Cara Sederhana Membuat Tanaman Bonsai di Rumah

Bagi Anda para pecinta tanaman hias, bonsai sudah tidak asing lagi. Tanaman yang berbentuk aneh dan mungil ini bukanlah tanaman palsu yang dibuat dari kertas. Melainkan tanaman yang aslinya berukuran sangat besar dan diubah menjadi miniatur yang memang asli tanaman hidup.

Tanaman ini berasal dari negara yang biasa hidup empat musim, khususnya Jepang dan China. Tanaman bonsai sendiri memiliki ciri khas yakni, ukurannya yang kecil dan ditempatkan dalam sebuah pot (ukuran yang jauh berbeda dari ukuran asli) dan bagian akarnya yang terlihat atau batangnya yang sama-sama besar dan kokoh namun dalam bentuk atau versi yang lebih kecil.

Jenis Tanaman yang Dapat Dijadikan Bonsai

Adapun beberapa tanaman yang biasa dijadikan tanaman bonsai yaitu :

  1. Cemara

Tahu lagu anak-anak kan? Tentu saja Anda juga tahu mengenai cemara. Tanaman yang biasa berada di puncak gunung ini tekrenal berbentuk tinggi hingga 25 meter . selain itu tanaman cemara dianggap pohon yang menyegarkan karena kayunya keras dan beralur indah. Tajuknya pun besar. Namun ternyata cemara ini bisa menjadi mungil dan bonsai. Seperti cemara duri, cemara buaya dan juga cemara laut.

  1. Jeruk

Di China, pohon jeruk dan buah jeruk dianggap buah suci. Untuk itu bonsai dari tanaman atau pohon jeruk bukan hal yang aneh. Bahkan pohon ini tetap bisa berbuah layaknya pohon lainnya. Jeruk yang bisa dijadikan bonsai yakni jeruk keprok dan jeruk kingkit. Tanaman jeruk ini sangat menarik karena selain pohonnya yang menjadi kecil, namun buah jeruk yang khas berwarna oren dan beraroma tetap bisa berbuah di pohon bonsai tersebut.

  1. Pinus

Seperti yang diketahui pohon bergetah dan berbatang keras ini tingginya bisa mencapai 40-50 meter.  Ternyata pohon ini bahkan bisa dibuat menjadi bonsai. Tingginya kurang lebih sekitar 1 meter jika dijadikan bonsai. Tentu saja ukuran yang jauh dibanding aslinya.

Cara Membuat Bonsai

Jika Anda ingin membuat bonsai ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan. Baik perlakuan secara kimia, genetik maupun fisik.

  • Langkah pertama yakni siapkan bonggol tanaman, misalnya beringin. Pilih pola sesuai selera.
  • Siapkan pot yang sesuai dengan ukuran bonsai dan juga bentuk dari bonsai. Selain itu sediakan kawat ukuran 2-3 mm dan gunting untuk membuatnya
  • Selanjutnya adalah siapkan media tanam, biasanya media tanam terdiri dari tanah padat atau bisa juga batu-batuan dan kerikil berukuran sangat kecil.
  • Ke empat, bisa membuat pola bonsai dibentuk menggunakan kawat yang sudah disipakan tadi. Fungsinya untuk menahan dahan dan membentuk pola. Jika sudah maka ikat kuat
  • Proses selanjutnya Anda bisa menanam dan merawatnya. Jangan lupa beri pupuk setelah ditanam seperti pupuk NPK.
  • Terakhir yakni perawatan. Pada fase awal penanaman adaptasi akan dilakukan maka jangan dulu gunakan pupuk dan biarkan akar dari tanaman tersebut terbiasa. Usahakan utnuk tidak terkena matahari langsung karena akan menghambat pertumbuhan akar.

Tahapan pemangkasan bonsai

Jika bonsai sudah tumbuh terutama di pot Anda harus bisa menjaga bonsai agar tidak berlebihan, baik bagian akar maupun bagian daun. Anda juga bisa membentuknya menjadi model yang cantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Online, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung 😘