biji pepaya kurang lebih 30C
  6. Jaga kelembaban benih dengan menyemprotkan air. Setelah kurang lebih 7-12 hari biji pepaya akan mulai berkecambah.
  7. Biji sudah bisa disemai kedalam media polybag

Cara kedua : Penyemaian menggunakan kantong plastik yang ditiup.

  1. Biji pepaya direndam semalam menggunakan air hangat kuku.
  2. Ambil biji yang tenggelam dalam air, lalu tiriskan.
  3. Masukan biji pepaya ke dalam kantong plastik berukuran 1 kg kemudian ditiup.
  4. Lalu ikat plastik menggunakan karet agar tidak ada udara yang masuk ataupun bocor.
  5. Setelah 7-12 hari biasanya biji sudah mulai berkecambah
  6. Biji sudah bisa disemai kedalam media polybag

Cara Menanam Pepaya California dalam Pot secara Hidroponik

Silahkan klik disini untuk melihat aneka pot yang kami jual.

1. Siapakan wadah atau pot besar ukuran no 90 berdiameter 60cm. pastikan di dasar bawah pot tidak ada lubang, jika memiliki wadah yang berlubang tutup lubang dengan campuran pasir dan semen atau plastik yang dilelehkan.

2. Buatlah lubang disamping pot kira-kira dari dari dasar sekitar 20cm, untuk batas nutrisi.

3. Isi pot dengan batu bata/ kerikil atau pecahan genting tujuannya supaya akar bisa mencengkeram kuat dan pohon tidak goyang/ roboh.

4. Pasang pipa paralon secara vertikal di dalam pot, disamping memiliki fungsi agar akar dapat bernafas medapat suply oksigen dan juga dapat digunakan untuk mengecek ketinggian sisa nutrisi.

5. Masukkan media tanam berupa campuran cocopeat/cocofiber dan sekam bakar dengan perbandingan 2:1. Saat pepaya berusia 1 bulan kira-kira setinggi 30cm. Pucuknya dipangkas. Lalu seminggu kemudian dipindah ke pot besar.

6. Jangan lupa mengecek dan menambah isi nutrisi sampai batas lubang dengan nutrisi buah 1200ppm, Saat berbunga mulai kasih nutrisi 1500 dan Saat berbuah mulai kasih nutrisi 1800 ppm.

Setelah usia tanaman pepaya california memasuki 8 atau 9 bulan, biasanya sudah mulai ada buah yang matang. Pada saat itu musim panen pertama sudah bisa dilakukan. Buah siap yang panen sebaiknya adalah buah yang tingkat kematangannya tidak lebih dari 25%, hal ini bertujuan agar menghindari kerusakan pada saat pengangkutan. Setelah panen pertama, buah pepaya california bisa dipanen hingga empat kali dalam satu bulan atau seminggu sekali. Jika kondisi tanaman dalam keadaan baik dan sehat, pepaya california mampu berproduksi hingga 4 sampai 5 tahun. Demikian cara menanam pepaya california, semoga bermanfaat.
Silahkan klik disini untuk melihat aneka bibit tanaman buah pepaya yang kami jual
Untuk bibit tanaman buah lainnya bisa klik disini.
Aneka pot tanaman klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Maaf mengganggu, apakah Anda ingin diinfokan setiap ada promo yang berlangsung? Jika YA, silahkan daftarkan email Anda sekarang.

Daftarkan Sekarang 
close-link