Tips Bagaimana Cara Membuat Bonsai Pohon Asem yang Paling Mudah

Membuat halaman rumah Anda lebih indah dan menarik dapat dilakukan dengan cara menanam tanaman bonsai. Bonsai dapat dibuat dari berbagai macam tanaman. Jika Anda sedang mencari tanaman mana yang dapat dijadikan bonsai untuk halaman rumah, Anda dapat membuat bonsai dari pohon asam jawa. Bonsai dari tanaman pohon asam akan membuat halaman menjadi lebih menarik. Untuk membuat bonsai pohon asam ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti penjelasan di bawah ini

Langkah-Langkah Membuat Bonsai Asam Jawa

Langkah yang pertama untuk membuat bonsai yang terbuat dari pohon asam adalah dengan memilih bibit pohon asam. Caranya Anda dapat mensemaikan biji asam yang sudah tua atau dengan mencangkok pohon asam yang sudah tua dan mengambil calon bakal untuk bonsai. Jika Anda ingin membuat bonsai dari pohon asam, untuk mengambil bibitnya jangan pernah Anda melakukan stek karena pohon asam tidak bisa distek. Untuk membuat bonsai yang lebih mudah Anda dapat menggunakan biji asam yang sudah tua.

Cara membuat bonsai pohon asem dari biji yang disemaikan adalah sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama adalah Anda bisa memilih biji asem yang sudah masak. Kemudian, rendamlah biji asem tersebut ke dalam wadah seperti baskom atau mangkok selama satu minggu dan biarkanlah terbuka. Dengan merendam biji asem, maka cangkang biji asem dapat mengelupas dengan mudah.
  2. Lalu langkah yang selanjutnya untuk cara membuat bonsai pohon asem adalah dengan mengikat biji asam jawa yang sudah direndam kemudian redamlah biji tersebut bersama pupuk pertumbuhan.
  3. Langkah berikutnya adalah dengan menanam biji tersebut ke dalam polibag atau pot yang sudah diberi pupuk dan media. Media yang digunakan untuk membuat bonsai pohon asem terdiri dari tanah, kompos, pupuk kandang, dan pasir. Dalam menimbun bijinya jangan terlalu dalam.

Baca juga berita bonsai lainnya: Tips Membuat Tanaman Bonsai Buah yang Indah dan Mudah

Setelah menimbun biji asem jawa, langkah berikutnya yang dilakukan adalah dengan membentuk pohon asem yang sudah tumbuh. Untuk membentuk bonsai caranya adalah dengan membentuknya berdasarkan model yang dikehendaki. Contoh model bonsai misalnya adalah model tegak berkelok-kelok, bentuk akar terjalin, bentuk sarung angin, bentuk miring, dan lain sebagainya. Cara membuat bonsai pohon asem dengan bentuk tersebut dapat memudahkan Anda dalam membuat bonsai. Kemudian, aturlah diameter batang pohon asem yaitu untuk bagian bawah lebih besar dari bagian bagi atas. Semakin ke atas semakin kecil dan seimbang.

Lihat di sini berbagai macam peralatan bonsai yang bisa Anda gunakan di rumah.

Kemudian, untuk mendapatkan bentuk bonsai yang bagus Anda harus rajin-rajin dalam memangkas pohon tersebut. Pemangkasan dalam cara membuat bonsai pohon asem juga dapat membuat daunnya semakin lebat dan semakin bagus. Merapikan bentuk bonsai akan membuat pohon bonsai Anda semakin sehat. Selain itu, perawatan bonsai pohon asem, Anda harus memberikan pupuk yang dapat membuat tanaman tumbuh dengan subur. Pupuk yang bagus adalah pupuk yang murni dan tidak mengandung bahan kimia. Untuk membuatnya sehat, juga perlu memperhatikan kadar air yang diperlukan oleh bonsai.

Baca juga ya: Cara Mudah Membuat Bonsai Bambu

Langkah-langkah yang telah disebutkan di atas merupakan langkah dalam cara membuat bonsai pohon asem. Dalam membuat bonsai dari pohon asem ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti bibit, media, dan bagaimana membentuk dan merawat bonsai tersebut. Anda harus benar-benar telaten dalam merawatnya untuk mendapatkan bonsai yang sehat dan indah.

Lihat di sini koleksi tanaman bonsai kami.

Save

2 thoughts on “Tips Bagaimana Cara Membuat Bonsai Pohon Asem yang Paling Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA