Macam-Macam Bonsai yang Paling Populer dan Pot yang Sering Digunakan

Tanaman bonsai merupakan tanaman yang semakin tua semakin terlihat begitu bernilai. Jika Anda merupakan pecinta tanaman hias maka Anda perlu untuk mengetahui mengenai macam-macam bonsai. Anda bisa memiliki tanaman bonsai yang cantik atau bahkan bisa membuatnya sendiri. Mengetahui mengenai tanaman bonsai akan memberikan Anda lebih banyak pengetahuan dan juga inspirasi yang nantinya bisa menghasilkan tanaman bonsai yang sangat cantik.

Anda bisa membuat tanaman bonsai sendiri atau bisa menemukannya di pasaran. Ada banyak jenis tanaman yang bisa di jadikan sebagai bonsai. Ciri-ciri dari tanaman yang baik untuk dijadikan bonsai adalah memiliki daun yang kecil serta batang yang keras.

Jenis Pohon yang Cocok untuk Bonsai

Ada beberapa macam macam bonsai yang bisa Anda pilih untuk dijadikan tanaman hias. Tanaman seperti asam londo banyak di impor ke Indonesia hanya untuk dijadikan bibit untuk tanaman hias. Batang yang keras serta memiliki kesan tua memang hal yang sangat penting untuk mendapatkan tanaman bonsai yang cantik. Daun yang dimiliki oleh asam londo juga relatif kecil sehingga sangat cocok untuk dijadikan bonsai yang rimbun. Anda bisa memiliki tanaman ini dengan mendapatkannya di tempat penjual tanaman bonsai. Jika Anda ingin mendapatkan bonsai cantik, maka bisa membeli tanaman ini.

Selain pohon asam londo, Anda juga bisa menggunakan beringin karet. Tanaman ini juga sangat cocok untuk dijadikan bonsai. Dengan menggunakan tanaman ini maka Anda bisa membentuk pohon bonsai dengan lebih mudah karena batangnya yang lentur. Selain beringin karet, macam-macam bonsai yang lainnya adalah dari cemara duri, asam jawa, beringin, azalea, dan masih banyak yang lainnya.

Bentuk-Bentuk Bonsai

Ada banyak sekali jenis bonsai yang bisa Anda temukan dengan beragam bentuk yang menarik. Anda bisa menemukan banyak bentuk pohon bonsai mulai dari bentuk sederhana hingga bentuk yang sangat unik. Macam-macam bentuk bonsai sangatlah beragam, bentuk yang paling umum adalah bentuk broom yang tegak keatas dengan daun yang rindang di bagian atas. Bentuk dari pohon bonsai juga sangat ditentukan dengan jenis dari macam-macam bonsai Jika pohon bonsai memungkinkan untuk dibentuk dengan bentuk yang lain maka Anda bisa menemukan bentuk yang lebih unik dari pohon bonsai.

Baca juga: Tanaman dan Bibit Bonsai yang Bagus dan Murah

Bonsai unik

Bentuk yang selanjutnya adalah tegak formal dengan beberapa ranting dan daun yang meruncing keatas. Selanjutnya yakni tegak informal yang bisa berbentuk S daan tegak ke atas. Bentuk yang lainnya adalah gaya miring ke atas. Tanaman ini membutuhkan pot khusus agar bisa diletakkan dengan aman dan mampu menopang berat dari pohon bonsai. Sudut untuk gaya ini adalah sekitar 6 hingga 80 derajat. Anda juga bisa menemukan tanaman bonsai dengan bentuk yang lebih unik yakni air terjun dengan bentuk yang menurut dari pot. Gaya lain yang bisa Anda jumpai adalah gaya bebas, gaya tersapu angin, gaya ganda,batang majemuk, hutan, tumbuh di atas batuan, gaya celah batuan, dan masih banyak lagi yang lainnya sesuai dengan selera seni pembuat pohon bonsai. Macam-macam bonsai ini tentu membuat Anda bisa menemukan lebih banyak pilihan menarik.

Pot Bonsai yang Beragam

Pot yang digunakan untuk menanam pohon bonsai juga memiliki fungsi yang sangat penting. Keindahan dari tanaman bonsai juga sangat dipengaruhi oleh pot yang digunakan. Keserasian antara pot dan juga tanaman bonsai akan membuat tanaman memiliki nilai yang tinggi. Ada banyak sekali macam-macam pot bonsai yang bisa Anda temukan. Pot dengan bentuk persegi panjang dan dangkal banyak sekali digunakan sebagai pot bonsai. Pot ini sangat cocok untuk banyak jenis bonsai. Bentuk yang selanjutnya adalah oval dangkal, bujur sangkar, ceper tak beraturan, bulat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika Anda ingin membuat tanaman bonsai maka Anda harus mempersiapkan pohon bonsai, bentuk yang Anda inginkan yang kemudian disesuaikan dengan pot yang akan digunakan. Pot untuk tanaman bonsai sangatlah beragam dan semuanya harus sesuai dengan macam-macam bonsai. Jika Anda ingin pohon bonsai tegak lurus maka Anda bisa memilih pot ceper, atau yang lainnya. Namun jika Anda menyukai bonsai dengan bentuk menggantung, maka Anda juga perlu memilih pot khusus yang mampu mendukung keindahan dari pohon bonsai Anda.

Lihat di sini daftar tanaman bonsai kami.

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA