Kelebihan Hidroponik Dibandingkan dengan Sistem Tanam Biasa

Ada banyak sekali kelebihan hidroponik dibandingkan sistem tanam biasa yang hanya dapat dibudidayakan pada suatu lahan. Dengan hidroponik, budidaya tanaman tidak membutuhkan tanah lagi karena sudah diganti dengan media lain berupa larutan nutrisi hidroponik.

Sehingga dapat dikatakan, kelebihan paling utama dari budidaya tanaman hidroponik adalah jauh lebih hemat dalam penggunaan lahan. Bahkan sistem ini bisa diterapkan pada lahan yang ukurannya sempit.

Baca juga: Peralatan Hidroponik yang Wajib Dimiliki

Berbagai macam tanaman hidroponik

Karena itu tidak mengherankan apabila masyarakat perkotaan sangat tertarik mempratekkan sistem hidroponik ini di rumahnya sendiri. Bahkan ada sebagian yang menjadikan hidroponik sebagai peluang usaha baru atau alternatif untuk mendari penghasilan tambahan.

Selain itu masih ada beberapa kelebihan hidroponik dibandingkan dengan sistem tanam biasa yang kemungkinan belum diketahui oleh masyarakat luas. Beberapa di antaranya adalah :

  1. Tahan serangan penyakit dan hama

Penyakit tanaman yang asalnya dari tanah tidak mungkin dapat menyerang budidaya tanaman hidroponik. Karena media yang digunakan tidak berupa tanah melainkan larutan nutrisi yang dialirkan langsung pada tananam. Jadi kondisinya selalu dalam keadaan bersih termasuk pada bagian akarnya.

Selain itu sistem tanam hidroponik biasanya dilakukan di sebuah lingkungan dengan kondisi yang lebih mudah dikendalikan. Sehingga serangan hama bisa ditekan semaksimal mungkin, kecuali beberapa jenis hama yang muncul dari batang dan daun tanaman. Jadi secara otomatis penggunaan pestisida juga bisa diminimalkan.

  1. Hemat pupuk dan air

Kelebihan atau keunggulan hidroponik berikutnya adalah hemat dalam pemakaian pupuk dan air. Dibanding sistem budidaya tanaman secara konvensional, metode hidroponik tidak terlalu boros menggunakan air. Misalnya suatu tanaman yang dibudidaya dengan sistem biasa butuh air sebanyak 10 liter setiap minggu. Maka budidaya tanaman hidroponik hanya memerlukan 1 liter air saja pada jenis tanaman yang sama.

Hal ini juga berlaku pada penggunaan pupuk. Fungsi dari pupuk sebagai penyubur tanaman sudah digantikan perannya oleh nutrisi hidroponik dengan kandungan yang lebih lengkap dan selalu sesuai dengan kebutuhan.

  1. Hasil panen lebih berkualitas dan menguntungkan

Dibanding budidaya konvensional, hasil panenan budidaya hidroponik jauh lebih berkualitas dan steril. Karena selain tidak memakai pestisida juga tidak menggunakan pupuk kimia. Jadi hasil panen tanaman hidroponik tersebut jadi semakin aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Selanjutnya dilihat dari kacamata bisnis, teknik budidaya tamanan hidroponik dapat memberi keuntungan yang lebih besar. Hal ini dikarenakan hasil panen buah dan sayur hidriponik bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi. Bahkan perbedaan harganya mencapai 3 sampai 4 kali lipat dibanding buah atau sayur yang dibudidayakan di lahan pertanian biasa.

Itulah beberapa kelebihan hidroponik dibandingkan dengan sistem tanam biasa yang selama ini kurang begitu dipahami masyarakat. Padahal selain itu masih banyak kelebihan lain yang dimiliki sistem hidroponik, sehingga tidak dapat disebutkan satu persatu dalam artikel ini.

Lihat di sini berbagai produk perlengkapan hidroponik kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA