Tanaman dan Bibit Bonsai yang Bagus dan Murah

Memiliki kebun minimalis yang cantik tentunya merupakan idaman setiap orang. Selain itu, halaman yang asri dengan banyaknya tanaman hijau akan menambah suplai oksigen di dalam rumah kita sehingga akan terasa lebih sejuk. Memiliki kebun yang tidak begitu luas, membuat kita harus pandai-pandai memilih tanaman yang cocok untuk pemanis kebun minimalis kita. Salah satu tanaman yang recomended pengisi kebun Anda adalah bonsai. Namun tidak semua tanaman dapat dijadikan bonsai ya, ada beberapa jenis bibit bonsai yang bagus dan juga berharga murah. Bonsai ini juga sangat pas mengisi kebun Anda.

Bonsai Cantik Penghias Kebun

Bonsai memang memiliki banyak sekali ragam dan juga jenisnya. Seni mengkerdilkan pohon ini memang sudah tidak asing lagi, bibit bonsai pun juga memiliki harga yang bervariasi. Ada beberapa jenis bonsai yang bagus dan sangat recommended untuk mengisi kebun Anda. Berikut ini ulasan lebih lengkapnya.

Bonsai dari Asam Londo

Bonsai Asem Londo

Bibit bonsai yang dapat menjadi rekomendasi pertama adalah bonsai dari asam londo. Tanaman ini sebenarnya sangat mirip dengan tanaman asam Jawa. Namun yang menjadi perbedaannya adalah tanaman bonsai ini berasal dari luar negeri, sedangkan asam Jawa merupakan tumbuhan asli Indonesia. Bonsai ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu umurnya yang panjang, bentuk yang unik serta batang yang kokoh. Tidak heran bila tanaman ini sering dijadikan sebagai tumbuhan bonsai.

Bonsai Beringin Karet

Bonsai Beringin Karet

Tumbuhan ini memiliki tekstur batang yang mudah dibentuk. Sebab karakter batang beringin ini lentur seperti karet. Tumbuhan ini sering dijadikan bonsai karena memiliki bentuk yang menarik dan juga bagus. Bukan hanya itu saja, bonsai unik dan menarik ini memiliki daun yang lebat, sehingga sangat cantik jika dijadikan penghias rumah. Biasanya harga bibit bonsai murah jenis beringin karet ini mudah ditemukan di tempat penjual bunga.

Bonsai Cemara Duri

Bonsai Cemara Duri

Tanaman yang satu ini memang memiliki karakter kayu yang keras dengan serat kayu unik yang melingkar. Pohon cemara duri ini dapat hidup dengan lama bahkan hingga beratus-ratus tahun. Bentuk daun yang lebat dan runcing membuat bonsai cemara duri ini banyak diincar banyak orang. Bila kita membeli bonsai cemara duri yang sudah cukup besar, harga yang ditawarkan juga tergolong mahal. Namun kita dapat mensiasatinya dengan cukup membeli bibit bonsai cemara duri saja, kemudian menanamnya sendiri.

Baca juga: Bonsai Termahal di Indonesia

Teknik Merawat Bonsai

Setiap tanaman tentunya membutuhkan perawatan yang baik agar menghasilkan tanaman yang indah dan tidak mati. Seperti juga dengan bonsai, untuk merawat tumbuhan kerdil ini memiliki teknik perawatan yang cukup agar tidak mati. Sangat disayangkan bukan, bila kita sudah membeli bibit bonsai kemudian menanamnya tanpa melakukan perawatan. Pastinya bonsai akan mati. Perawatan tersebut tidak hanya menyiram atau mengganti potnya saja. Ada teknik lain yang juga harus dilakukan yakni pemupukan.

Jika kita memiliki bibit bonsai yang bagus, agar tumbuh dengan bagus juga lakukan pemupukan dengan dosis yang tepat. Gunakan pupuk urea atau NPK sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan bonsai. Berikan juga pupuk untuk daun bonsai agar semakin lebat. Untuk pupuk bonsai cukup lakukan satu bulan sekali, dan untuk daun lakukan tiga kali sebulan.

Baca juga: Tips Bagaimana Cara Membuat Bonsai Pohon Asem yang Paling Mudah

Nah itulah sedikit ulasan kita mengenai tanaman dan bibit bonsai yang bagus dan murah. Tanaman bonsai memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai penghias rumah dan juga kebun kita. Ada berbagai macam jenis bonsai yang unik dan indah. Bila Anda ingin menanam bonsai, ada banyak sekali toko tanaman yang menjajakan bibit tanaman ini dengan harga yang murah dan juga berkualitas.

Lihat di sini koleksi tanaman bonsai kami.

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA