Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Bayi

buah naga

Buah naga (Phitahaya) merupakan buah yang berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Meksiko. Buah ini sendiri masuk ke Indonesia pada tahun 2000 dan sangat digemari karena dikenal memiliki nilai kandungan gizi yang sangat tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Buah berbentuk unik dengan sulurnya yang menyerupai sisik naga ini terdiri atas beberapa jenis, seperti jenis Hylocereus Undatus (buah berwarna merah dengan daging buah putih), jenis Hylocereus Polyrhizus (buah berwarna merah muda dengan daging buah merah), jenis Selenicereus Megalanthus (buah berwarna kuning dengan daging buah putih) dan jenis Hylocereus Costaricensis (buah berwarna sangat merah).

manfaat buah naga

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Bayi

Dengan tekstur buahnya yang sangat lembut dan mengandung banyak air, buah naga cocok untuk dikonsumsi semua kalangan usia, termasuk bayi sekalipun. Kandungan gizi yang terdapat di dalamnya, seperti vitamin, mineral, protein, fosfor, karoten, kalsium, serat, lemak dan riboflavin, sangat cocok dalam membantu proses tumbuh kembang dan kesehatan bayi. Berikut beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan bayi:

  1. Buah naga memiliki kandungan karotin yang dapat bermanfaat untuk kesehatan mata, menguatkan otak serta mencegah masuknya sumber penyakit ke dalam tubuh. Anda dapat mengolah buah ini untuk dijadikan makanan jelly, kemudian jelly dihaluskan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada bayi agar dapat dengan mudah dicernanya.
  2. Buah naga dikenal kaya akan kandungan vitamin dan mineral sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dari berbagai kalangan usia. Memberi asupan buah naga sedari anak masih bayi dapat menguatkan sistem imunnya yang dapat melindunginya dari berbagai penyakit. Selain itu pula dapat meningkatkan daya kerja otaknya sehingga anak akan tumbuh menjadi lebih cerdas.
  3. Dengan kandungan vitamin C serta antioksidan yang tinggi di dalam buah naga, dapat membantu tubuh bayi dalam menangkal radikal bebas. Anda dapat mengolah buah ini menjadi bubur dengan merebusnya bersama pisang hingga menjadi lunak, kemudian dihaluskan dengan tambahan susu dan setelah dingin, bubur pun siap disajikan.

Dengan banyaknya kandungan gizi dan mineral yang terdapat pada buah naga, tentunya memiliki banyak manfaat pula terhadap tubuh manusia. Hingga sekarang pun belum ditemukan efek samping dari mengkonsumsi buah naga ini sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian konsumsi buah naga dengan rutin terhadap bayi dapat membantu tumbuh kembang serta menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi.
Beli Bibit Buah Naga »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *