Peralatan Hidroponik yang Wajib Dimiliki

Dibalik segala macam kelebihannya, ternyata banyak sekali peralatan hidroponik yang wajib dimiliki terutama oleh para pemula. Tapi tidak perlu khawatir, sebagian besar dari peralatan tersebut bisa dibeli dengan harga murah. Jika ada yang mahal, biasanya dapat dipakai berkali-kali jika dirawat dengan baik.

Peralatan Hidroponik yang Wajib Dimiliki

Berikut ini peralatan hidroponik yang wajib dimiliki oleh para pemula:

Perlengkapan fergitasi

Selang HDPE hidroponik

 

Secara umum perlengkapan hidropolik itu terbagi dalam beberapa jenis yaitu fergitasi, mesin, perlengkapan dasar dan perabot media tanam. Untuk perlengkapan fergitasi, antara lain yaitu selang HDPE untuk mengalirkan larutan nutrisi pada tanaman hidroponik.

Pengaturan dalam penyaluran larutan nutrisi hidroponik tersebut memakai peralatan lain yang dinamakan stick dripper. Jenisnya ada beberapa macam misalnya manual dripper, rotate atau adjustable dripper dan sebagainya.

Kemudian ada lagi micro T hidroponik yang memiliki fungsi sebagai pembagi nutrisi menuju 2 arah yang berbeda. Perabot hidroponik ini sering dijual 1 paket dengan selang HDPE. Tapi selain itu juga bisa menggunakan nepel hidroponik yang bentuknya seperti ulir.

Mesin hidroponik

Perabot hidroponik yang bentuknya berupa mesin antara lain bor tangan yang dipakai untuk menciptakan sistem instalasi dan membuat lubang hidroponik. Agar lubang bisa dibuat, maka dibutuhkan perangkat hidroponik lainnya yaitu mata bor holesaw.

Berikutnya adalah pompa air sebagai pengatur sistem saluran larutan nutrisi hidroponik pada instalasi. Setelah dimasukan dalam bak penampungan, nutrisi hidroponik diangkat pompa air lalu disalurkan secara merata ke semua tanaman hidroponik.

Peralatan dasar

Peralatan dasar budidaya hidroponik yang pertama adalah pipa paralon yang ukuran diameter dan panjangnya disesuaikan dengan kebutuhan. Peralatan hidroponik ini biasanya dilengkapi dengan perabot lain seperti tutup pipa, sambungan L atau T dan lainnya. Agar awet dan dapat bertahan lama, sebaiknya memilih pipa paralon yang tahan terhadap pancaran sinar matahari.

Jika harganya dirasa terlalu mahal, penggunaan pipa paralon bisa diganti dengan botol bekas. Demikian pula dengan perabot hidroponik lain seperti wadah tanaman hidroponik atau netpot juga boleh diganti dari gelas platik bekas.

Peralatan dasar hidroponik berikutnya berupa kain flanel yang berfungsi sebagai penyerap air atau larutan hidroponik dan mengalirkannya pada tanaman. Kain ini dipilih karena memiliki daya serap yang lebih tinggi.

Media tanam

Perangkat hidroponik yang terakhir berupa media tanam hidroponik yang terdiri dari berbagai macam bentuk. Misalnya arang sekam yang terbuat dari sekam, cocopeat dari serbuk kelapa atau hidrone dari hasil bakaran tanah liat.

Selain itu ada rockwool yang terbuat dari campuran batu kapur dan batuan basalt yang diolah menjadi serabut halus. Selanjutnya vermiculite dan perlite, dibuat dari mineral silica melalui proses pemanasan dalam suhu yang tinggi. Dibandingkan media tanaman hidroponik lainnya, vermiculite dan perlite jarang digunakan karena harganya lebih mahal.

Itulah daftar beberapa peralatan hidroponik yang wajib dimiliki para pemula yang ingin dan tertarik mencoba budidaya tanaman hidroponik. Semoga info ini bisa bermanfaat dan berguna untuk semuanya.

Lihat di sini berbagai produk perlengkapan hidroponik kami.

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA