Memahami Dasar Dari Sistem Hidroponik

Pada awalnya mendengar sistem hidroponik memang terlihat sangat rumit, tetapi setelah dipelajari ternyata sistem tanam ini sangat sederhana dan mudah untuk kita praktekkan. Pada sistem hidroponik ini dibagi menjadi 6 sistem yaitu Drip System (tanpa pemulihan dan pemulihan), Ebb – Flow (Membanjiri dan menguras), N.F.T. (Nutrient Film Technique), Water Culture (kultur air), Aeroponics, Wick System (sistem sumbu). Lebih sederhananya adalah akar tanaman membutuhkan 3 hal yaitu utnrisi, air atau kelembaban, dan oksigen untuk tanaman. Untuk keenam sistem hidroponik yang d sebutkan tadi hanyalan cara untuk mempraktekannya saja. Kami akan jelaskan satu per satu pada tautan di bawah ini.

Contoh tanaman sayur hidroponik

Dari ke enam jenis sistem hidroponik di atas pada dasarnya hidroponik itu didasarkan pada ke enam sistem tersebut, Anda pun dapan mengombinasikan beberapa sistem tergantung pada kreatifitas Anda sendiri, yang harus dipahami adalah dalam sistem hidroponik akar membutuhkan nutrisi,air atau kelembaban dan oksigen. Jika Anda sudah memahami tiga hal tersebut maka Anda dapat menggabungkan cara-cara tanam hidroponik.

Yang perlu diketahui sebelum membuat sistem hidroponik

Dalam membuat sistem tanam hidroponik pertama yang perlu dipertimbangkan adalah tentang jenis tanaman apa yang akan Anda tanam, lalu lahan atau ruangan yang akan Anda tempati untuk menanam setelah itu Anda tentukan media apa yang akan Anda gunakan, setelah itu Anda siapkan kebutuhan apa saja yang akan digunakan pada sistem yang akan memenuhi kebutuhan tanaman, misalnya seperti ukuran pada tanaman, ukuran pada akar, dari oksigen ke akar, banyaknya air dan sebagainya. Biasanya untuk satu jenis tanaman dapat cocok pada satu jenis sistem hidroponik dan tidak cocok untuk jenis tanaman yang lain.

Perlu diingat saat Anda merancang, membeli dan saat mambangun sistem hidroponik yaitu yang pertama Anda perlu di pertimbangkan sistem yang akan Abuat tidak hanya digunakan untuk sekali saja, pertimbangkan tentang keawetan bahan dan sebagainya.

Lihat di sini berbagai jenis perlengkapan hidroponik kami.

Save

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA