7 Jenis Tanaman Hias Bunga yang Cocok Ditanam di Dataran Rendah

Bagi Anda para pecinta tanaman hias atau bahkan bagi pemula yang baru memulai belajar bercocok tanam, tentunya sangat perlu mengetahui jenis-jenis bunga apa saja yang sesuai ditanam di daerah lingkungan Anda. Hampir semua jenis tanaman hias bisa tumbuh dengan baik di daerah dataran tinggi, namun beda halnya dengan daerah panas dataran rendah.

Dataran rendah sendiri merupakan daerah dengan tingkat ketinggian 200 m dpl dan suhu berkisar antara 23-28°C sepanjang tahun.

Baca juga: 11 Daftar Edible Flowers (Bunga yang Bisa Dimakan)

Anda mungkin telah mencoba beberapa kali menanam bunga dengan berbagai teknik namun tetap saja tanamannya tidak tumbuh dengan baik atau bahkan tak kunjung berbunga. Barangkali jenis bunga yang Anda tanam memang dari sananya tidak cocok untuk ditumbuhkan di daerah yang beriklim panas.

Nah, berikut kami sarankan jenis-jenis bunga yang relatif tumbuh baik jika ditanam di daerah dataran rendah:

1. Heliconia (Bunga Hias Pisang Bali)

Heliconia tumbuh baik pada daerah dengan kebutuhan sinar matahari penuh dan tanah yang subur.

Heliconia atau di luar negeri dikenal sebagai False Bird-of-Paradise dan Lobster Claws, di Indonesia sendiri dikenal sebagai pisang bali dan pisang betet. Tanaman ini aslinya berasal dari daerah tropis Amerika Tengah dan Selatan serta beberapa spesies ditemukan di pulau-pulau Pasifik Barat. Klik disini untuk melihat aneka produk tanaman heliconia yang kami jual.

Bentuk bunganya yang unik dan warnanya yang cerah (perpaduan warna merah, jingga, kuning, dan hijau) menjadikan bunga ini cocok ditanam di pekarangan rumah. Bunganya terususun berselang-seling secara teratur di sepanjang tangkainya.

2. Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus)

Bunga kembang sepatu tersebar luas di daerah tropis dan subtropis sehingga tidak heran jika ia mampu tumbuh baik di daerah dataran rendah.

Bunga yang satu ini sudah pasti tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Mahkota bunganya mekar besar dengan berbagai warna-warna cerah seperti merah, kuning, jingga hingga perpaduan beberapa warna. Terdiri dari lima tepal dan terusun rapi membentuk mahkota bunga. Kembang sepatu juga ditandai dengan benang sari yang telihat jelas. Klik disini untuk melihat aneka produk tanaman hibiscus / kembang sepatu yang kami jual.

3. Soka

Soka juga banyak djumpai tumbuh dan mekar dengan cantik di daerah yang bersuhu panas.

Soka atau Asoka bisa menjadi pilihan tepat untuk ditanam bagi Anda yang tinggal di daerah dataran rendah. Bunganya yang tersusun secara bergerombol ini akan menghiasi perkarang rumah. Warnanya juga cerah dan mampu menarik perhatian, tidak hanya bagi manusia tapi juga serangga seperti kupu-kupu dan lebah penghasil nektar. Klik disini untuk melihat aneka produk tanaman bunga soka yang kami jual.

4. Portulaca

Bunga yang juga dijuluki sebagai moss rose ini juga tumbuh baik bahkan di daerah yang bersuhu panas.

Bunga portulaca tergolong salah satu jenis bunga yang banyak ditemukan tumbuh di daerah tropis. Bunga yang tumbuh pendek ini biasanya dijadikan sebagai penutup tanah. Warnanya bervariasi seperti merah, kuning, hingga oranye dan memiliki mahkota bunga yang lembut. Klik disini untuk melihat aneka produk tanaman bunga portulaca yang kami jual.

5. Mawar

Mawar bisa tumbuh di berbagai daerah termasuk dataran rendah.

Tanaman bunga yang populer karena aromanya yang khas ini memang tidak sulit untuk dibudidayakan. Mawar bisa tumbuh di berbagai daerah termasuk dataran rendah. Biasanya terdiri dari 5 daun mahkota dengan warna-warna yang sangat menarik. Tersedia berbagai mawar lokal yang bisa dijadikan piihan untuk taman Anda.

Mawar sendiri sangat populer dijadikan bunga potong. Selain itu, aromanya yang harum bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan parfum, kue, teh, hingga selai. Klik disini untuk melihat aneka produk tanaman bunga mawar yang kami jual.

6. Zephyranthes/Rain Lily

Tanaman berbunga cantik ini juga dikenal dengan nama bunga lili peri, rain lily, atau bunga zephyr.

Zephyrantes bisa melengkapi daftar tanaman hias bunga yang bisa ditanam di daerah dataran rendah. Bunga zephyrantes biasanya terdiri dari 6 daun mahkota yang tumbuh meruncing pada pangkal. Warnanya beragam seperti pink, putih hingga kuning. Aromanya pun sangat lembut dan manis. Bunga ini ditandai dengan bentuk daunnya yang memanjang seperti pita, berwarna hijau gelap dan mengkilap. Klik disini untuk melihat aneka produk tanaman Zephyrantes yang kami jual.

7. Anggrek

Beberapa jenis anggrek yang bisa dijadikan pilihan adalah Acriopsis javanica, Dendrobium crumenatum, Cleisostoma discolor, dll.

Setidaknya ada 36 spesies bunga anggrek yang bisa tumbuh dengan baik di daerah panas. Spesies-spesies ini memiliki bunga yang cantik, mekar lama dengan daun dan batang yang kuat. Anggrek bisa tumbuh degan suhu hingga 35°C meskipun idealnya pada suhu 21°C. Klik disini untuk melihat aneka produk tanaman anggrek yang kami jual.

Itulah beberapa daftar bunga yang bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah (cuaca panas). Meskipun demikian, sebagian diantaranya memerlukan tempat yang semi teduh untuk tumbuh lebih sehat. Semoga informasi ini bermanfaat and happy gardening 🙂

Lirik juga yuk aneka produk tanaman hias lainnya disini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA