Kumpulan Nama Bunga Lengkap (Dari A-Z) Beserta Gambar dan Penjelasannya

Terdapat ratusan hingga ribuan varietas tanaman bunga di dunia ini, baik itu yang tegak, merambat, semak, tanaman bunga yang langka, populer, cantik, hingga unik. Apapun jenisnya, kehadiran bunga akan memberi dampak yang signifikan pada halaman rumah Anda.

Kumpulan Nama Bunga Lengkap Beserta Gambar dan Deskripsinya

Karena banyaknya nama bunga yang ada di dunia ini, maka kami akan mengurutkannya berdasarkan abjad (A sampai Z) untuk memudahkan Anda dalam pencarian.

Nah, tanpa basa-basi lagi, yuk! kenali nama-nama bunga berikut lengkap dengan penjelasan dan gambarnya.

1. Adenium

Bunga Adenium.

Adenium atau di Indonesia dikenal juga dengan sebutan Kamboja Jepang (berbeda dengan bunga kamboja yang sering dijumpai di area pemakaman meskipun keduanya adalah jenis Plumeria). Nama adenium sendiri diambil dari salah satu daerah asalnya yakni Aden, Ibukota Yaman.

Ciri khas dari bunga adenium adalah bagian batang bawahnya tumbuh menyerupai umbi dan lebih pendek jika dibandingkan dengan bunga kamboja. Mahkota bunganya berwarna merah, pink, ungu, kuning, jingga dengan perpaduan putih.

2. Aglaonema

Bunga Aglaonema.

Aglaonema (Chinese Evergreen) atau biasa juga dikenal sebagai Sri Rejeki merupakan tanaman hias bunga yang mengandalkan kecantikan daunnya. Aglaonema ini sangat populer dijadikan sebagai tanaman hias indoor. Jenis, warna, dan bentuknya pun sangat beragam.

3. Agapanthus

Bunga Agapanthus.

Bunga Agapanthus mudah dikenali dari bentuk bunganya yang tumbuh bergerombol dalam satu tangkai. Biasanya menghasilkan bunga berwarna biru, ungu, putih, hingga pink. Nama agapanthus sendiri berasal dari bahasa Yunani, agape artinya cinta dan anthos artinya bunga. Wah, dari namanya saja sudah menggambarkan keindahan dari bunga ini.

4. Ageratum

Bunga Ageratum.

Bunga Ageratum masih satu kerabat dengan tanaman bandotan. Bunganya tumbuh bergerombol dengan tekstur yang berbulu. Bunga yang dihasilkannya berwarna biru keunguan terlihat sangat lembut. Di luar negeri, bunga ageratum populer dijadikan sebagai tanaman hias pekarangan.

5. Air Mancur

Bunga Air Mancur.

Bunga air mancur (Russelia equisetiformis) atau di luar negeri dijuluki sebagai Coral plant atau Fountain plant. Ciri khas dari tanaman ini adalah bunganya tumbuh mengarah ke atas lalu menjuntai ke bawah layaknya air mancur. Bunga yang dihasilkan biasanya berwarna merah dan juga putih.

6. Akasia

Bunga Akasia.

Akasia atau acacia sebenarnya merupakan tanaman pohon dengan bunga yang tidak kalah cantik dari tanaman hias bunga yang sering dijumpai. Akasia banyak dijadikan sebagai tanaman peneduh dan banyak dijumpai di pinggir jalan raya. Akasia mudah dikenali dari bunganya yang berwarna kuning mencolok.

7. Alamanda

Bunga Alamanda.

Bunga alamanda dikenal pula dengan nama bunga lonceng kuning, terompet emas, dan buttercup. Seperti namanya, alamanda memiliki bunga yang cantik dan mekar dengan warna-warna cerah. Yang paling umum dijumpai adalah alamanda yang berwarna kuning, meskipun warna-warna lain seperti jingga, merah, dan ungu juga tidak kalah cantik.

8. Alstroemeria

Bunga Alstroemeria.

Bunga Alstroemeria atau di Indonesia dijuluki sebagai Peruvian Lily. Warna bunganya bervariasi, mulai dari warna jingga, merah, ungu, kuning, atau perpaduan banyak warna. Bunga cantik ini bahkan dijadikan sebagai bunga resmi di beberapa negara di luar negeri.

9. Alyssum

Bunga Alyssum.

Bunga Alyssum merupakan bunga yang tumbuh pendek (semak) sehingga banyak dimanfaatkan sebagai tanaman penutup tanah. Selain cantik, bunga ini juga mengeluarkan aroma manis yang menenangkan. Bunganya kecil-kecil dan tumbuh bergerombol, biasanya berwarna putih, ungu, hingga kuning.

10. Amaranthus

Bunga Amaranthus.

Mungkin Anda masih kurang familiar dengan nama bunga yang satu ini, tapi jika melihat gambarnya, pasti sudah mengenal baik dengan bunga amaranthus. Tanaman yang masih berkerabat dekat dengan bayam ini memiliki bunga yang unik, menjuntai panjang ke bawah. Warnanya mencolok, biasanya berwarna merah, kuning, jingga hingga hijau.

11. Amaryllis

Bunga Amaryllis.

Siapa yang tidak mengenal bunga cantik yang satu ini? Amaryllis terkenal karena bunganya yang mekar besar dan memiliki corak yang sangat indah. Populer dijadikan sebagai bunga potong dan diletakkan dalam vas kaca karena tangkainya yang panjang. Bunga yang satu ini bisa diperbanyak melalui umbinya.

12. Amazon lily

Bunga Amazon Lily.

Amazon lily merupakan salah satu bunga yang masih satu rumpun dengan tanaman amaryllis. Meskipun namanya amazon lily, namun bunga ini tidak ada hubungannya dengan bunga lily yang biasa kita jumpai. Biasanya menghasilkan bunga berwarna putih bersih dan beraroma harum semerbak.

13. Ammi

Bunga Ammi.

Ciri khas dari tanaman ini adalah bunganya yang membentuk cluster layaknya renda. Terlihat sangat unik dan menarik. Bunga ammi ini biasanya menghasilkan bunga berwarna putih dan hijau. Tangkainya yang panjang menjadikannya salah satu pilihan dalam rangkaian bunga pengantin.

14. Anemone

Bunga Anemone.

Anemone disebut juga sebagai “wind flowers” yang diambil dari nama Dewa Angin Yunani. Bunganya lebar dengan berbagai macam warna yang menarik seperti merah, putih, biru, hingga ungu dan terdapat warna hitam di pusatnya sebagai ciri khasnya.

15. Angelonia

Bunga Angelonia.

Angelonia termasuk bunga yang banyak ditanam karena tampilannya yang menarik. Bunganya mekar tersusun dalam tangkai bunganya secara vertikal. Bunga yang dihasilkan biasanya berwarna biru, ungu, merah, dan pink.

16. Anggrek

Bunga Anggrek.

Anggrek atau orchid memang pantas menjadi salah satu bunga yang banyak diburu para pecinta tanaman hias. Bentuk, warna, dan corak bunganya tdak pernah mengecewakan pemiliknya.

17. Anthurium Bunga

Bunga Anthurrium.

Anthurium bunga adalah salah satu bunga favorit karena keunikan daun dan bunganya. Bunganya berbentuk hati dan terdapat tongkol yang muncul di pusat bunganya. Bunga yang dihasilkannya biasanya berwarna merah, pink, dan putih.

18. Antirrhinum (Snapdragon)

Bunga Antirrhinum (Snapdragon).

Antirrhinum atau dijuluki pula sebagai bunga snapdragon termasuk salah satu bunga yang banyak ditanam di halaman rumah. Dinamai snapdragon karena keunikan bunganya yang sekilas menyerupai tengkorak. Bunganya tersusun rapi pada tangkainya yang panjang menjadikannya salah satu primadona untuk bunga potong.

19. Anyelir

Bunga Anyelir.

Bunga anyelir atau teluki atau carnation (Dianthus caryophyllus) adalah tanaman hias bunga yang mekar berwarna terang. Mahkota bunganya terdiri dari 5 petal, muncul berzig-zag, dan bertipe single ataupun double.

20. Aquilegia

Bunga Aquilegia.

Bunga Aquilegia atau yang lebih akbar dengan nama Columbine dan granny’s bonnet. Aquilegia sendiri merupakan nama genus yang berasal dari bahasa Latin untuk elang (aquila), karena bentuk kelopak bunganya yang konon menyerupai cakar elang. Sementara nama “columbine” berarti merpati merujuk pada kemiripan bunganya yang terbalik dengan lima burung merpati yang sedang berkerumun.

21. Asclepias

Bunga Asclepias.

Bunga Asclepias atau dikenal juga dengan nama milkweed adalah salah satu bunga penghasil nektar terbaik sehingga disukai oleh serangga dan kupu-kupu. Warna bunganya cerah dan beragam seperti merah, kuning, jingga, putih, ungu dan mekar bergerombol.

22. Aster

Bunga Aster.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini. Aster menjadi salah satu tanaman bunga yang banyak ditanam karena kemampuannya yang mudah tumbuh. Bunganya terlihat indah dengan beragam bentuk dan warna yang cerah. Nama aster sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya bintang, bisa dikenali dari bentuk mahkota bunganya yang sekilas menyerupai bintang.

23. Astilbe

Bunga Astilbe.

Bunga Astible atau false goat’s beard dan false spirea. Banyak ditanam oleh tukang kebun di luar negeri karena daun dan bunganya yang rimbun. Bunga astible juga memiliki aroma kuat yang menyenangkan. Ciri khas dari tanaman ini adalah bunganya mekar membentuk segitiga mirip pagoda. Biasanya ditanam sebagai tanaman pembatas.

24. Astrantia

Bunga Astrantia.

Astrantia dikenal juga dengan nama Hattie’s pincushion dan Masterwort. Tepal bunganya membentuk mahkota yang tersusun sangat cantik, dan terdapat pusat dengan bulu-bulu halus yang menyerupai sanggul.

25. Aubrieta

Bunga Aubrieta.

Bunga Aubrieta / Aubretia merupakan salah satu bunga yang laris di Bibitonline.com. Nama Aubrieta sendiri diambil dari nama pelukis bunga berkebangsaan Prancis, Claude Aubriet. Tanaman ini berasal dari Eropa dan sekarang telah menyebar di seluruh dunia. Bunganya berukuran kecil-kecil dan biasanya berwarna biru, pink, ungu, hingga putih.

Tumbuh semak dan mekar dengan sangat rimbun sehingga banyak ditanam sebagai tanaman penutup tanah.

26. Almond Flowers

Bunga Almond.

Pohon buah almond ternyata menghasilkan bunga yang ketika mekar akan terlihat sangat indah layaknya bunga sakura. Bunganya sangat cantik berwarna pink atau putih. Aromanya pun harum semerbak dan banyak ditemui tumbuh di pinggir jalan raya.

27. Azalea

Bunga Azalea.

Saatnya kami memperkenalkan bunga azalea. Secantik namanya, azalea menjadi primadona di kalangan para pecinta bunga karena menghasilkan daun yang tidak kalah rimbun dari bunganya. Bunganya sangat aktraktif berwarna pink. Sangat cocok ditanam di pekarangan rumah.

28. Baby’s Breath

Bunga Baby’s Breath (Gypsophila).

Baby’s Breath atau Gypsophila adalah tanaman bunga yang populer dijadikan buket bunga pengantin. Bunganya berukuran kecil-kecil berwarna pink atau putih. Tanaman ini banyak dijumpai di luar negeri terutama di Turki.

29. Bee Balm

Bunga Bee Balm.

Bunga Bee Balm atau oswego tea, horsemint, bergamot adalah tanaman bunga yang berasal dari Amerika Utara. Aroma daunnya khas mirip aroma lemon. Daunnya ramping dan bergerigi. Bunganya berbentuk tubular dan berwarna cerah seperti merah, pink, ungu hingga putih.

30. Begonia

Bunga Begonia.

Begonia tidak hanya menarik pada daunnya saja, beberapa spesies begonia juga menghasilkan bunga yang tidak kalah cantiknya. Tanaman yang satu ini populer dijadikan sebagai salah satu tanaman hias indoor.

31. Bergenia

Bunga bergenia.

Bunga bergenia adalah tanaman bunga yang aslinya berasal dari Asia Tengah. Bunganya tumbuh dalam satu batang bernuansa merah muda hingga ungu. Ciri khas dari tanaman ini adalah daunnya tumbuh di permukaan tanah dan lebar menyerupai kuping gajah.

Nama bergenia sendiri diambil dari nama ahli botani Jerman yaitu Karl August von Bergen.

32. Bird of Paradise

Bunga Cendrawasih (Bird of Paradise).

Bunga Bird of Paradise (Stelitzia reginae) atau dijuluki pula sebagai bunga cendrawasih adalah salah satu tanaman hias unik yang memiliki bunga berbentuk menyerupai corak burung merpati. Warnanya cerah (merah, oranye, dan kuning). Daunnya menyerupai bentuk daun pisang.

33. Bleeding Heart

Bunga Bleeding Heart.

Bunga Bleeding Heart adalah tanaman bunga yang aslinya berasal dari Siberia, Korea, Jepang, dan China. Mahkota bunganya sangat khas, berwarna pink-putih dan menyerupai bentuk hati. Mampu menghasilkan 20-30 bunga dalam satu tangkai yang melengkung.

34. Bluebell

Bunga Bluebell.

Bunga bluebell banyak ditemukan tumbuh di daerah hutan yang membentang luas sehingga terlihat seperti karpet berwarna biru. Bunganya mekar menyerupai lonceng dan menggantung di sepanjang tangkainya.

35. Bougenville

Bunga Bougenville.

Bunga Bougenville atau lebih akrab disebut bunga kertas di Indonesia. Mahkota bunganya tipis setipis kertas, biasanya berwarna ungu, merah, jingga, putih, hingga kuning. Daun dan bunganya tumbuh rimbun dan beberapa diantaranya ada yang berdaun variegata (belang hijau-putih).

36. Bouvardia

Bunga Bouvardia

Bunga Bouvardia adalah tanaman bunga yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Nama genus dari tanaman ini dinamai untuk menghormati Charles Bouvard. Dalam bahasa bunga, Bouvardia melambangkan antusiasme. Mahkota bunganya sangat unik, membentuk lonceng yang ramping dan memanjang, berwarna cerah seperti merah dan jingga.

37. Buddleja

Bunga Buddleja.

Bunga Buddleja atau Butterfly Bush. Nama genus bunga ini diambil dari nama pendeta Adam Buddle, seorang ahli botani berkebangsaan Inggris. Warna bunga yang dihasilkannya sangat bervariasi, mulai dari warna pink pastel hingga biru. Kaya akan nektar dan beraroma mirip madu sehingga disukai oleh lebah dan kupu-kupu.

38. Calendula

Bunga Calendula.

Bunga calendula atau bunga marigold merupakan salah satu bunga populer yang banyak dicari. Selain sebagai tanaman hias, calendula juga banyak dimanfaatkan dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Beberapa produk kosmetik terkenal bahkan menjadikan bunga calendula sebagai salah satu bahan dalam pembuatannya.

39. Calla Lily

Bunga Calla Lily.

Calla lily atau arum lily adalah tanaman berbunga yang habitat aslinya adalah di pinggir sungai, rawa, dan kolam. Daunnya berukuran besar berwarna hijau pekat. Bunganya biasanya berwarna putih, kuning, ungu, hingga merah. Seringkali beraroma harum yang menenangkan.

40. Camelia

Bunga Camelia.

Seperti namanya, camelia menjadi salah satu tanaman bunga yang sangat cantik. Bunga ini tersebar dari Jepang hingga Indonesia. Memiliki mahkota khas bunga, mekar dengan ukuran yang besar dan sangat atraktif. Nama camelia diambil dari nama seorang ahli botani Yesuit Georg Joseph Kamel. Camelia sangat terkenal di seluruh kawasan Asia Timur. Dalam bahasa Cina dikenal sebagai cháhuā, tsubaki dalam bahasa Jepang, dan dongbaek-kkot dalam bahasa Korea.

41. Candytuft

Bunga Candytuft.

Bunga Candytuft atau Iberis adalah salah satu tanaman hias bunga yang banyak tersebar luas di pegunungan dan area perkebunan. Nama candytuft tidak memiliki kaitan dengan permen “candy”, melainkan berasal dari kata Candia, yakni sebuah nama lama dari Iraklion di pulau Krete. Dalam bahasa bunga, candytuft melambangkan ketidakpedulian.

42. Celosia

Bunga Celosia.

Bunga celosia merupakan bunga yang masih berkerabat dekat dengan tanaman bayam, Amaranthaceae. Nama genusnya sendiri berasal dari kata Yunani Kuno “keleos” yang artinya terbakar, mengacu pada bentuk kepala bunganya menyerupai api. Dikenal pula sebagai tanaman jengger ayam karena bentuknya memang menyerupai jengger ayam berwarna merah.

43. Clarkia

Bunga Clarkia.

Bunga clarkia termasuk salah satu bunga yang banyak ditanam di luar negeri. Tingginya bisa mencapai 1 meter. Terdiri dari 4 sepal dan 4 tepal yang tersusun membentuk mahkota bunga.

44. Clematis

Bunga Clematis.

Clematis adalah tanaman bunga yang berasal dari Jepang dan Cina. Sebagian spesies tumbuh semak dan sebagian lainnya tumbuh perdu. Mahkota bunganya terdiri dari 6 tepal dan terdapat putik menonjol pada pusat bunganya.

45. Cleome

Bunga Cleome.

Bunga cleome atau dikenal juga dengan julukan spider plants, spider flowers, bee plants, dan spider weeds. Tampilan bunganya cukup unik menyerupai jaring pada hewan laba itulah mengapa dijuluki sebagai “bunga laba-laba”. Warna bunganya menarik, mulai dari warna ungu, biru, pink, hingga putih.

46. Clover

Bunga Clover.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini. Bunga clover banyak dijumpai tumbuh liar di lapangan dan di pinggir jalan. Bunganya berwarna merah, putih, ungu hingga kuning. Berukuran kecil-kecil dan akan mekar dalam jumlah banyak.

47. Coneflower

Bunga Coneflower.

Bunga Coneflower masuk dalam daftar tanaman bunga dengan tampilan yang unik. Jika biasanya mahkota bunga dengan tepal menghadap ke atas, lain halnya dengan coneflower yang menghadap ke bawah. Tepal-tepal tersebut lebih condong ke bawah dengan mengelilingi pusat bunga berwarna gelap.

48. Coreopsis

Bunga Coreopsis.

Bunga Coreopsis atau dikenal juga sebagai Tickseed merupakan tanaman bunga dengan warna yang mencolok. Biasanya memiliki dua warna yang berbeda dalam satu mahkota bunga, berwarna kuning dan pusatnya berwarna lebih gelap. Terdiri dari 8 tepal dengan ujung yang bergerigi.

49. Cornflower

Bunga Cornflower.

Bunga Cornflower atau bachelor’s button merupakan tanaman bunga yang dulunya tumbuh liar di ladang dan sela-sela tanaman biji-bijian seperti jagung, gandum, dan jelai, itulah mengapa dijuluki sebagai bunga “corn” (jagung). Bunganya berwarna biru pekat, pink, dan putih yang bisa mekar sepanjang musim.

50. Cosmos

Bunga Cosmos.

Cosmos atau bunga kenikir merupakan bunga hias yang biasanya berwarna ungu, pink, dan putih. Daunnya memiliki aroma yang menyengat. Daun cosmos biasa juga dijadikan lalapan, bahan obat-obatan, dan juga kosmetik.

51. Cyclamen

Bunga Cyclamen.

Bunga Cyclamen termasuk salah satu jenis bunga yang memiliki tampilan yang menarik. Selain bunganya, daunnya juga memiliki pola yang bervariasi sehingga banyak ditanam sebagai tanaman indoor maupun outdoor.

52. Daffodil

Bunga Daffodil.

Bunga daffodil atau narcissus merupakan tanaman bunga yang memiliki mahkota yang mencolok, terdiri dari 6 tepal membentuk cangkir atau terompet. Warna bunga yang dihasilkan biasanya putih atau kuning dan memiliki korona yang kontras dengan warna tepalnya.

53. Dahlia

Bunga Dahlia.

Dahlia merupakan jenis bunga yang masih berkaitan erat dengan bunga matahari, daisy, zinnia, dan krisan. Tidak heran jika kebanyakan orang masih bingung cara membedakan kelima bunga tersebut. Dahlia bisa menampilkan warna apa saja. Bunga dahlia sangat populer dijadikan sebagai bunga potong.

54. Daisy

Bunga Daisy.

Tanaman dengan nama ilmiah Bellis perennis ini menjadi salah satu tanaman bunga yang populer. Meskipun berukuran kecil-kecil, namun ia mampu tumbuh seragam dalam jumlah yang banyak sehingga akan menampilkan hamparan bunga yang sangat cantik. Bunga daisy yang paling umum ditemui adalah yang berwarna putih dengan inti bunga yang mencolok berwarna kuning.

55. Dandelion

Bunga Dandelion.

Dandelion atau Randa Tapak adalah tanaman bunga yang juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional. Bunganya berwarna kuning hingga jingga dan akan terbuka di siang hari lalu tertutup pada malam hari. Tepal bunga yang berwarna kuning lama-kelamaan akan gugur dan menyisakan kepala bunga berbentuk bulat, teksturnya seperti bulu-bulu halus berwarna putih.

56. Daylily

Bunga Daylily.

Daylily dulunya merupakan bagian dari bunga lily sejati, namun kini telah dipisahkan sejak ditemukannya banyak jenis baru. Daylily kini banyak dikembangkan dengan berbagai kultivar oleh masyarakat. Memiliki tangkai bunga yang panjang sehingga sering dijadikan sebagai bunga potong dalam vas.

57. Delphinium

Bunga Delphinium

Delpinhium atau umum dijuluki larkspur adalah tanaman berbunga dengan berbagai warna menarik sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias kebun. Nama genus Delphinium berasal dari kata Yunani Kuno yang artinya larkspur sementara dalam bahasa Latin berarti lumba-lumba mengacu pada bentuk nektarnya.

58. Diascia

Bunga Diascia.

Diascia atau lebih dikenal dengan nama twinspur merupakan tanaman bunga yang banyak ditemukan tumbuh liar terutama saat curah hujan musim panas. Dijuluki twinspur karena terdapat dua tonjolan yang biasanya mengarah ke bawah pada bagian belakang mahkotanya. Warna bunga yang paling umum dijumpai adalah warna jingga dan pink.

59. Echium

Bunga Echium.

Bunga echium merupakan salah satu bunga dengan tampilan yang sangat unik. Nama genusnya sendiri berasal dari bahasa Yunani ‘ekhis’ yang artinya viper (sejenis ular), dikarenakan benihnya menyerupai kepala ular. Sebagian orang juga berpendapat bahwa bentuknya tumbuh memanjang ke atas menyerupai lidah ular. Karena keunikan bunganya, echium banyak ditanam sebagai tanaman hias bunga yang memukau.

60. Evening Primrose

Bunga Evening Primrose.

Bunga Evening promrose merupakan salah satu tanaman berbunga yang juga digunakan sebagai bahan pengobatan. Bunganya terbuka saat malam hari, itulah mengapa dinamai bunga “evening primrose”. Sebagian besar spesies memiliki bunga berwarna kuning, dan selebihnya berwarna putih, merah muda, ungu dan merah.

61. Euphorbia

Bunga Euphorbia.

Bunga Euphorbia merupakan tanaman bunga yang memiliki banyak sekali spesies. Selain dijadikan sebagai tanaman hias, bunga Euphorbia juga dijadikan sebagai bahan obat-obatan. Bentuk daun dan warna bunganya bermacam-macam seperti kuning, ungu, hijau, hingga coklat. Ciri khas dari tanaman ini adalah batangnya lunak dan memiliki duri.

62. Bunga Feverfew

Bunga Feverfew.

Bunga Feverfew atau Tanacetum parthenium adalah tanaman bunga yang tumbuh semak. Tingginya hanya mencapai 30 cm saja. Bunganya sekilas nampak menyerupai bunga daisy, berwarna putih dan bagian pusatnya berwarna kuning.

63. Forget Me Not

Bunga Forget Me Not.

Bunga Forget Me Not atau Myosotis atau dijuluki pula dengan nama “Mouse’s ear” merujuk pada tampilan daunnya. Selain itu dikenal pula sebagai “scorpion grasses”. Bunga ini memiliki julukan yang unik-unik karena memang tampilannya yang tidak biasa. Bunganya berwarna biru, pink hingga putih berukuran kecil-kecil.

64. Foxglove

Bunga Foxglove.

Bunga Foxglove adalah tanaman bebunga yang juga memiliki tampilan yang tidak biasa. Dikenal juga dengan sebutan Digitalis dan “finger-like” mengacu pada bunganya yang bisa dengan mudah dipasang pada ujung ibu jari. Bunganya tumbuh menjulang tinggi, berbentuk tabung dengan berbagai warna menarik seperti biru, ungu, merah, kuning, pink hingga kuning.

65. Fuschia

Bunga Fuschia.

Bunga Fuchsia termasuk salah satu bunga yang sangat cantik. Bunganya sangat dekoratif dan memiliki bagian menyerupai tetesan air mata yang terjumbai. Kebanyakan spesies memiliki bunga berwarna ungu dan selebihnya berwarna merah tua atau ungu-biru. Sangat cantik!

66.Gaillardia

Bunga Gaillardia.

Bunga Gailardia atau yang lebih umum dikenal sebagai blanket flower. Bunganya terdiri dari 15 tepal atau lebih dan memiliki warna berbeda di masing-masing ujungnya. Hampir semua bunganya berwarna cerah, seperti merah, jingga hingga kuning.

67. Gardenia

Bunga Garedenia.

Bunga gardenia atau bunga kaca piring termasuk salah satu jenis bunga yang banyak ditanam sebagai tanaman pagar karena bisa tumbuh tinggi dan sangat rimbun. Bunganya berwarna putih dan beberapa diantaranya berwarna krem. Aromanya khas dan menyengat.

68. Geranium

Bunga Geranium.

Bunga Geranium atau Cranesbill adalah tanaman bunga yang berasal dari Mediterania. Bunganya memiliki 5 tepal dan biasanya berwarna pink, putih, biru, ungu dan seringkali memiliki urat bunga yang jelas.

Beberapa orang seringkali dibuat bingung dengan bunga geranium dari genus Pelargonium yang dulunya memang digolongkan sama, namun kini telah dipisahkan. Keduanya bisa dibedakan dari bentuk bunganya, geranium memiliki lima tepal yang sangat mirip (simetris) sedangkan pelagornium memiliki dua tepal atas dan tiga tepal bawah (zygomorphic).

69. Gerbera 

Bunga Gerbera.

Bunga Gerbera adalah tanaman bunga yang masih satu keluarga dengan bunga daisy. Nama Gerbera diambil dari nama ahli botani Jerman Traugott Gerber. Bunganya berwarna kuning, jingga, merah, putih, dan pink. Tergolong tanaman yang populer dijadikan sebagai bunga potong.

70. Gladiolus

Bunga Gladiol.

Bunga Gladiol adalah tanaman berbunga yang masih berkerabat dekat dengan bunga iris. Gladiol sangat cocok dijadikan sebagai bunga potong karena memiliki kesegaran yang tahan lama (bisa bertahan 5-10 hari lamanya). Bentuknya juga sangat menarik, mekar dalam berbagai warna seperti merah, kuning, biru, ungu, jingga hingga putih.

71. Gloxinia

Bunga Gloxinia.

Bunga Gloxinia adalah tanaman bunga yang memiliki mahkota bunga beraroma mint dan teksturnya lembut mirip beludru. Warnanya beragam, dari merah, ungu, pink, hingga putih.

72. Gomphrena

Bunga Kancing (Gomphrena Globosa).

Bunga Gomphrena (Gomphrena globosaatau bunga kancing, globe amaranth, vadamalli, dan makhmali. Ciri khas dari tanaman ini adalah bunganya yang berbentuk globe (bulat) bernuansa ungu, merah, pink, putih, hingga jingga. Bunga kancing banyak digemari karena tahan terhadap panas maupun kekeringan.

73. Heliconia

Bunga Heliconia.

Bunga Heliconia merupakan salah satu tanaman dengan tampilan yang unik. Bunganya menjuntai ke bawah dan berwarna mencolok, kombinasi warna merah, kuning, orange dan sedikit hijau. Sangat coock ditanam di halaman rumah.

74. Hibiscus

Bunga Hibiscus atau Bunga Kembang Sepatu.

Bunga Hibiscus merupakan tanaman berbunga yang banyak tumbuh di negara-negara tropis termasuk Indonesia. Hibiscus atau lebih akrab disapa bunga kembang sepatu biasnaya dijumpai di pekarangan rumah. Bunganya berukuran besar dan mencolok berwarna merah, jingga, pink, dan putih. Termasuk salah satu contoh bunga dengan komponen yang lenkap.

75. Hollyhock

Bunga Hollyhock.

Bunga Hollyhock merupakan tanaman berbunga yang juga dikenal sebagai Alcea. Tanaman ini menghasilkan bunga yang mekar secara vertikal di sepanjang tangkainya dan tidak bercabang. Warna bunganya bermacam-macam seperti pink, ungu, merah, putih, biru hingga kehitaman.

76. Hoya

Bunga Hoya.

Salah satu tanaman bunga yang populer karena aromanya adalah bunga hoya. Hoya dikenal juga sebagai waxflower, waxplant, atau waxvine. Bentuk bunganya unik mirip bintang, terdiri dari 5 tepal yang tersusun membentuk satuan bunga yang membulat. Terdapat corona yang juga berbentuk bintang di pusatnya. Terdiri dari banyak spesies dengan beragam warna seperti kuning, orange, putih, merah, ungu hingga mendekati hitam.

77. Hyacinth

Bunga Hyacinth.

Bunga Hyacinth adalah tanaman berbunga yang memiliki tampilan yang sangat imut, tumbuh pendek membentuk bunga yang bulat-lonjong. Selain itu, ia juga memiliki aroma harum yang khas. Warna bunganya beragam, ada yang berwarna biru, pink, kuning, merah hingga putih.

78. Hydrangea

Bunga Hydrangea.

Di Indonesia, hydrangea lebih akrab dengan nama bunga kembang bokor. Pada kebanyakan spesies, bunganya berwarna biru dan pink. Yang unik dari tanaman ini adalah bunganya bisa berubah warna tergantung dari kondisi pH tanahnya.

79. Impatiens

Bunga Impatiens atau bunga pacar air.

Bunga Impatiens atau lebih akrab dengan nama bunga pacar air merupakan tanaman bunga yang tersebar hampir di seluruh permukaan bumi. Bunga yang satu ini sangat mudah tumbuh dari bijinya terutama jika tanah dalam keadaan lembab. Di Eropa dan Amerika Utara, impatiens dijuluki sebagai “touch-me-not” mengacu pada buahnya yang sangat mudah meledak (pecah) jika disentuh.

80. Iris

Bunga Iris.

Iris adalah tanaman berbunga dengan mahkota bunga yang mencolok. Namanya diambil dari kata Yunani yang artinya pelangi, yang juga merupakan nama untuk dewi pelangi Yunani, Iris. Beberapa penulis menyatakan bahwa nama tersebut mengacu pada keragaman warna bunga yang ditemukan di antara banyak spesies.

81. Jacob’s Ladder

Bunga Jacob’s Ladder.

Bunga Jacob’s Ladder (genus Polemonium) adalah tanaman berbunga yang biasanya menghasilkan bunga berwarna biru (terkadang pink). Terdapat putik sari pada pusat mahkotanya berwarna kuning.

82. Kalanchoe

Bunga Kalanchoe.

Bunga Kalachoe adalah salah satu tanaman berbunga yang juga banyak tumbuh di negara tropis seperti Indonesia. Ciri khas dari tanaman ini adalah bunganya menumbuhkan sel baru pada bagian dalam kelopaknya untuk memaksa bunga lama keluar. Kalanchoe juga sering dijadikan tanaman hias indoor.

83. Knautia macedonica

Bunga Knautia macedonica.

Bunga Knautia macedonica adalah tanaman bunga yang juga dijuluki sebagai “widow flower”. Nama Knautia diambil dari nama ahli botani Jerman abad ke-17 yaitu Christian Knaut. Bunganya cantik membentuk bantalan membulat yang terlihat sangat menawan.

84. Kana

Bunga Kana atau Canna.

Bunga kana atau canna adalah tanaman bunga klasik yang tumbuh besar dan cantik di kebun bunga atau halaman rumah. Meskipun tergolong tanaman tropis, namun kini telah dikembangkan di berbagai daerah beriklim sedang, selama ia mendapatkan sinar matahari setidaknya 6-8 jam sehari.

85. Kantil

Bunga Kantil atau Cempaka.

Bunga kantil atau cempaka (Magnolia champaca) merupakan bunga yang terkenal karena aroma khas yang dimilikinya. Bunga ini memiliki banyak mitos yang beredar di masyarakat, salah satunya adalah mitos mengenai cerita kuntilanak yang menyukai aroma dari bunga kantil ini. Mahkota bunganya pun bermacam-macam, ada merah, krem, kuning hingga putih.

86. Krisan

Bunga Krisan.

Krisan atau bunga seruni adalah salah satu tanaman yang wajib ada di pekarangan rumah. Aromanya khas dan biasa dijadikan sebagai campuran dalam seduhan teh. Selain itu, krisan juga sangat populer dijadikan sebagai bunga potong, biasanya dirangkai dengan bunga jenis lainnya.

87. Lady’s Slipper

Bunga Lady’s Slipper Orchids.

Bunga Lady’s Slipper merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan bunga anggrek. Ciri khas dari tanaman ini adalah bunganya berbentuk sandal wanita (labellums yang termodifikasi) dengan kantong sebagai perangkap serangga. Tidak seperti kebanyakan jenis anggrek, Lady’s Slipper mudah dikultivasi sehingga sangat populer di kalangan para penggemar anggrek.

88. Lantana

Bunga Lantana.

Bunga Lantana adalah tanaman yang dulunya tumbuh liar dan kini telah banyak dijadikan sebagai tanaman hias. Bunga lantana memiliki campuran warna merah, jingga, kuning, putih hingga biru. Biasanya bunganya akan berubah warna sesuai tingkat kematangan bunga. Sangat disukai oleh lebah dan kupu-kupu.

89. Lavatera

Bunga Lavatera.

Bunga lavatera merupakan salah satu bunga favorit penulis 🙂 . Bunganya mencolok dan berukuran besar dengan diameter rata-rata 4-12 cm. Terdiri dari lima tepal berwarna putih, pink, hingga merah. Meskipun bentuknya terlihat seperti kebanyakan bunga lainnya, namun lavatera memiliki urat-urat bunga yang jelas sehingga terlihat sangat menawan.

90Lavender

Bunga Lavender.

Bunga Lavender atau lavandula adalah tanaman bunga yang terkenal karena aromanya yang menenangkan. Tidak jarang dijadikan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan parfum dan aromaterapi. Lavender banyak ditemukan di daerah beriklim sedang yang ditanam sebagai tanaman kebun dan landskape. Ciri khas tanaman ini adalah bunganya berwarna ungu yang mekar di sepanjang tangkainya dan tumbuh semak.

91. Lilac

Bunga Lilac.

Bunga Lilac (Syringa vulgaris) adalah tanaman hias yang sangat populer karena bunganya yang menarik dan beraroma harum. Tumbuh membentuk pohon kecil dan menghasilkan bunga berwarna ungu muda hingga putih.

92. Lily

Bunga Lily.

Bunga Lily (Lily sejati) adalah bunga yang populer di kalangan masyarakat. Bunganya berbentuk terompet yang tidak kalah cantik dari namanya. Lily tumbuh dari umbi dan menghasilkan bunga yang menonjol dan tergolong besar. Ia juga seringkali memiliki aroma harum yang khas dan tampil dalam berbagai warna termasuk kuning, putih, oranye, merah, pink, dan ungu. Lilies adalah kelompok tanaman berbunga yang penting dalam budaya dan sastra di sebagian besar dunia.

93. Lisianthus

Bunga Lisianthus.

Bunga Lisianthus atau umum dikenal sebagai Eustoma dan Prairie gentian. Bunga ini biasanya ditemukan di padang rumput wilayah bagian Amerika Serikat. Tinggi tanaman rata-rata 15-60 cm yang menghasilkan bunga berbentuk corong besar yang tumbuh pada tangkainya yang lurus panjang. Mekar dalam berbagai warna dan yang paling umum ditemukan adalah warna ungu.

94. Lobelia

Bunga Lobelia.

Bunga lobelia adalah salah satu jenis bunga yang banyak ditanam sebagai tanaman penutup tanah dan juga tanaman gantung. Bunganya memiliki lima lobus yang masing-masing terdiri dari 2 lobus atas dan 3 lobus bawah. Bunganya melimpah dan berwarna intens seperti biru, ungu, dan putih.

95. Lotus

Bunga Lotus.

Salah satu tanaman air berbunga yang populer adalah bunga lotus. Dikenal juga dengan nama Egyptian bean, sacred lotus, Indian lotus, atau lotus saja. Beberapa orang kadang masih bingung membedakan bunga lotus dan teratai, meski sama-sama tanaman air namun keduanya jelas berbeda.

96. Lupin

Bunga Lupin.

Bunga Lupin atau Lupinus adalah tanaman bunga yang juga telah lama dijadikan sebagai makanan. Adalah legume, biji dari lupin yang dikenal sebagai kacang lupin ternyata telah populer sebagai camilan favorit di negara-negara Eropa. Bunganya unik, tumbuh ke atas di sepanjang tangkainya.

97. Mandevilla

Bunga Mandevilla.

Bunga Mandevilla atau umum dikenal sebagai rocktrumpet adalah tanaman yang tergolong merambat. Namanya diambil dari seorang diplomat dan tukang kebun Inggris yaitu Henry Mandeville. Mandevilla mekar dengan bunganya yang spektakuler dan seringkali beraroma harum terutama ketika tumbuh di daerah beriklim hangat.

98. Marigold

Bunga Marigold.

Bunga marigold adalah salah satu tanaman bunga yang banyak ditanam di pekarangan rumah. Bunganya bernuansa jingga-kuning dan terkadang merah. Dikenal juga dengan nama lain gumitir dan gemitir. Marigol ditandai dengan daunnya yang bergerigi dan beraroma khas.

99. Mawar

Bunga mawar.

Akhirnya sampai juga kita pada bunga cantik yang satu ini. Siapa sih yang tidak mengenal bunga mawar? Tanaman bunga yang satu ini memiliki ratusan spesies dan ribuan kultivar yang kini tersebar di seluruh dunia. Kecantikannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya sebagai bunga hias di taman, mawar pun juga dimafaatkan sebagai bunga potong, bahan parfume, makanan dan minuman bahkan sebagai bahan pengobatan dalam dunia kesehatan.

100. Melati

Bunga Melati.

Melati atau Jasmine adalah tanaman bunga klasik berwarna putih yang menjadi salah satu bunga nasional Indonesia. Populer karena aromanya yang lembut dan khas, tidak heran jika ekstrak bunga melati banyak dijadikan sebagai bahan pembuatan teh, parfum, dan pewangi.

101. Mimosa

Bunga Putri Malu.

Anda mungkin merasa kurang familiar dengan nama bunga yang satu ini. Padahal mimosa adalah nama lain dari bunga Putri Malu yang sering Anda jumpai di pinggir jalan. Tanaman Putri Malu juga menghasilkan bunga berwarna ungu dengan tekstur menyerupai bulu hlaus dan membulat.

102. Morning Glory

Bunga Morning Glory.

Bunga Morning Glory adalah tanaman yang menghasilkan bunga berbentuk terompet. Bunganya mekar saat pagi hari menjelang sore dan seringkali mengeluarkan aroma harum. Terdapat ratusan hingga ribuan varietas tanaman morning glory yang ada di dunia. Sangat coock sebagai pemanis taman Anda.

103. Muscari

Bunga Muscari.

Muscari adalah tanaman bunga yang bentuknya mirip sekumpulan buah anggur. warna bunganya bervariasi dari biru pucat hingga biru yang sangat gelap hampir hitam (beberapa kasus juga ditemukan warna albino). Tanaman ini berkerabat dengan bunga Hyacinth.

104. Mussaenda

Bunga Mussaenda atau Nusa Indah.

Bunga Mussaenda atau dijuluki pula sebagai Nusa Indah adalah tanaman bunga yang tumbuh membentuk pohon (perdu). Untuk beberapa spesies, mussaenda memiliki bunga yang memiliki corak hampir sama dengan daunnya. Bunga berukuran lebar dan mekar dengan rimbun sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

105. Nasturtium

Bunga Nasturtium.

Bunga nasturtium merupakan tanaman hias bunga yang menghasilkan bunga yang tidak hanya cantik tetapi juga bisa dimakan. Warna bunganya bervariasi dan kontras dengan daunnya yang hijau segar.

106. Nemesia

Bunga Nemesia.

Mahkota bunga Nemesia mungkin mengingatkan Anda dengan bunga anggrek sementara dari sifatnya yang rimbun dan semak juga mengingatkan kita dengan bunga lobelia. Nemesia adalah tanaman berbunga yang berasal dari Afrika Selatan dan populer dijadikan sebagai tanaman bedding.

107. Nemophila

Bunga Nemophila.

Bunga Nemophila atau lebih populer dengan nama baby blue eyes adalah tanaman berbunga yang sangat populer di luar negeri terutama di Jepang. Hamparan bunga sedap malam di bukit yang luas bahkan dijadikan sebagai tempat untuk menarik para wisatawan. Bunganya pun unik berbentuk mangkuk dan beberapa spesies terdapat lima titik gelap pada masing-masing tepalnya (Nemophila fivespot).

108. Nicotiana

Bunga Nicotiana.

Nicotiana adalah genus tumbuhan semak yang juga dikenal dengan nama tobacco (tembakau). Tanaman ini banyak dibudidayakan untuk memanfaatkan daunnya sebagai bahan memproduksi rokok. Tanaman ini juga menghasilkan bunga berwarna merah muda berbentuk terompet.

109. Nigella

Bunga Nigella.

Bunga Nigella atau yang lebih dikenal sebagai love-in-a-mist atau devil-in-a-bush adalah tanaman berbunga yang cukup populer. Bunganya berwarna putih, kuning, pink, biru pucat atau ungu pucat, yang terdiri dari 5-10 tepal. Nigella sendiri memiliki banyak spesies dan mencakup tanaman jintan di dalamnya, tanaman yang banyak dijadikan sebagai bahan masakan.

110. Nona Makan Sirih

Bunga Nona Makan Sirih.

Bunga Nona Makan Sirih atau di luar negeri populer dengan nama Bleeding Heart Vine adalah salah satu tanaman bunga dengan tampilan yang menarik. Bunganya berwarna merah anggur dan diselubungi mahkota berwarna putih bersih. Kombinasi warna tersebut mengingatkan kita dengan warna bibir seorang nona yang makan sirih. Tumbuh merambat sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias pergola atau pada tembok-tembok.

111. Oleander

Bunga Oleander atau bunga Jepun.

Bunga Oleander (Nerium) atau di Indonesia dikenal dengan nama bunga jepun dan bunga mentega. Bunganya berwarna biru dan kadang putih. Daunnya panjang menyerupai pedang dengan epidermis atas yang berlapis-lapis. Tanaman ini banyak ditanam sebagai tanaman hias di pinggir jalan.

112. Pansy

Bunga Pansy.

Bunga pansy adalah tanaman bunga yang tumbuh semak dengan berbagai warna bunga yang menarik (biasanya biru, kuning, ungu, dan putih). Nama lainnya adalah Viola atau Violet. Memiliki dua tepal atas yang saling tumpang-tindih, dua sisi tepal dan satu tepal bawah.

113. Passion Flower

Bunga Passion Flower atau bunga Passiflower.

Bunga Passion Flower atau Passiflora adalah tanaman merambat yang bisa mencapai panjang hingga 10 m. Daunnya menjari dan beraroma harum, bunganya berwarna biru-putih yang terlihat menonjol karena terdapat koronal dengan pita berwarna putih, biru, dan coklat.

114. Peony

Bunga Peony.

Bunga Peony adalah salah satu bunga populer dan sering dijadikan sebagai bunga potong dalam skala besar. Memiliki bunga yang berukuran besar dan beraroma harum. Warna bunganya beragam mulai dari merah, ungu, kuning hingga putih.

115. Petrea

Bunga Petrea.

Bunga petrea adalah tanaman merambat yang aslinya dari Meksiko dan Amerika. Dijuluki pula sebagai sandpaper vine. Bunganya berwarna biru keunguan dan terusun memanjang di sepanjang tangkainya. Petrea tumbuh merambat, menjadikannya salah satu tanaman hias bunga yang sempurna untuk pergola, pagar dan tembok bangunan.

116. Petunia

Bunga Petunia.

Petunia adalah tanaman berbunga yang masih berhubungan erat dengan tanaman tomat, tembakau, kentang, dll. Bunganya berbentuk terompet dengan motif yang beragam, ada motif blaster (belang putih) dengan kombinasi berbagai warna seperti pink, merah, biru hingga jingga. Petunia juga populer ditanam di pot gantung.

117. Phlox

Bunga Phlox.

Phlox adalah tanaman bunga yang menghasilkan bunga berwarna ungu, biru pucat, merah cerah, dan putih. Biasanya beraroma harum. Mahkota bunganya berukuran kecil-kecil dan membentuk satuan bunga yang membulat.

118. Poinsettia

Bunga Poinsettia.

Bunga Poinsettia adalah spesies tanaman yang berasal dari Meksiko. Tanaman ini sangat terkenal dengan daunnya yang berwarna merah-hijau yang sering digunakan saat Natal. Semakin banyak menerima cahaya matahari maka warna bunga akan semakin terang.

119. Poppy

Bunga Poppy.

Bunga Poppy adalah tanaman berbunga yang memiliki mahkota bunga yang berbentuk cangkir. Salah satu spesies poppy yakni Papaver somniferum telah lama digunakan sebagai obat analgesik dan obat-obatan narkotika.

120. Portulaca

Bunga portulaca.

Bunga yang tumbuh pendek ini biasanya dijadikan sebagai penutup tanah. Warnanya bervariasi seperti merah, kuning, hingga oranye dan memiliki mahkota bunga yang lembut. Bunga yang juga dijuluki sebagai moss rose ini juga tumbuh baik bahkan di daerah yang bersuhu panas.

121. Pukul empat 

Bunga Pukul Empat.

Bunga Pukul Empat (Mirabilis jalapa) atau marvel of Peru adalah salah satu tanaman hias bunga yang banyak ditanam di Indonesia. Namanya berasal dari bahasa Latin, mirabilis artinya indah dan Jalapa merupakan ibukota Veracruz México. Yang menarik dari tanaman ini adalah bunganya yang beraneka warna dalam satu tanaman, bahkan bunganya bisa berubah warna. Mahkotanya mekar saat sore hari (sekitar pukul 4).

122. Quaker Ladies

Bunga Quaker Ladies.

Bunga Quaker Ladies atau dikenal juga sebagai Houstonia (bluet) adalah tanaman bunga yang tumbuh pendek dan kecil, bahkan ada yang tingginya hanya 3 cm. Mahkota bunganya terdiri dari 4 petal, biasanya berwarna biru, ungu, lavender, pink, dan juga putih.

123. Quince

Bunga Quince.

Quince sebenarnya merupakan tanaman buah yang masih berkerabat dekat dengan apel dan pir. Selain menghasilkan buah, Quince juga menghasilkan bunga yang sangat cantik. Bunganya terdiri dari lima petal dan biasanya berwarna pink, merah, dan putih. Tumbuh membentuk pohon sehingga sangat cocok ditanam di pekarangan rumah.

124. Rain Lily

Bunga Rain Lily.

Bunga Rain Lily merupakan tanaman bunga yang masih berkerabat dekat dengan tanaman Amaryllis. Bunganya akan mekar beberapa hari setelah hujan turun. Mahkota bunga berbentuk corong yang terdiri dari enam tepal bunga. Bunganya tegak menghadap ke atas atau sedikit merunduk, berwarna putih hingga kuning lemon. Aromanya manis dan menenangkan.

125. Ranunculus

Bunga Rununculus hasil persilangan.

Ranunculus adalah genus tanaman berbunga yang meliputi bunga buttercups, spearworts, dan water crowfoots. Mahkota bunganya mengkilap terutama yang berwarna kuning. Nama Ranunculus berasal dari bahasa Latin yang artinya “little frog” mengacu pada banyaknya spesies yang ditemukan di lokasi berair (layaknya katak).

126. Rondeletia

Bunga Rondeletia.

Bunga Rondeletia adalah tanaman yang menghasilkan bunga berukuran kecil-kecil dan bergerombol sehingga terlihat menyerupai sanggul. Rondeletia banyak ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

127. Rudbeckia

Bunga Rudbeckia memiliki banyak nama seperti Black-eyed-susans dan Coneflowers yang sudah dibahas pada no. 47 (Coneflowers).

128. Ruellia

Bunga Ruellia.

Bunga Ruellia merupakan tanaman hias yang sekaligus dijadikan sebagai tanaman obat. Ruellia sendiri diambil dari nama seorang fisikawan dan herbalis yaitu Jean Ruelle. Ciri khas dari tanaman ini adalah bunganya berbentuk terompet berwarna biru-ungu.

129. Salvia

Bunga Salvia.

Bunga salvia merupakan tanaman berbunga yang masih berkerabat dekat dengan tanaman herba sage. Warna bunga yang paling umum ditemui adalah merah dan ungu. Bunganya membentuk tandan dan tersusun membentuk pagoda.

130. Sunflower

Bunga Matahari.

Siapa yang tidak kenal dengan bunga matahari? Bunga yang populer karena bentuknya yang identik dengan matahari. Nama lain dari bunga matahari adalah Helianthus, namanya berasal dari bahasa Yunani yaitu helios artinya matahari dan anthos artinya bunga. Bunganya beragam warna, mulai dari warna kuning yang paling sering kita lihat, hingga yang jarang seperti ungu, merah, krem, jingga, dan perunggu.

131. Saponaria

Bunga Saponaria.

Saponaria dikenal juga dengan nama bunga soapworts. Bunganya mekar dalam jumlah banyak, biasanya berwarna pink atau putih. Saponaria berasal dari bahasa Latin yaito sapo artinya sabun dan -aria artinya berkaitan dengan, merujuk pada salah satu spesies yang digunakan sebagai bahan dalam pembuatan sabun.

132. Scabiosa

Bunga Scabiosa.

Scabiosa atau bunga pincushion adalah tanaman berbunga yang juga populer dijadikan sebagai bunga potong. Bunganya membulat menyerupai bantalan pin. Warna bunganya bervariasi, diantaranya biru, pink, putih, merah hingga merah gelap mendekati hitam.

133Snowdrop

Bunga Snowdrop.

Bunga Snowdrop (Galanthus) adalah tanaman berbunga yang menghasilkan bunga berwarna putih yang membungkuk, terdiri dari enam tepal dalam dua lingkaran. Terdapat tanda berwarna hijau kecil pada bagian dalam mahkotanya. Galanthus sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu gala artinya susu dan anthos artinya bunga merujuk pada bunganya yang berwarna putih bersih.

134. Soka

Bunga Soka.

Salah satu jenis bunga yang tumbuh baik di dataran rendah adalah bunga soka. Tanaman hias yang satu ini menghasilkan bunga yang mirip bintang dan berkumpul membentuk sanggul. Bunganya mekar dalam berbagai warna seperti merah, pink, kuning, jingga, hingga putih.

135. Statice

Bunga Statice.

Bunga Statice dikenal pula sebagai bunga Limonium, sea lavender, caspia, dan marsh-rosemary. Bunganya berukuran kecil dengan mahkota bunga terdiri dari lima lobus dan lima benarng sari. Bunganya berwarna merah muda, violet, ungu, kuning hingga putih. Beberapa spesies ada yang beraroma harum.

136. Stefanot

Bunga Stefanot.

Bunga stefanot (Stephanotis floribunda) atau dikenal juga dengan nama waxflower, Madagascar jasmine, bridal wreath, dan Hawaiian wedding flower. Dijuluki demikian karena bunga ini banyak digunakan sebagai hiasan pada sanggul pengantin. Mirip dengan bunga melati tapi yang ini ukurannya sedikit lebih besar.

137. Stock

Bunga Stock.

Stock (Matthiola incana) adalah tanaman bunga yang menghasilkan aroma harum menyegarkan. Bunganya muncul bergerombol dalam satu tangkai bunga yang tumbuh ke atas.

138Strawflower

Bunga Strawflower.

Bunga stawflower (Xerochrysum bracteatum) atau dikenal pula dengan nama golden everlasting. Salah satu warna yang banyak difavoritkan adalah yang berwarna merah dengan pusat bunga berwarna kuning keemasan. Stawflower dulunya adalah tanaman semak yang tumbuh liar dan kini telah banyak dikultivasi menjadi tanaman hias pekarangan yang populer.

139. Sweat Pea

Bunga Sweet Pea.

Bunga Sweet pea (Lathyrus odoratus) merupakan tanaman bunga yang aslinya berasal dari Sisilia, Italia Selatan. Warna bunganya sangat bervariasi dan populer dijadikan sebagai bunga potong.

140. Tabebuia

Bunga Tabebuia.

Bunga Tabebuia sejatinya merupakan tanaman pohon yang juga menghasilkan bunga. Tanaman ini berasal dari Brasil. Biasanya ditemukan di pinggir jalan sebagai pohon peneduh. Bunganya bervariasi, dari warna pink, merah, putih hingga kuning.

141. Thunbergia / Dolls’ shoes

Bunga Thunbergia.

Thunbergia mysorensis adalah tanaman bunga merambat yang juga dikenal sebagai Indian clock vine, lady’s slipper vine, brick & butter vine, dan dolls’ shoes. Bunganya unik berbentuk sepatu wanita, tipe menggantung, berwarna cerah yaitu kuning kombinasi merah maroon.

142. Tiger Flower

Bunga Tiger Flower.

Bunga Tiger Flower (Trigridia) adalah tanaman bunga yang memiliki corak seperti kulit pada harimau. Bunganya berumur pendek, biasanya mekar dalam sehari, namun akan menghasilkan beberapa bunga dalam satu tangkai.

143Triteleia

Bunga Triteleia.

Bunga Triteleia adalah tanaman bunga yang aslinya berasal dari Amerika Utara dan paling banyak ditemukan di California. Dikenal pula dengan nama Triplet Lily. Bunganya berbentuk terompet dan berwarna ungu.

144. Torenia

Bunga Torenia.

Bunga Torenia atau bunga bluewings atau wishbone flower adalah tanaman hias yang banyak dijadikan sebagai tanaman gantung dan tanaman penutup tanah karena tumbuh pendek. Bunganya berwarna ungu, biru, pink dan terdapat tanda berwarna kuning di mahkotanya.

145. Tulip

Bunga Tulip.

Salah satu bunga yang akrab di telinga adalah bunga tulip. Tanaman bunga ini sangat identik dengan negeri Belanda. Bunganya berukuran besar yang biasanya terdiri dari 6 helai daun mahkota. Warna dan motif bunganya beragam seperti jingga, merah, biru, kuning, ungu atau perpaduan gradasi berbagai warna.

146. Urn Plant

Bunga Urn Plant.

Bunga Urn Plant (Aechmea fasciata) adalah tanaman bunga yang masih satu keluarga dengan tanaman bromelia. Memiliki daun berbentuk bulat panjang yang tersusun dalam pola roset basal. Bunganya terlihat sangat cantik mirip mutiara berwarna merah muda.

147. Uva Ursi

Bunga Uva Ursi.

Bunga Uva Ursi (Arctostaphylos) memiliki nama lain bearberry, kinnikinnick, dan pinemat manzanita. Nama Uva-ursi sendiri berasal dari bahasa Latin yang artinya “grape of the bear”. Selain menghasilkan buah, uva ursi juga menghasilkan bunga yang mungil berwarna pink atau putih.

148. Verbena

Bunga Verbena.

Bunga verbena atau vervain adalah tanaman bunga yang berasal dari Asia dan Amerika. Bunganya berukuran kecil yang terdiri dari lima helai mahkota yang mekar bergerombol dan padat. Warna bunga yang paling umum ditemui adalah warna biru dan beberapa warna ungu, pink, putih, dan merah.

149. Vinca

Bunga Vinca atau bunga tapak dara.

Bunga Vinca atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama bunga tapak dara adalah tanaman perdu pendek. Di luar negeri dikenal pula dengan nama rose periwinkle. Bunganya beragam warna seperti ungu, pink, merah, putih, biru bergantung kultivarnya. Bunga vinca banyak dijadikan sebagai tanaman hias pekarangan.

150. Viola

Bunga Viola.

Viola merupakan nama genus yang terdiri dari banyak spesies (mencapai 600 spesies), termasuk diantaranya adalah pansy yang paling populer. Perbedaan mendasar dari viola dan pansy adalah bunga pansy biasanya terdiri dari banyak warna dalam satu mahkota sedangkan viola hanya satu warna, paling banyak dua.

151Violces

Bunga Violces.

Bunga Violces atau African Violet adalah tanaman bunga yang banyak dijadikan sebagai tanaman hias dalam ruangan (indoor). Daunnya berbulu halus dan membulat. Warna bunganya beragam seperti biru, ungu, hingga pink.

152. Wallflower

Bunga Wallflower.

Bunga Wallflower (Erysimum cheiri) sangat identik dengan bunganya yang berwarna jingga mencolok (kini telah banyak kultivar dengan berbagai warna bunga yang menarik). Bunga ini populer dijadikan sebagai tanaman hias pekarangan. Selain cantik, wallflower juga memiliki aroma harum yang manis.

153. Weigela

Bunga Weigela.

Bunga Weigela adalah tanaman berbunga yang berasal dari Asia Timur. Bunganya terdiri dari lima helai daun mahkota yang biasannya berwarna pink, putih, dan merah.

154. Wijaya Kusuma

Bunga Wijaya Kusuma.

Bunga Wijaya kusuma termasuk jenis bunga yang menebarkan aroma harum semerbak. Dikenal juga dengan nama fishbone cactus dan zig zag cactus. Wijaya kusuma masih berkerabat dekat dengan tanaman. Ciri khas dari tanaman ini adalah daunnya yang bergelombang.

155. Yarrow

Bunga Yarrow.

Bunga yarrow memiliki bunga kecil-kecil dan mekar bergerombol. Warna bunga yang paling umum dijumpai adalah yarrow yang berwarna putih.

156Zenobia

Bunga Zenobia.

Bunga Zenobia atau dikenal pula dengan nama Honeycup adalah tanaman berbunga yang tumbuh semak, asli Amerika Utara. Tanaman ini menghasilkan bunga berwarna putih yang membentuk corolla berbentuk lonceng.

157Zephyranthes

Bunga Zephyranthes memiliki nama lain Rain Lily yang telah dibahas pada no. 120.

158. Zinnia

Bunga Zinnia.

Bunga Zinnia adalah salah satu bunga yang banyak digemari dan paling banyak ditanam di pekarangan rumah. Zinnia difavoritkan karena kemampuannya yang mudah tumbuh dan perawatannya yang simple. Bunganya pun beragam bentuk dan warna, ada yang bermahkota single/tunggal hingga bermahkota double/tumpuk.

Itulah daftar nama bunga lengkap mulai dari A-Z. Artikel ini akan selalu kami perbaharui jika diperoleh nama bunga yang belum kami tuliskan.

4 thoughts on “Kumpulan Nama Bunga Lengkap (Dari A-Z) Beserta Gambar dan Penjelasannya

  1. andi nur says:

    Sy ingin pesan bibit bunga alamanda kuning, gardenia dan wijaya kusuma,ada tdk stokny? Sekalian info cara tanam n perawatany,sy msh pemula,trm kah

    • admin says:

      Halo Bu Yanti, bisa langsung disimulasikan saja Bu di toko kami, Ibu bisa langsung tambahkan barang ke keranjang, lalu coba klik pembayaran, masukkan alamat Bu, nanti akan keluar ongkos kirimnya. Jika setuju baru diselesaikan Bu pesanannya. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *