Khasiat Dan Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan

Tanaman Jarak merupakan spesies tanaman dari Euphorbiaceae dan tergolong genus Ricinus, subtribe Ricininae. Tumbuhan ini biasa terdapat di hutan, tanah kosong, daerah pantai, dan juga ada yang dikembangkan dalam perkebunan. Jarak termasuk tanaman perdu yang memiliki daun tunggal antara 7 – 9 dan berdiameter 10-40 cm.

Di indonesia sendiri pohon jarak memiliki nama sebutan yang berbeda, di Jawa Barat disebut ‘Kaliki’. Di Sumatera, jarak dikenal dengan nama Dulang ada juga yang menamainya dengan Gloah, dan di Madura, jarak disebut Kalek.

Dinilai 2.00 dari 5
Rp 26.000 dari BB Plant

BB Plant

Kota Batu

Dinilai 4.67 dari 5
Rp 26.000 dari BB Plant

BB Plant

Kota Batu

Dinilai 5.00 dari 5
Rp 20.000 dari BB Plant

BB Plant

Kota Batu

Sempat dihebohkan juga dengan sebuah penemuan minyak biji jarak yang dapat digunakan sebagai alternatif pengganti bahan bakar minyak. Saat itu banyak orang-orang di pedesaaan menanam pohon jarak. Namun sekarang entah bagaimana kelanjutan nasibnya. Tidak jelas sama sekali. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja  kumpulan khasiat daun jarak berikut kami rangkum.

Manfaat Daun Jarak, Biji Buah Jarak dan Getah Pohon Jarak

Tanaman jarak memiliki kandungan minyak dan zat ricin, sejenis racun yang mematikan. Pohon jarak adalah satu-satunya tumbuhan yang bijinya kaya akan asam lemak hidroksi (asam ricinoleat). Dengan adanya asam lemak ini membuat minyak biji jarak memiliki kekentalan yang stabil pada suhu tinggi sehingga minyak jarak dapat digunakan sebagai campuran pelumas.

Berikut ini beberapa zat dan senyawa yang terkandung dalam tanaman jarak dimulai dari bagian batang, daun, getah hingga bijinya:

  • Pada bagian daun jarak ditemukan senyawa kaemfesterol, sitosterol, stigmasterol, amirin dan teraksrol.
  • Pada biji tanaman jarak (Jatropha curcas L.) terdapat kandungan β-glukanase  yang memiliki aktivitas antifungi, toksalbumin dan curcin yang tidak hanya memiliki aktivitas sebagai antifungi, tetapi kandungan kimia ini juga bermanfaat sebagai antikanker (Reff : Ditjenbun, 2007).
  • Getah Tanaman Jarak Pagar memiliki kandungan flavonoid, saponin, dan jatrophie yang bersifat antijamur.
  • Ampas dari Biji Jarak yang sudah diperas minyaknya mengandung nitrogen, kalium dan fosfat.
  • Kulit Batang Jarak Pagar mengandung tanin, malam, resin dan saponin.

Khasiat Utama Tanaman Jarak Bagi Kesehatan Tubuh

  • Manfaat Daun Jarak Pagar untuk Bayi yang Keputihan

Pada bayi yang sedang dalam masa menyusui, biasanya terdapat bercak putih yang menempel pada langit-langit lidah. Hal ini dapat menyebabkan bayi enggan untuk menyusui dan berat badannya cenderung naik. Untuk mengatasinya-nya, Andabisa memanfaatkan getah daun jarak pagar. Biasanya daun jarak yang baru dipetik akan mengeluarkan getah pada tangkai daunnya. Nah, oleskan getah itu pada lidah bayi dan keputihan akan keluar bersama dengan air liur bayi.

  • Mengatasi Perut Kembung dan Masuk angin pada bayi

Apabila bayi mengalami diare dan perutnya kembung akibat masuk angin, Anda dapat mengobatinya dengan mengambil beberapa lembar daun jarak pagar yang tua. Kemudian disiangi di atas nyala api biar agak layu dan diolesi minyak kelapa atau dapat menggunakan minyak kayu putih. Setelah itu ditempelkan pada bagian bawah perut dan pinggang anak. Biarkan beberapa jam, biasanya akan langsung terjadi pembuangan gas dan zat yang tidak berguna dari dalam perut.

  • Menyembuhkan Luka Pendarahan

Luka lecet dan berdarah bisa dihentikan langsung dengan Getah Pohon Jarak Pagar karena bersifat Anti Mikroba yang mencegah berkembangnya Bakteri Streptococcus, Staphylococcus, dan Escherichia coli.

Langkahnya yaitu bersihkan dulu luka dengan air mengalir, sediakan sedikit kapas, lalu teteskan getah daun jarak pagar ke kapas itu dan tempelkan pada luka.

  • Manfaat Daun Jarak untuk Payudara

Bagi Anda kaum wanita yang ingin mengencangkan payudara secara alami tanpa menggunakan bahan kimia dapat menggunakan daun jarak. Caranya sediakan 5 buah daun jarak, 2 buah pisang, 1 buah jahe dan sedikit garam, lalu tumbuk semua bahan hingga halus, berikan ke sisi payudara secara merata, diamkan hingga kering, setelah itu bersihkan memakai air hangat.

  • Memperbesar Alat Vital Pria

Selain bermanfaat untuk payudara, daun jarak juga dapat memperbesar alat vital pria. Caranya sediakan 10 lembar daun jarak dan satu buah jeruk nipis. Tumbuk semua bahan hingga halus. Awali pemijatan alat vital dengan minyak zaitun hingga terasa hangat, kemudian barulah dilakukan pemijatan dengan ramuan tadi. Satu ramuan digunakan untuk tiga kali pemijatan.

Dinilai 2.00 dari 5
Rp 26.000 dari BB Plant

BB Plant

Kota Batu

Dinilai 4.67 dari 5
Rp 26.000 dari BB Plant

BB Plant

Kota Batu

Dinilai 5.00 dari 5
Rp 20.000 dari BB Plant

BB Plant

Kota Batu

Selain manfaat diatas, daun jarak juga di percayai dapat mengobati gatal-gatal, sariawan, radang telinga, rematik dan mengatasi ketombe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Online, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung 😘