Membuat Pupuk atau Nutrisi Hidroponik Sendiri

Seperti yang kita ketahui bahwa sistem hidroponik berbeda dengan sistem tanam dengan media tanah, dalam hal ini media yang digunakan hidroponik adalah air. Tentunya pembuatan nutrisi / pupuk untuk jenis tanaman ini berupa cairan nantinya.

Baca juga: Memahami Dasar Dari Sistem Hidroponik

Campuran nutrisi hidroponik

Dalam pembuatan nutrisi hidroponik dapat menyesuaikan dengan kebutuhan jumlah tanaman yang akan ditanam dalam sistem hidroponik, jika dalam sekala rumahan atau konsumsi sendiri pupuk yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan bahan yang akan digunakan tidak susah didapat, sebelum menjelaskan berapa takarannya, kami akan menerangkan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan nutrisi hidroponik ini.

Unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman yaitu unsur makro dan mikro, jika unsur tersebut terpenuhi alhasil tanaman akan tumbuh dengan baik. Di dalam penanaman tanaman hidroponik unsur makro lebih dibutuhkan atau kebutuhan unsur makro lebih banyak dibandingkan dengan metode tanam dengan media tanah, yang harus terpenuhi dalam sistem tanaman hidroponik yaitu unsur makro seperti Ca ( kalsium ), K ( kalium ), P ( fosfor ), N ( nitrogen ), S ( sulfur ), dan Mg ( Magnesium ). Sedangkan untuk unsur mikronya seperti Mn ( Mangan ), Fe ( Besi ), B ( Boron ), Ci ( klor ), dan Mo ( Molibdenum ).

Pada Nutrisi (hara) yaitu Nitrogen dibutuhkan saat tanaman bertumbuh atau saat awal bertunas dan saat daun terbentuk.

Fosfat diberikan saat tanaman membutuhkan nutrisi hal ini untuk menumbuhkan akar tanaman sehingga nantinya tanaman menyerap nutrisinya dengan akar tersebut.

Kalium berfungsi pada proses peralihan fase vegetatif ke face reproduktif atau pembentukan buah, termasuk kebutuhan yang penting saat proses fotosintesis.

Saat pemberian nutrisi ini juga berkaitan dengan pH atau kadar asam larutan nutrisi tersebut, untuk memiliki nutrisi yang dibutuhkan tanaman, larutan nutrisi haruslah dikontrol sehingga mendapatkan pH yang pas untuk tanaman dan pada umumnya pH yang di butuhkan yaitu 5,5 – 6,5.

Untuk mendapatkan bahan nutrisi hidroponik Anda bisa mencarinya di toko pertanian terdekat, atau Anda juga bisa membelinya di toko online yang menyediakan kebutuhan hidroponik. Seperti pupuk AB mix tergolong pupuk yang sudah banyak dikenal dan sudah sering untuk digunakan pada sistem hidroponik, tetapi untuk pupuk AB mix ini tergolong mahal. Harga pupuk tersebut di antara 80.000 sampai 100.000 untuk satu paket pupuk A dan B dalam jumlah 1000 liter. Namun Anda jangan khawatir karena jenis nutrisi ini bisa dibuat sendiri dengan cara membuat campuran formula Gandasil+NPK+KCI, sehingga lebih murah harganya dan untuk membuat 1000 liter nutrisi hanya diperlukan biaya sekitar 30.000, hal ini dapat lebih memperkecil biaya dalam membuat tanam hidroponik.

Pupuk nutrisi hidroponik

Di bawah ini formula yang bisa diracik sendiri, kami terangkan untuk bahan dan alat yang dibutuhkan yaitu :

(Dibuat untuk sepuluh liter nutrisi larutan)

  • Timbangan
  • Alat untuk mengaduk
  • Ember kapasitas minimal 10liter
  • 3 Gelas (bisa menggunakan gelas plastik bekas)
  • Pupuk kandasil D 5 gram ( Growmore Green ) setengah sendok makan
  • Pupuk NPK 16-16-16 – 10 gram atau bisa menggunakan NPK mutiara – 1 sendok makan
  • Pupuk KCI 10 gram – 1 sendok makan
  • 10 liter air, jika Anda menggunakan air PDAM lebih baik diendapkan terlebih dahulu selama -+ 7hari, akan lebih baik jika Anda menggunakan air sumur atau air sungai

Cara Pembuatan :

  • Silakan isikan air kedalam 3 gelas plastik masing-masing 100ml / kira-kira setengah gelas
  • Berikutnya silahkan larutkan pupuk Gandasil,KCI dan NPK ke dalam gelas plastik, silahkan pastikan pupuk terlarut untuk menghindari terjadinya endapan dan dicampur sendiri-sendiri
  • Siapkan atau masukan air 10liter kedalam ember lalu campurkan ke 3 racikan larutan ke dalam air tersebut, aduk hingga merata dan tercampur dengan sempurna

Campuran nutrisi atau formula di atas cukup untuk menutrisi tanamaan saat pertunasan (vegetatif) pada tanaman seperti kangkung dan sawi. Sedangkan untuk pertumbuhan pertunasan tanaman hidroponik cabe bisa ditambahkan dengan pupuk urea dan untuk jenis tanaman mentimun, terong dan tomat disarankan ditambah pupuk urea dengan takaran sekitar 20 gram di dalam racikan tersebut.

Campuran formula untuk pembuahan dan pembungaan dalam tanaman yang berbuah lebih baik pupuk urea dikurangi 50% sekitar 5gram untuk 10 liter nutrisi (untuk tanaman cabe), 10gram per 10 liter untuk tanaman tomat, mentimun dan terong. Untuk pupuk jenis NPK ditambahkan 50% atau 15-30 gram per 10 liter racikan nutrisi dan pupuk jenis Gandasil D dgantikan dengan pupuk Gandasil B atau Growmore Red/merah.

Demikian salah satu racikan formula untuk pembuatan nutrisi tanaman hidroponik, masih ada beberapa racikan lain yang nanti akan dibahas di postingan berikutnya. Terimakasih sudah berkunjung.

Lihat di sini berbagai jenis perlengkapan hidroponik kami.

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA