Mengenal Jenis Pohon Palem untuk Tanaman Hias

Jenis Pohon Palem – Tanaman memiliki banyak jenis dan golongan, baik yang bermanfaat bagi manusia atau yang berbahaya bagi manusia. Nah, salah satunya adalah tanaman pohon palem. Bunda pasti sering melihat tanaman ini di pinggir pantai atau di kebun dan hutan. Tanaman palem merupakan satu jenis bersamaan dengan tanaman pinang lainnya atau Arecaceae .

Ada beberapa ciri yang dimiliki pohon palem, di antaranya :

  • Pohon palem memiliki bentuk tumbuh tegak dengan satu batang utama saja dan menjulang tinggi. Pohon ini dikatakan sangat jarang membentuk cabang.
  • Bunga tersusun dalam bentuk karangan bunga dan bukan bunga terpisah
  • Biji buah tanaman palem agak cair dan akan semakin mengeras saat bijinya tua
  • Daun memiliki pelepah layaknya pohon kelapa, daunnya hampir serupa karena termasuk daun majemuk dan daun membungkus batangnya
  • Akarnya tumbuh dari pangkal, namun walaupun pohon besar tanaman palem termasuk tanaman yang berakar serabut
  • Ciri terakhir yakni batangnya tidak memiliki kambium yang sejati

Jenis palem dan Gambarnya

Tanaman palem memiliki banyak sekali jenis, beberapa di antaranya yang sering ditemukan dan ditanam yakni :

Palem kipas

Tanaman Palem Kipas

Palem kipas cukup mudah ditemukan sebagai pohon yang ditanam di taman-taman. Palem kipas juga cukup disukai karena bentuk daunnya yang menyerupai kipas. Daunnya berbentuk unik dan tingginya hingga mencapai 10 meter. Sehingga palem kipas sering dijadikan pohon untuk menaungi.

Palem kuning

Jenis ini cukup banyak ditanam. Palem kuning berasal dari madagaskar dengan tubuh yang tinggi kurus dan daun khas tanaman palem yang berdaun majemuk. Tanaman palem kuning walaupun termasuk pohon yang tinggi, namun tumbuh secara bergerombol. Palem kuning berasal dari Madagaskar.

Palem raja

Palem ini dirasa salah satu palem yang banyak ditemukan di Indonesia. Terutama di lapangan besar dan luas. Palem raja memiliki tubuh yang tinggi besar dan juga tinggi yang mungkin lebih dari 5 meter. Batangnya juga besar namun tidak sebesar palem botol. Daunnya rimbun dan berbentuk majemuk, serupa dengan pohon kelapa namun tumbuh lurus dengan diameter batang cukup besar.

Palem botol

Tanaman palem botol merupakan palem yang paling unik. Dikatakan palem botol karena mirip dengan botol dengan batang membulat dan padat atau pendek. Daunnya melebar dan besar dengan jenis yang sama yakni majemuk. Tanaman hias ini juga terkenal di Amerika dengan sebutan Bottle palm.

Palem Pinang

 

Terkahir yakni palem pinang atau biasa disebut Betel palm. Pohon ini memiliki ketinggian 25 meter. Karena batangnya yang kokoh dan lurus serta sedikit berundak maka batang pohon palem pinang sering dijadikan sebagai bahan utama untuk buat lomba panjat pinang ketika kemerdekaan Indonesia.

Itu tadi jenis dan penjelasan mengenai pohon palem. Jika memiliki halaman yang luas atau taman yang melebar kenapa tidak ditanam pohon yang satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Online, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung 😘