Mengenal Tanaman Buah Jeruk Dekopon

Apa Anda pernah mendengar mengenai jeruk dekopon? jeruk ini sedang naik daun akhir-akhir ini. Bukan karena rasanya saja melainkan juga keunikan yang diberikan. Berbeda dengan jeruk lain, jeruk dekopon berasal dai Jepang dan hasil dari persilangan alam. Dengan karakter yang cocok akhirnya Indonesia mencoba menanam jeruk dekopon dan mulai berhasil sejak tahun 2013. Sehingga jeruk dekopon mulai populer dan banyak yang menyukai. Bentuknya yang unik dan juga tidak lazim disebut salah satu daya tarik. Di Indonesia sendiri jeruk dekopon di tanam di Ciwiday Bandung karena dianggap paling ideal baik dari suhu maupun kondisi tanam.

 

Syarat tumbuh Jeruk Dekopon

Jika Anda ingin menanam jeruk dekopon ada beberapa syarat tumbuh yang harus diperhatikan. Jeruk dekopon hanya bisa tumbuh di ketinggian diatas 1000 m dpl atau diatas permukaan laut.  Dengan begitu jeruk ini hanya bisa ditanam di daerah dingin. Seperti di Bandung, Bogor maupun Malang jika menyangkut daerah tinggi di pulau Jawa.

Kebutuhan matahari jeruk dekopon sekitar 12 jam atau sepanjang hari penyinaran. Penyiraman dilakukan hanya satu kali dengan rekomendasi ukuran pot sekitar lebih dari 50 cm. Selain itu cara penanamannya secara vegetatif saja. Karena beberapa petani merasa lebih mudah. Selain itu, dekopon juga memerlukan daerah yang jauh dari hama dan penyakit serta tanah yang gembur.

Media  dan sistem tanam untuk jeruk dekopon

Media tanam yang bisa Anda siapkan untuk menanam jeruk dekopon yang baik adalah sekam hitam, pupuk organik, dan juga tanah yang subur. Untuk ukuran sekam hitam sekitar 60% dibandingkan dengan tanah subur 20 % dan sisanya ukuran pupuk organik. Semua media tanam dicampurkan dan diaduk dengan rata setelah itu diletakan d pot yang sudah disiapkan.

Untuk bahan tanam yang bisa digunakan bisa berasal dari bibit yang sudah banyak dibeli di toko pertanian. Anda tinggal memindahkannya ke pot dan merawatnya. Bisa juga menggunakan sistem entres atau menggunakan induk okulasi yang ditanamkan. Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan sistem cangkok dan juga menggunakan sistem kultur jaringan. Pada sistem terakhir mungkin Anda akan mendapatkan bibit yang lebih mahal dibanding yang lainnya.

a

Bisa saja di dataran rendah

Sebenarnya bisa jeruk dekopon ditanam di bawah 800 m dpl namun hasilnya tidak akan maksimal. jeruk dekopon pada darah tersebut hanya akan berasa buah yangmanis dan gurih, namun tidak besar dan dagingnya pun tidak sebesar jeruk dekopon di tempat dingin. Mungkin bagi Anda yang menggunakannya sebagai bisnis, jangan menanam bibit jeruk dekopon di lahan dataran rendah, melainkan usahakan di daerah tempat dingin agar produksi maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Online, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung 😘