Jenis Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di Rumah

Di artikel sebelumnya, kami memberikan informasi mengenai cara menanam tanaman hidroponik yang menggunakan media botol bekas sebagai wadahnya. Sekarang saatnya Anda untuk mengetahui jenis tanaman hidroponik apa saja yang cocok untuk ditanam menggunakan tehnik hidroponik dengan media botol bekas yang bisa Anda lakukan di rumah sendiri.

Tehnik menanam hidroponik saat ini memang telah banyak dilakukan, namun tidak semua tanaman bisa tumbuh dengan baik dan maksimal menggunakan tehnik tersebut. Anda harus mengenal tentang jenis-jenis tanaman apa saja yang cocok dan juga bisa tumbuh dengan cepat apabila menggunakan metode penanaman hidroponik. Karena jika tanaman tersebut tidak cocok, tentu saja hasilnya tidak akan bisa maksimal dan pertumbuhan tanaman akan terganggu.

Berikut ini adalah jenis-jenis tanaman hidroponik yang tumbuh dengan baik dengan menggunakan metode hidroponik. Tanaman ini adalah tanaman yang terdiri dari berbagai macam jenis tanaman hias dan juga sayuran. Buat Anda yang ingin mencoba berkebun dengan metode tersebut, jenis tanaman dibawah ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jenis Tanaman Hidroponik yang Mudah Tumbuh

Selada

Jenis tanaman hidroponik pertama yang bisa tumbuh dengan baik dan cepat adalah tanaman selada. Sayuran ini memang cukup sering ditanam dengan metode tersebut, dan mampu tumbuh dengan subur serta cepat. Sayuran ini juga sangat mudah dalam perawatan dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk tumbuh dewasa. Hanya dalam waktu seminggu setelah bibit disemai, biasanya kita sudah bisa melihat daun-daun selada yang telah muncul dan tumbuh.

Begitu pula saat tanaman selada dipindahkan kemedia tanam utama dan diberikan cairan nutrisi yang tepat, pertumbuhannya akan semakin cepat dan baik. Sayuran yang satu ini sering dikirim atau dipasok ke restoran cepat saji atau tempat makan lain yang membutuhkan bahan baku yang cepat.

Cek yuk aneka produk tanaman selada yang kami jual disini.

Mentimun

Tanaman mentimun juga bisa dan sering ditanam dengan metode hidroponik. Namun berbeda dengan selada yang tidak terlalu membutuhkan perhatian ekstra, mentimun membutuhkan perawatan yang sedikit lebih tinggi. Tanaman ini membutuhkan asupan cahaya yang baik dan juga mencukupi kebutuhan dari tanaman. Anda harus memastikan tanaman mentimun selalu mendapatkan cahaya matahari yang cukup agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Mentimun juga membutuhkan lahan atau media tanam yang sedikit lebih luas kerena ukuran dan juga pertumbuhannya yang pesat. Hal tersebut penting agar tanaman bisa tumbuh dengan baik dan juga agar buah tidak rusak dan dapat terbentuk dengan sempurna. Anda bisa menggunakan media tanam berupa botol plastik dengan ukuran besar atau media lain.

Ada berbagai jenis mentimun yang kami jual, klik disini untuk melihatnya.

Buah-Buahan

Selain sayuran ternyata ada beberapa jenis tanaman hidroponik yang berupa buah yang bisa kita tanam dengan metode tersebut. Buah-buahan yang bisa kita tanam dengan tehnik ini adalah cabe, tomat, dan juga melon. Buah-buahan tersebut menunjukan hasil yang lebih baik dan lebih cepat berbuah saat ditanam menggunakan tehnik hidroponik.

Hal yang harus diperhatikan agar mencapai hasil yang bagus adalah dengan memastikan cairan nutrisi yang digunakan merupakan campuran bahan yang baik dan dibutuhkan tanaman buah, serta pencahayaan yang cukup yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut. Untuk cabe atau tomat, Anda bisa menggunakan media tanam biasa seperti botol bekas. Namun untuk melon, Anda harus menggunakan media tanam yang lebih besar mengingat buah melon dapat tumbuh cukup besar dan tentunya butuh ruang yang luas.

Cek yuk ada tanaman buah-buahan apa saja yang kami jual disini.

Tanaman Hias Bunga

Mungki banyak yang mengira kalau metode hidroponik hanya bisa digunakan untuk menanam sayuran dan juga buah-buahan. Namun tehnik hidroponik juga bisa dilakukan untuk beberapa jenis tanaman hias bunga diantara adalah bunga Mawar dan juga bunga Anggrek. Kedua tanaman hias tersebut dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga yang indah dengan metode ini.

Metode hidroponik ini sangat pas untuk dilakukan jika Anda ingin menanam kedua tanaman tersebut namun tidak memiliki lahan yang luas atau bagi Anda yang tidak mempunyai stok air yang banyak.

Ada berbagai jenis tanaman hias bunga jual, cek yuk semua produknya disini.

Setelah mengetahui jenis tanaman hidroponik yang cocok untuk Anda tanam di rumah, sekarang Anda bisa memilih untuk menanam tanaman yang sesuai dengan yang Anda inginkan atau yang sesuai dengan kondisi lingkungan rumah Anda.

Tertarik untuk mempraktekkannya di rumah, Anda bisa membeli benih buah, sayuran, dan tanaman hias di toko kami. Selamat mencoba 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA