Pengertian dan Jenis-jenis Tanaman Hortikultura

Hortikultura merupakan sebuah gabungan bahasa Latin, hortus yang mengandung arti kebun dan culture yang berarti bercocok tanam. Jadi Hortikultura bisa didefinisikan sebagai cara budidaya tanaman yang dilakukan di kebun dan halaman rumah. Selain itu secara prinsip tanaman dari jenis hortikultura bisa memberi manfaat bagi pemilik atau orang yang menanamnya.

Yang dimaksud dengan manfaat di sini adalah secara langsung atau tidak langsung. Misalnya dikonsumsi dan dinikmati sendiri atau dijual. Adapun proses budidaya tanamannya biasanya diawali dari pembenihan, kultur jaringan, masa panen hingga pengemasan. Setelah itu disusul dengan distribusi atau penjualan.

Untuk jenisnya, tanaman Hortikultura memiliki beberapa macam golongan seperti olekultura, florikultura, frutikultira dan biofarmaka.

Tanaman Olerikultura (Sayuran)

Olerikultura merupakan jenis tanaman Hortikultura dalam bentuk tanaman sayur dan mudah sekali ditemui di lingkungan dekat rumah. Sebab sayuran adalah salah satu jenis tanaman yang pada umumnya diolah oleh masyarakat utuk dijadikan bahan makanan atau lauk pauk.

Secara garis besar tanaman sayuran atau olerikultura dibagi lagi menjadi dua, tanaman tahunan dan musiman. Untuk tanaman musiman contohnya antara lain adalah melinjo, petai, jengkol dan lainnya. Jenis tanaman ini hanya bisa dipanen pada masa-masa tertentu saja, meski dapat dibudidayakan setiap waktu.

Sedangkan tanaman tahunan diantaranya yaitu wortel, kangkung, bayam, bawang merah atau putih, cabe, tomat dan sebagainya. Semua bisa dibudidaya sepanjang tahun dan dapat diambil panennya tanpa awa batasan waktu. Tetapi tentu saja panen tersebut bisa dilakukan setelah masuk usia panen.

Tanaman florikultura (Hias)

Florikultura merupakan jenis tanaman holtikultura yang berasal dari tanaman hias. Jenisnya ada bermacam-macam. Misalnya tanaman hias yang dibudidayakan dalam pot, seperti bunga sedap malam, mawar, kenanga, tanaman bonsai dan lainnya.

Kemudian ada lagi tanaman florikultura yang dikembangbiakan langsung di tanah, misalnya bunga matahari, melati, kamboja dan seterusnya. Selain itu ada pula jenis tanaman hias yang tumbuh dan berkembangbiak dengan cara menempel di batang tanaman lain seperti anggrek. Semua jenis tanaman tersebut bisa dijual atau dinikmati sendiri keindahannya.

Tanaman Frutikultura (Buah-Buahan)

Tanaman holtikultura jenis frutikultura merupakan tanaman yang dapat menghasilkan buah-buahan. Pada umumnya tanaman ini membutuhkan beberapa teknik khusus ketika dibudidaya secara massal. Sama seperti olekulturan tanaman frutikultura juga terdiri dari dua macam yaitu tahunan dan musiman.

Contoh tanaman buah yang bersifat musiman misalnya mangga, durian, rambutan, semangka, melon, jeruk dan sebagainya. Sedangkan tanaman buah yang dapat menghasilkan hasil panen setiap waktu dan tidak mengenal musim antara lain nanas, pepaya, piang, nangka, salak, sawo dan belimbing serta yang lainnya.

Tanaman Biofarmaka (obat-obatan)

Jenis tanaman holtikultura yang terakhir dinamakan tanaman biofarmaka atau obat-obatan. Di Indonesia sering disebut sebagai tanaman toga atau tanaman obat keluarga. Sejak zaman dulu sampai sekarang tanaman ini memang sangat populer di masyarakat, karena dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam serangan penyakit.

Bukan itu saja, selain untuk menjaga kesehatan tanaman biofarmaka juga sering dimanfaatkan untuk bumbu dan pelezat masakan. Bahkan ada sebagian masyarakat yang sering memilihnya untuk dijadikan bahan kosmetik dan perawatan kecantikan.

Beberapa contoh tanaman biofarmaka atau obat-obatan antara lain temu lawak, jahe, aluivera atau lidah buaya, kayu manis, kunyit, serai, brotowali dan lainnya. Masing-masing memiliki nilai manfaat dan kegunaan yang berbeda-beda.

Demikian penjelasan pengertian dan jenis-jenis tanaman holtikultura yang dapat dibudidaya dalam lingkungan rumah sendiri. Selain digunakan dan dinikmati penghuni rumah, juga bisa dijadikan peluang usaha agrobisnis yang sangat menjanjikan. Semoga bermanfaat bagi semua khususnya penggemar tanaman dan kegiatan berkebun.

Lihat di sini berbagai jenis perlengkapan hidroponik kami.

One thought on “Pengertian dan Jenis-jenis Tanaman Hortikultura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh Bantuan? Chat di WA